MENINGKATKAN MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI OPTIMALISASI GERAKAN LITERASI DI SDN TIPO
DOI:
https://doi.org/10.59407/jpki2.v3i4.2981Keywords:
Perpustakaan Sekolah, Minat Baca, LiterasiAbstract
Meningkatkan minat baca dan motivasi belajar siswa merupakan hal yang krusial dalam mencapai tujuan pendidikan yang efektif. Di SDN Tipo, optimalisasi gerakan literasi merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini membahas tentang upaya meningkatkan minat baca dan motivasi belajar di SDN Tipo melalui optimalisasi gerakan literasi.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat membaca dan motivasi belajar siswa di SDN Tipo karena beberapa faktor seperti kurang aktifnya perpustakaan, keberadaan gadget, kurangnya fasilitas untuk kegiatan membaca, dan kurang memadainya kegiatan membaca. dukungan orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa, guru, dan kepala sekolah di SDN Tipo meningkatkan minat membaca dan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya frekuensi kunjungan perpustakaan, jumlah buku yang digunakan, dan partisipasi siswa dalam kegiatan literasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa optimalisasi gerakan literasi di SDN Tipo dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan minat baca dan motivasi belajar siswa. Rekomendasi penelitian ini adalah perlunya program literasi berkelanjutan yang terintegrasi dengan kurikulum sekolah.
References
Andriani, Rike, and Rasto Rasto, ‘Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4.1 (2019), <https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958>.
Handayani, Nanda Arumi, and luil Maknun, ‘Optimalisasi Gerakan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5.2 (2022). https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/574.
Bhala, Maria Regina, Ngurah Mahendra Dinatha, Prisko Yanuarius Djawaria Pare, and Maria Yuliana Kua, “Penerapan Media Pohon Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Sains Siswa Sd.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 11.2 (2024) https://doi: 10.38048/jipcb.v11i2.3299.
Damis, Damis, and Muhajis Muhajis, ‘Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 3 Allakuang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang’, Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2.2 (2019). https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.7005
Hidayah, Nurul, and Rifky Khumairo Ulva, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4.1 (2017). https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804
Latifah, Atik, ‘Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3.2 (2020). https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.640
Ria Satini, Najmi Hayati, “Hubungan Minat Baca Dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas Viii Smp Negeri 24 Padang.” Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah 4.1 (2019).
Sabri, Muhammad, Muhyidin Azmi, Iqbal Jayadi, and Dira Rozana, “Penguatan Literasi Membaca Dan Menulis Untuk Siswa Kelas Rendah Sdn 02 Anggaraksa.” 5.1 (2024)
Vina Anggia Nastitie Ariawan, Dkk. “Optimizing Reading Interest through the School Literacy Movement (Gerakan Literasi Sekolah) in Primary School.” 6.4 (2023)