PENGEMBANGAN APLIKASI E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE COLLABORATION DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.59407/jcsit.v1i3.856Keywords:
e-learning, collaboration, waterfall, UMLAbstract
Pada saat ini, masih banyak perguruan tinggi yang menggunakan metode Teacher Centered Learning dalam proses pembelajarannya. Hal ini membuat mahasiswa kurang kreatif dan mandiri dalam kegiatan proses pembelajaran maupun dalam pembuatan tugas yang diberikan oleh Dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran dengan menggunakan metode Collaboration, yaitu metode pembelajaran berbasis kolaborasi di mana siswa bekerja sama untuk menyelesaikan tugas atau proyek dalam kelompok atau tim. Metode ini tidak hanya meningkatkan keterampilan kreatif, kerjasama, dan pemecahan masalah, tetapi juga mengajarkan pentingnya mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain. Penelitian ini menggunakan konsep dasar pengembangan sistem yaitu System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall yang digambarkan dengan alat bantu perancangan sistem Unified Modeling Language (UML). Hasil dari penelitian ini berupa pengembangan aplikasi E-learning di perguruan tinggi yang dapat meningkatkan inovasi, kreatifitas dan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran, serta dosen dapat mengolah nilai mahasiswa dengan lebih cepat dan praktis dengan sistem yang terkomputerisasi.
References
R. H. Rachmadian, “Sosialisasi Penggunaan Media Interactive Virtual Reality untuk Mendukung Pembelajaran Imersif Siswa di Kawasan Geopark Ijen,” vol. 6, no. 3, pp. 712–718, 2023.
R. Rahayu, S. Iskandar, and Y. Abidin, “Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2099–2104, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2082.
I. Yulaikah and S. Rahayu, “Efektivitas Pembelajaran STEM dengan Model PjBL Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Teor. Peneitian, dan Pengemb., pp. 223–229, 2022.
S. R. Ningsih, Y. P. Putri, and S. P. Lestari, “Media Pembelajaran E-Task dengan Metode Cooperative Learning Untuk Siswa SMA Negeri 3 Bukittinggi,” JOSTECH J. Sci. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 175–187, 2021, doi: 10.15548/jostech.v1i2.2790.
M. H. Santoso and Soeryanto, “ANALISIS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA,” JPTM Univ. Negeri Surabaya, vol. 11, no. 01, pp. 1–10, 2021.
D. S. Purnia, A. Rifai, and S. Rahmatullah, “Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. 2019, pp. 1–7, 2019.
S. R. Ningsih, A. I. Suryani, and P. Aulia, “Aplikasi E-Task Berbasis Student Center Learning Pada Matakuliah Manajemen Proyek Sistem Informasi,” Techno.Com, vol. 18, no. 1, pp. 37–49, 2019, doi: 10.33633/tc.v18i1.2064.
W. Nugraha, M. Syarif, and W. S. Dharmawan, “Penerapan Metode Sdlc Waterfall Dalam Sistem Informasi Inventori Barang Berbasis Desktop,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 1, pp. 22–28, 2018, doi: 10.32767/jusim.v3i1.246.
R. Sefriani, R. Sepriana, P. Radyuli, and M. Hakiki, “Android-Based Blended Maintenance Lectures Learning Media for Computer,” vol. 6, no. 1, pp. 119–125, 2022.
C. F. Wijaya, E. Supriyati, and T. Listiyorini, “E-Marketplace Penjualan Ikan Cupang Untuk Meningkatkan Potensi Daerah Berbasis Web,” vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2023, doi: 10.55123/jumintal.v2i1.431.
R. Rahmadani, J. Jarkawi, and M. Yuliansyah, “Implementation of utilizing student interests and talents in improving student learning outcomes,” Educenter J. Ilm. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 236–241, 2023, doi: 10.55904/educenter.v2i2.807.
















