PENGARUH PENGGUNAAN LAYANAN FREE TRANSAKSI PADA APLIKASI MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH
Keywords:
SmartPls, Technology Acceptance Model, Frekuensi Transaksi, Kepuasan NasabahAbstract
Maksud dari penelitian ini ialah agar mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan free transaksi dalam aplikasi mobile banking mempengaruhi kepuasan nasabah dan frekuensi transaksi pada bank syariah. Layanan Free Transaksi yang mengurangi biaya transaksi digital adalah strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan 150 sampel yang secara aktif memakai layanan aplikasi mobile banking pada Bank Syariah dengan metoda pendekatan kuantitatif yang dipakai untuk analisis data dan metode pendekan Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM-PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS versi 4.0. Temuan riset memperlihatkan kalau Attitude toward Using (sikap terhadap penggunaan) dipengaruhi dengan signifikan oleh Perceived Ease of Use (persepsi kemudahan penggunaan). Selain itu, Behavioral Intention (sikap terhadap penggunaan mempengaruhi penggunaan layanan sebenarnya) dan Actual Usage (pengukuran perilaku). Model yang umumnya digunakan cukup akurat, meskipun beberapa validitas dan reliabilitas konstruk perlu diperbaiki. Namun Predictive Relevance (Q2 )(relevansi prediktif) yang rendah menunjukkan bahwa akurasi prediksi model masih cukup rendah dalam hal frekuensi transaksi dan kepuasan nasabah. Penelitian ini memberikan wawasan kepada bank syariah tentang cara mengoptimalkan fitur layanan free transaksi dengan lebih baik untuk meningkatkan volume dan intensitas transaksi nasabah, hal ini dapat juga membantu mengembangkan layanan digital perbankan yang lebih efisien.
References
Adela, M. (2020). Pengaruh Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank BNI Syariah KCP Rajabasa). Institut Agama Islam Negeri Metro. [Skripsi Thesis]
Suwanti, Rusliani, H., & Nofriza, E. (2024). Pengaruh Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Bank BSI KCP Rimbo Bujang). Jurnal Studi Multidisipliner, 8(12), 6–11.
Aziz, M. A., Hartati, N., Widiawati, & Yusup, D. K. (2020). Pengaruh Beban Biaya Transaksi Dan Kualitas Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal UIN Sunan Gunung Djati, 1(1), 1–10.
Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 87–104.
Sari, A., Afrida, Y., & Mardiah, N. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus: ASN UIN Imam Bonjol Padang). Al-Masraf (Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan), 7(1), 55–68.
Suwanti, Rusliani, H., & Nofriza, E. (2024). Pengaruh Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Bank BSI KCP Rimbo Bujang). Jurnal Studi Multidisipliner, 8(12), 6–11.
Diva, I. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Aceh Syariah Di Kecamatan Kuta Alam. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. [Skripsi Thesis]
Deltu, S. N., Arham, Q. L., Putri, C. P., & Lestari, P. (2024). Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Karyawan Dan Mahasiswa Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat). BanKu: Jurnal Perbankan Dan Keuangan, 5(1), 15–23.
Sinta, L. (2024). Peran Mobile Banking (BRIMO) Sebagai Sarana Pembayaran Di Kalangan Generasi Milenial Pada Desa Gumukmas Jember. Institut Teknologi dan Sains Mandala Jember.
Nurul, A. S. (2023). Penerapan Sistem Mobile Banking Dalam Transaksi Keuangan Pada Bank Nagari Cabang Bukittinggi. Universitas Andalas. [Diploma Thesis].
Widyayanti, E. R., & Hamid, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Layanan Electronic Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(4), 1136–1157.
Roufi, A. W., Rachmadi, A., & Wardani, N. H. (2025). Faktor yang Mempengaruhi Niat dan Perilaku Penggunaan Aplikasi Mobile Banking BYOND by BSI (Studi Kasus: Universitas Islam). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(9).
Alifandi, T., & Fasa, M. I. (2025). Analisis Pengaruh Digitalisasi Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Penggunaan Bank BSI. Revenue: Lentera Bisnis Manajemen, 3(01), 25-32.
Kusuma, S. J., Kango, U., & Kusuma, C. A. (2025). Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Aplikasi Bri Mobile (Brimo) Di Pt. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Lemito. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 8(2), 396-408.
Hasanah, H., Umam, K., Bandjaran, C. A., & Hendardi, J. (2025). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah terhadap Minat Mahasiswa dalam Menabung pada Bank Syariah. Jurnal Onevision, 1(1), 21-42.
Muslimah, D., Hartati, N., Jubaedah, D., & Arsyad, A. (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Tanjungsari Sumedang. Prosiding Artikel Mini Riset, 1(1), 1-10.
Kurniawan, M. R. (2025). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Nilai-Nilai Syariah Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BSI KCP Ahmad Yani Sidoarjo. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 8(1), 206-217.
Anggraini, R. P., & Hamzah, M. N. (2025). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Bank Danamon Tbk Cabang Nabire Papua. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1330-1344.
Putra, A. Y., & Latifah, F. N. (2025). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BSI KCP Ahmad Yani. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 8(1), 193-205.
Mardaniar, A., Mappatompo, A., & Romadhoni, B. (2025). Pengaruh Costumer Relationship Management, Keamanan Layanan terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah dalam Penggunaan Mobile Banking pada PT. Bank Mandiri Tbk Cabang Takalar. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 9(1), 282-286.
Waruwu, M., Puat, S. N., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan Dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917-932.
Fachreza, K. A., Harvian, M., Zahra, N., Islam, M. I., Daffa, M., & Wardiyah, M. L. (2024). Analisis Komparatif Antara Probability Dan Nonprobability Dalam Penelitian Pemasaran. Jurnal Pajak Dan Analisis Ekonomi Syariah, 1(3), 108-120.
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi Dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721-2731.
Sayyida, S. (2023). Structural Equation Modeling (SEM) Dengan Smartpls Dalam Menyelesaiakan Permasalahan Di Bidang Ekonomi. Journal MISSY (Management and Business Strategy), 4(1), 6-13.
















