ANALISIS PLATFORM PATUNGAN APLIKASI BERBAYAR DI FREEMIUM.ID MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Authors

  • Jason Hezekia Gondo Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Deavid Rizky Yolandra Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Heri Heri Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Arhan Malik Alrasyid Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Ryan Putra Laksana Universitas Esa Unggul Jakarta

Abstract

Perkembangan ekonomi digital telah menghadirkan berbagai inovasi layanan berbasis daring. Dalam konteks adopsi teknologi, Technology Acceptance Model (TAM) menjadi salah satu kerangka teoritis yang banyak digunakan untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan pengguna. Temuan-temuan penelitian terdahulu menunjukkan konsistensi relevansi TAM dalam menjelaskan perilaku adopsi teknologi digital di berbagai sektor. Penelitian-penelitian serupa memperlihatkan bahwa kedua faktor ini berperan penting dalam memperkuat kepercayaan dan loyalitas pengguna.

Selain itu, penelitian lain juga menegaskan bahwa TAM memiliki fleksibilitas untuk diterapkan dalam berbagai konteks, mulai dari sistem informasi akuntansi hingga platform berbasis komunitas digital. Hal ini memperkuat argumen bahwa kerangka TAM masih relevan digunakan dalam mengukur penerimaan teknologi baru, terutama dalam model bisnis berbasis sharing economy yang menekankan kolaborasi pengguna untuk memperoleh manfaat bersama.

Namun, meskipun studi terdahulu telah banyak mengkaji TAM pada e-commerce maupun sistem informasi, penelitian yang fokus pada platform patungan aplikasi berbayar seperti freemium.id masih sangat terbatas. Padahal, model bisnis ini semakin populer karena mampu menekan biaya berlangganan aplikasi premium melalui sistem berbagi. Dengan demikian, perlu dilakukan penelitian yang mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan pengguna terhadap platform ini.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PEOU, PU, ATU, dan BIU pada freemium.id sebagai studi kasus nyata di bawah naungan PT. Plato Solusi Teknologi. Hasil yang diperoleh diharapkan tidak hanya memperkaya literatur akademik mengenai adopsi teknologi dalam konteks sharing economy, tetapi juga memberikan rekomendasi praktis bagi pengembangan strategi bisnis digital berbasis kolaborasi di Indonesia.

References

Ahmad Saadi. (2025). Pengumpulan Data Yang Efisien Pada Penelitian Tindakan Kelas: Teknik, Alat, Dan Tantangan. Al Amin, 2, 90–108.

Dirgantara, H., Supriadi, D., & Bisman, A. (2020). Motif Pelanggan Dalam Menggunakan Kompas.Id Sebagai Layanan Media Digital Berbayar. Jurnal Kajian Jurnalisme, 3(2), 167. Https://Doi.Org/10.24198/Jkj.V3i2.23837

Dwy Putra, R., & Rahman Prehanto, D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Flip.Id Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam) Dan End User Computing Satisfaction (Eucs). Jeisbi, 02, 2021.

Fahlevi, R., Elsa, E., & Sinambela, F. A. (2025). Perilaku Penggunaan Dompet Digital Oleh Konsumen Generasi Z Saat Berwisata. Jurnal Ekuilnomi, 7(1), 139–147. Https://Doi.Org/10.36985/Gecxpb52

Fernandes Andry, J. (2016). Process Capability Model Based On Cobit 5 Assessments (Case Study). Jl. Lodan Raya, 3(1), 14430.

Habibi, M., & Zaky, A. (2014). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Syariah.

Harsanto, W. A., Matondang, N., & Wibowo, R. P. (2023). The Use Of Technology Acceptance Model (Tam) To Analyze Consumer Acceptance Towards E-Commerce Websites. A Case Of The Plantage.Id Digital Transformation Solution. Journal Of Environmental And Development Studies, 4(2), 206–213. Https://Doi.Org/10.32734/Jeds.V4i2.13144

Hermanto, S. B., & Patmawati, P. (2017). Determinan Penggunaan Aktual Perangkat Lunak Akuntansi Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 19(2). Https://Doi.Org/10.9744/Jak.19.2.67-81

Makayasa, O., Ruswanti, E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (N.D.). Sikap Nasabah Dan Konstruk Technology Acceptance Model (Tam) Dalam Penerapan Penggunaan Sesungguhnya Internet Banking (Vol. 1). Www.Metrotvnews.Com/Tekno

Niqotaini, Z. (2021). Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Analisis Penerimaan Google Classroom Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Dan End-User Computing Satisfaction (Eucs). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32520/Stmsi.V10i3.1376

Novita, D., & Helena, F. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam) Dan End-User Computing Satisfaction (Eucs) Analysis Of User Satisfaction Of The Traveloka Application Using The Technology Acceptance Model (Tam) And The End-User Computing Satisfaction (Eucs) Method. In Jtsi (Vol. 2, Issue 1).

Prabandari, A. D., & Ansoriyah, F. (2023). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan, Sikap, Niat Pengguna Terhadap Kenyataan Penggunaan Aplikasi Sipolgan. 3 No.2.

Pratama, A., Zulaikha Wulandari, S., Laksmi Indyastuti, D., Pratama Universitas Jenderal Soedirman, A., & Siti Zulaikha Wulandari, P. (N.D.). Analisis Technology Acceptance Model (Tam) Pada Penggunaan Aplikasi Pln Daily (Studi Empiris Pada Pegawai Pln Up3 Tegal).

Prof.Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Rahmawati, A., Novita, D., & Pradesan, I. (2022). Analisis Penerimaan E-Tax Ditjen Pajak Kota Palembang Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(2). Http://Jurnal.Mdp.Ac.Id

Sandini, S., Nurliza, N., & Fitrianti, W. (2024). Peningkatan Akses Informasi Teknologi Pemasaran Umkm Makanan Olahan Kota Singkawang. Jurnal Social Economic Of Agriculture, 13(2), 117–130. Https://Doi.Org/10.26418/Jsea.V13i2.88268

Sri, S. I., Adam Bachtiar, Indriaturrahmi, & Akbar Juliansyah. (2024). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Mahasiswa Terhadap Qris Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam). Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 7(2), 533–543. Https://Doi.Org/10.29408/Jit.V7i2.26489

Takke, Y. A., Marini, L. F., & Baisa, L. Y. (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Pelni Mobile Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam) Dan End User Computing Satisfaction (Eucs). G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 8(3), 1921–1930. Https://Doi.Org/10.33379/Gtech.V8i3.4700

Wafiq Fadillah, & Saida Zainurossalamia Za. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Canva. Mamen: Jurnal Manajemen, 2(2), 231–240. Https://Doi.Org/10.55123/Mamen.V2i2.1808

Wisnu Aditya Aulia Rachman, M., & Dwi Indriyanti, A. (2024). Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (Ikd) Berbasis Mobile Menggunakan Metode Tam (Technology Acceptance Model).

Downloads

Published

2025-09-25

Issue

Section

Articles