PENERAPAN METODE DESIGN THINKING DALAM PERANCANGAN UI/UX PADA STUDI KASUS : WARUNG MAKAN
Abstract
Perencanaan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang baik sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada layanan digital. Tujuan dari penelitian ini ada pada perancangan ulang UI/UX aplikasi pemesanan makanan berbasis mobile dengan metode Design Thinking, yang terdiri dari lima tahap: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Data dikumpulkan melalui kuesioner pada 10 pengguna warung makan. Hasil menunjukkan tingkat kepuasan pengguna rata-rata 6,5 dari 10, serta pengujian black-box pada fitur login, pemesanan, checkout, hingga pelacakan pesanan dinyatakan valid. Hal ini membuktikan bahwa metode Design Thinking efektif menghasilkan desain UI/UX yang lebih sederhana, mudah dipakai, dan mampu meningkatkan kepuasan pengguna.
References
R. S. Wijaya, R. Rahmaita, M. Murniati, N. Nini, and E. Mariyanti, “Digitalisasi Akuntansi Bagi Pelaku UMKM Di Lubuk Minturun”, JPMDA, vol. 1, no. 2, pp. 40-44, Jan. 2023.
L. Nur Aini, F. Santoso, and E. Nury Khirdany, “PENGEMBANGAN UMKM KULINER DI ERA DIGITAL: PERAN INOVASI DAN JARINGAN BISNIS DI KOTA SAMPANG”, ccy, vol. 2, no. 1, pp. 179–189, Oct. 2023.
F. Faizah, “Eksistensi bisnis kuliner halal melalui digital marketing di era new normal”, SERAMBI, vol. 4, no. 1, pp. 85 - 98, Apr. 2022.
S. Rijal, A. A. Azis, D. Chusumastuti, E. Susanto, I. W. S. Nirawana, dan Legito, “Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Masyarakat”, J. Innov. serv., vol. 1, no. 03, hlm. 156–170, Jun 2023.
Tri Agustina Nugrahani, Dewi Dianasari, and Karina Nine Amalia, “IMPLEMENTASI DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PEMESANAN JAMU BERBASIS MOBILE”, JCI, vol. 3, no. 3, pp. 889–900, Nov. 2023.
R. A. Efendi, A. P. Kharisma, dan M. T. Ananta, “Perancangan UX Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman dari Meja menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Kedai Kopi Sarijan Malang)”, J-PTIIK, vol. 7, no. 7, hlm. 3063–3072, Okt 2023.
R. Handayani, Z. Rachmat, dan W. S., "Perancangan aplikasi e-learning berbasis website pada SMP Negeri 3 Watansoppeng," JUMISTIK, vol. 1, no. 1, hlm. 43–54, Desember 2022.
M. G. Dhano dan N. Pratiwi, "Perancangan UI/UX Visiting Ja’o Ende Virtual Tourism pada Kabupaten Ende Menggunakan Figma," JICN, vol. 1, no. 5, pp. 6631–6646, Okt.-Nov. 2024.
A. A. Aldani, I. M. Nugroho, dan I. Jaelani, “Perancangan User Interface dan User Experience E-Commerce Berbasis Mobile UMKM di Zecko dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Zecko Purwakarta),” JATI, vol. 8, no. 5, pp. 9992–9998, Okt. 2024.
R. N. Fadilah dan D. Sweetania, "Perancangan design prototype UI/UX aplikasi reservasi restoran dengan menggunakan metode design thinking," Jurnal Informatika Universitas Teknologi (JUIT), vol. 2, no. 2, pp. 132-146, Mei 2023.
E. . Agusti, “PERANCANGAN APLIKASI INVOICE BERBASIS MOBILE STUDI KASUS UMKM”, Jurnal Ilmiah Teknik, vol. 1, no. 1, pp. 19–33, Feb. 2022.
M. A. Asshiddiqie dan C. E. Supriana, “Perancangan User Experience Aplikasi E-Commerce Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Aplikasi UMKM Lapak Cianjur),” Pasinformatik, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, Jan. 2023.
N. Annisa, U. Ulvah, dan N. Nirsal, “Desain Aplikasi Pemesanan Makanan Pada RM Serba Nikmat Berbasis Android Menggunakan Figma”, jitu.j.inf.teknol., vol. 1, no. 3, hlm. 31–37, Okt 2024.
F. Aziz, D. U. E. Saputri, N. Khasanah, dan T. Hidayat, "Penerapan UI/UX dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Warung Makan)", Infortech, vol. 5, no. 1, pp. 1–8, Jun. 2023.
S. Romdona, S. S. Junista, dan A. Gunawan, “Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara dan Kuesioner,” JISOSEPOL, vol. 3, no. 1, pp. 39–47, Jan. 2025, doi: 10.61787/taceee75.
H. Y. Madawara, P. F. Tanaem, dan D. H. Bangkalang, "Perancangan UI/UX aplikasi KTM multifungsi menggunakan metode design thinking," Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), vol. 5, no. 2, pp. 110-128, Nov. 2022.
CS Surachman, MR Andriyanto, C. Rahmawati, dan P. Sukmasetya, "Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi Dagang.in," Jurnal TeIKa , vol. 12, tidak. 2, hlm. 156–169, Oktober. 2022.
I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, dan S. A. Zain, "Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class di Kampus UPI Cibiru," Jurnal Pendidikan Multimedia, vol. 2, no. 1, hlm. 45–55, 2020.
H. Y. Madawara, P. F. Tanaem, dan D. H. Bangkalang, "Perancangan UI/UX Aplikasi KTM Multifungsi Menggunakan Metode Design Thinking," Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), vol. 5, no. 2, hlm. 111–128, Nov. 2022.
Y. I. Pitarto dan N. Setiyawati, "Perancangan Ulang UI/UX pada Aplikasi OSAGA Menggunakan Metode Design Thinking," JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 8, no. 4, hlm. 1154-1164, Desember 2023.
F. Aziz, D. U. E. Saputri, N. Khasanah, dan T. Hidayat, "Penerapan UI/UX dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Warung Makan)," Jurnal Infortech, vol. 5, no. 1, hal. 1–8, Juni 2023.
A. P. Qirani, P. D. Dellia, I. I. Laili, S. P. Cahyani, N. Rizqiullah, dan A. Zahrial, "Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Makanan Berbasis Mobile Menggunakan Aplikasi FIGMA," Jurnal Media Informatika (JUMIN), vol. 5, no. 2, pp. 189-195, Jun. 2024.
P. M. Aziza, A. Putra Kharisma, and M. T. Ananta, “Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemesanan Makanan Tradisional Padang Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: UMKM Sindifood Jakarta),” vol. 1, no. 1, pp. 2548–964, 2024, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
A. A. A. W. Putra and I. N. T. A. Rada, “Pengembangan UI/UX Website Uluresto untuk Meningkatkan Efisiensi Operasional Restoran Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Indones. Manaj. Inform. dan Komun., vol. 6, no. 1, pp. 205–217, 2025, doi: 10.35870/jimik.v6i1.1146.
J. M. Dumalang, C. E. J. . Montolalu, and D. Lapihu, “Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Makanan berbasis Mobile pada UMKM di Kota Manado menggunakan metode Design Thinking,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 41–52, 2023, doi: 10.58602/jima-ilkom.v2i2.19.
M. A. Sajiwo, R. R. Putra, S. Wahyuni, and A. Sajiwo, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penjualan Makanan Berbasis Mobile Pada Umkm Angkringan Berkah Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Nas. Teknol. Komput., vol. 5, no. 3, pp. 27–35, 2025.