LITERASI KECERDASAN BUATAN: DAMPAK AI TERHADAP KEMAJUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Authors

  • Akhmad Aris Tantowi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Literasi AI, Pendidikan Personalisasi, Otomatisasi Administratif, Etika AI, Infrastruktur Pendidikan

Abstract

Kemajuan Artificial Intelligence (AI) telah menjadi salah satu pendorong utama perubahan dalam ekosistem pendidikan modern. Teknologi ini tidak hanya memengaruhi metode pengajaran, tetapi juga mengubah paradigma proses belajar-mengajar. Salah satu kontribusi utamanya adalah kemampuan AI untuk menyediakan pembelajaran yang dipersonalisasi, di mana materi dan strategi penyampaian dapat disesuaikan dengan kebutuhan, tingkat kemampuan, serta kecepatan belajar setiap individu. Penerapan AI juga berdampak pada efisiensi kerja administratif, seperti penilaian otomatis, pengelolaan data akademik, hingga penyusunan jadwal pembelajaran, yang pada gilirannya memberi ruang lebih besar bagi pendidik untuk berinteraksi langsung dengan peserta didik.

Artikel ini memfokuskan kajian pada literasi AI, yang mencakup pemahaman konsep, keterampilan penerapan, kemampuan evaluasi, serta kesadaran terhadap dimensi etis penggunaannya. Penelitian dilakukan melalui metode tinjauan literatur dan analisis dokumen, dengan penekanan pada publikasi . Temuan menunjukkan bahwa AI memiliki potensi besar dalam memperluas akses pendidikan dan meningkatkan mutu pembelajaran. Namun, adopsi teknologi ini di Indonesia menghadapi sejumlah hambatan, termasuk rendahnya tingkat literasi AI di kalangan pendidik maupun siswa, keterbatasan infrastruktur pendukung, serta kekhawatiran terkait keamanan data dan privasi.

Berdasarkan hasil kajian, direkomendasikan langkah-langkah strategis untuk memaksimalkan manfaat AI, antara lain penyelenggaraan program pelatihan literasi AI secara berjenjang, perumusan kebijakan etika di tingkat institusi, serta penguatan infrastruktur pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan. Upaya ini diharapkan mampu menciptakan ekosistem pendidikan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi, sekaligus memastikan penerapannya berjalan secara bertanggung jawab dan berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran.

References

I. Muttaqin, “Necessary to Increase Teacher Competency in Facing the Artificial Intelligence Era,” Al-Hayat J. Islam. Educ., 2022, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusId:264458902

D. Putra and E. Triastuti, “Application of E-Learning and Artificial Intelligence in Education Systems in Indonesia,” Int. J. Comput. Appl., vol. 177, no. 27, pp. 16–22, 2019, doi: 10.5120/ijca2019919739.

A. Hasanah and S. Budiyono, “Pemanfaatan Model Pembelajaran Futuristik Berbasis Artificial Intelligence (AI) dalam Dunia Pendidikan,” Al-DYAS, 2024, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusId:269285250

R. P. Adhadi et al., “Sosialisasi Peran Artificial Intelligence Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Di Universitas Pelita Bangsa,” Kreat. J. Community Empower., 2024, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusId:270429250

N. Laksana, A. U. Rengkaningtias, and W. Handayani, “Diffusion of artificial intelligence-based learning innovation; A case study in MTs Muhammadiyah Tawangsari Sukoharjo,” Informasi, 2024, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusId:268763598

A. Ansori, F. Damyati, S. Amara, and Dhestyani, “Assessing AI Integration in Islamic Higher Education: A Mixed-Methods Fishbone Diagram Analysis,” IJID (International J. Informatics Dev., 2025, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusId:276326710

R. Faresta, “AI-Powered Education: Exploring the Potential of Personalised Learning for Students’ Needs in Indonesia Education,” Path Sci., 2024, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusId:270580696

M. Bali, M. P. Kumalasani, and D. Yunilasari, “Artificial Intelligence in Higher Education: Perspicacity Relation between Educators and Students,” J. Innov. Educ. Cult. Res., 2022, [Online]. Available: https://pdfs.semanticscholar.org/1c4e/0c15e94dd0a20ada94e3ee743a653bb20764.pdf

M. N. Ilham Munir and M. Hamidum Majid, “Manfaat Artificial Intelligence dalam Pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam,” Mauriduna J. Islam. Stud., vol. 5, no. 2, pp. 651–665, 2024, doi: 10.37274/mauriduna.v5i2.1266.

K. Setiadi et al., “Sosialisasi Strategi Pengembangan Literasi Digital dalam Pendidikan,” Darma Diksani J. Pengabdi. Ilmu Pendidikan, Sos. dan Hum., vol. 4, no. 1, pp. 10–17, 2024, doi: 10.29303/darmadiksani.v4i1.4587.

L. Zakiyah, S. Watini, F. H. Radie, L. Sugiarsih, and S. Sutrismi, “Manfaat Media Digital Kelas Virtual TV Sekolah Bagi Pengembangan Belajar IT Anak Usia Dini di TK Al Iman,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 4, pp. 3498–3504, 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i4.3877.

K. Nababan, D. M. Siregar, W. A. C. Kuendo, W. Baluntu, A. P. Said, and W. Gulo, “AI-Based Interactive Module: Elementary School Teacher Solution to Reduce Work Stress in the Era of Education 5.0,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 8, no. 4, pp. 655–663, 2024, doi: 10.23887/jisd.v8i4.85902.

Niyu, Desideria Dwihadiah, Azalia Gerungan, and Herman Purba, “Penggunaan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa dan Dosen Perguruan Tinggi Indonesia,” Cover. J. Strateg. Commun., vol. 14, no. 2, pp. 130–145, 2024, doi: 10.35814/coverage.v14i2.6058.

Herwan Abdul Muhyi, Arianis Chan, Tetty Herawaty, Rani Sukmadewi, and Gessan Kurnia Dewi, “Pendekatan Tecnological, Organizational and Environment Context Dalam Mengkaji Performa Bisnis Pada Usaha Industri Ekonomi Kreatif Terkait Adopsi Ai Di Bidang Pemasaran,” J. Lentera Bisnis, vol. 13, no. 3, pp. 1998–2015, 2024, doi: 10.34127/jrlab.v13i3.1256.

P. Candra Susanto, D. Ulfah Arini, L. Yuntina, J. Panatap Soehaditama, and N. Nuraeni, “Ranjbar, H., & Khosravi, S. (2015). The Effect of Using Likert Scale on the Validity of Research Results. International Journal of Humanities and Cultural Studies.,” J. Ilmu Multidisplin, vol. 3, no. 1, pp. 1–12, 2024.

J. Sahil, A. Haerullah, S. Hasan, and I. Majid, “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Biologi Kelas X SMA Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal Menggunakan Aplikasi Canva Design,” Edukasi, vol. 21, no. 3, pp. 592–605, 2023, doi: 10.33387/j.edu.v21i3.6747.

P. C. VASILACHE, V. A. TROACA, I. Pargaru, and F. Vatase, “The Impact of Artificial Intelligence in the Educational Field,” Eur. J. Sustain. Dev., 2024, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusId:273066638

Andrian Putri Tasya and Ardelia Lona Dwinta, “Pengaruh Chatgpt Terhadap Pendidikan Di Indonesia: Peluang, Tantangan, Dan Strategi Adaptasi,” J. Ris. Multidisiplin Edukasi, vol. 2, no. 6, pp. 427–437, 2025, doi: 10.71282/jurmie.v2i6.492.

H. Xu, W. Gan, Z. Qi, J. Wu, and P. S. Yu, “Large Language Models for Education: A Survey,” 2024, [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/2405.13001

A. T. Pangestu, “Utilizing Artificial Intelligence to Design Adaptive Learning Systems Aligned with the 2024 Curriculum,” Online) |, vol. 02, no. 03, pp. 119–128, 2024.

N. A. Drajati, D. Cahyaningrum, E. I. P. Handayani, and A. Handayani, “Understanding the Artificial Intelligence Literacy Between Novice and Experienced English Teachers in Indonesia,” Teflin J., vol. 36, no. 1, pp. 44–60, 2025, doi: 10.15639/teflinjournal.v36i1/44-60.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles