PERANCANGAN UI/UX APLIKASI TOKO KUE DENGAN METODE DESAIN THINKING

Authors

  • Dewi Sri Rahayu STMIK Amikom Surakarta
  • Yesika Ayu Yuliana STMIK Amikom Surakarta
  • Febry Mustika Wati STMIK Amikom Surakarta
  • Indrawan Ady Saputro STMIK Amikom Surakarta

Abstract

Penelitian ini membahas perancangan UI/UX aplikasi pemesanan kue secara online untuk Toko Dapour Manies menggunakan metode Desain Thinking. Dengan semakin meningkatnya penggunaan teknologi digital dan smartphone, aplikasi mobile dianggap sebagai solusi untuk mempermudah konsumen dalam mengakses produk. Proses perancangan mengikuti lima tahap Desain Thinking: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test, yang bertujuan untuk memahami kebutuhan pengguna dan merancang fitur yang mempermudah pencarian kue, opsi pembayaran, serta meningkatkan pengalaman pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sebagai fitur telah berjalan dengan baik, meskipun ada beberapa kendala pada bagian melihat pesanan. Kesimpulannya, aplikasi ini mampu meningkatkan kepuasan dan potensi penjualan, meskipun masih perlu perbaikan pada fitur tertentu untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna.

References

F. N. Ahadiyah, “Perkembangan Teknologi Infomasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” INTERDISIPLIN J. Qual. Quant. Res., vol. 1, no. 1, pp. 41–49, 2024.

Yka Febri Anjani and P. Pramono, “Perkembangan E-Business Di Negara Indonesia Dalam Era Digital,” J. Kaji. dan Penal. Ilmu Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 69–80, 2024, doi: 10.59031/jkpim.v2i2.403.

A. Z. Mubarok, C. Carudin, and A. Voutama, “Perancangan User Interface/User Experience Pada Aplikasi Baby Spa Berbasis Mobile Untuk User Customer Dan Terapis Menggunakan Metode User Centered Design,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 6368–6380, 2022, [Online]. Available: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7708

A. Nur, “Perancangan UI / UX Penjualan Produk Makanan Cireng Mercon Berbasis Mobile di Kota Jakarta,” vol. 02, no. 03, pp. 421–431, 2024.

M. Surya et al., “PENGEMBANGAN UI / UX PADA PLATFORM BELANJA ONLINE TOYSPACE MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN,” vol. 8, no. 6, pp. 11718–11724, 2024.

R. Febriyansyah, A. Voutama, N. A. Muhaa, and L. M. Mulyono, “Perancangan UI / UX Aplikasi Mobile Thrifthunt Menggunakan Metode User Centered Design,” vol. 6, no. April, pp. 209–219, 2025, doi: 10.35957/jtsi.v6i1.11425.

I. R. Nisrina and H. N. Irmanda, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Dan Workshop Online Berbasis Website Pada Kue Kibo ’ s Kitchen 2 Dasar Teori,” pp. 315–327, 2023.

M. N. Rafi Taqiyuddin and B. Indryanti, “Perancangan Aplikasi Laundry Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 2, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4266.

I. Ilahi, R. Wandira, and K. Kunci, “Perancangan Sistem Pemesanan Bucket dan Hampers Berbasis Web pada UMKM di Padang,” vol. 02, no. 01, pp. 267–284, 2023.

Muhammad Fiqri Widiyantoro, Taufik Ridwan, N. Heryana, A. Voutama, and Siska, “Perancangan UI/UX Prototype Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Fasilkom, vol. 13, no. 02, pp. 121–131, 2023, doi: 10.37859/jf.v13i02.5265.

D. F. Aryansyah, P. Sokibi, and R. Fahrudin, “Perancangan Design UI/UX Aplikasi Penjualan Store Pakaian Dengan Metode Design Thinking Berbasis Android,” J. Manaj. Inform. Sist. Inf. dan Teknol. Komput., vol. 2, no. 1, pp. 128–135, 2023, doi: 10.70247/jumistik.v2i1.19.

Novita Kurnia Ningrum, I. U. Wahyu Mulyono, and Z. Umami, “Rancang Bangun Design UI/ UX pada Aplikasi PANTAU menggunakan Pendekatan Design Thinking,” Elkom J. Elektron. dan Komput., vol. 15, no. 2, pp. 422–433, 2022, doi: 10.51903/elkom.v15i2.940.

S. Ansori, P. Hendradi, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1072–1081, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3648.

M. Azmi, A. P. Kharisma, and M. A. Akbar, “Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan Online dengan Metode Design Thinking ( Studi Kasus GrabFood ),” vol. 3, no. 8, pp. 7963–7972, 2019.

D. A. Rusanty, H. Tolle, and L. Fanani, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 11, pp. 10484–10493, 2019, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6700

I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi HapSari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Cl,” Edsence J. Pendidik. Multimed., vol. 2, no. 1, pp. 45–55, 2020.

A. Wibowo, D. Setiaji, K. Umar, G. V. Febrianta, and I. A. Saputro, “Perancangan UI / UX pada Toko Rental Outdoor Adventure Sphere Metode Design Thinking,” Merkurius J. Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 5, pp. 190–199, 2024.

Downloads

Published

2025-09-29

Issue

Section

Articles