ANALISIS DATASET ESTIMASI PENJUALAN PRODUK PADA CAFÉ FOR GOOD LUCK MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIOR
DOI:
https://doi.org/10.70248/jcsit.v2i1.1739Keywords:
Estimasi Penjualan, caffe, Apriori, Analisis Asosiasi, Pola Pembelian, Dataset TransaksiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis dataset estimasi penjualan produk pada CaféForGoodLuck menggunakan metode Apriori untuk menemukan pola penjualan produk yang saling berhubungan. Dalam era perdagangan modern yang berkembang pesat, analisis pola transaksi konsumen menjadi sangat penting untuk memahami perilaku pembelian dan mengoptimalkan strategi pemasaran. Metode Apriori digunakan untuk mengidentifikasi asosiasi antara produk yang sering dibeli bersamaan oleh konsumen. Dataset yang digunakan berisi data transaksi CaféForGoodLuck yang meliputi berbagai kategori produk dan informasi transaksi pembelian. Hasil dari analisis ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pemilik caffe untuk meningkatkan strategi promosi dan pengelolaan inventaris produk, serta membantu dalam penentuan rekomendasi produk yang relevan bagi konsumen. Metode ini juga dapat dimanfaatkan oleh caffe lainnya untuk meningkatkan pengalaman belanja pelanggan dan efisiensi operasional.
References
F. Zahra, M. A. Ridla, and N. Azise, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Persediaan Barang (Studi Kasus : Toko Sinar Harahap),” JUSTIFY J. Sist. Inf. Ibrahimy, vol. 3, no. 1, pp. 55–65, 2024, doi: 10.35316/justify.v3i1.5335.
M. Trifena, K. Hamidah, Y. Umaidah, and A. Voutama, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Menentukan Paket Bundel dalam Penjualan Toko Swalayan XYZ,” J. Sensi, vol. 9, no. 2, pp. 187–197, 2023, doi: 10.33050/sensi.v9i2.2912.
T. Prasetya, J. E. Yanti, A. I. Purnamasari, A. R. Dikananda, and O. Nurdiawan, “Analisis Data Transaksi Terhadap Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” INFORMATICS Educ. Prof. J. Informatics, vol. 6, no. 1, p. 43, 2022, doi: 10.51211/itbi.v6i1.1688.
A. R. Permana, B. C. Octariadi, and ..., “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Terhadap Penjualan Barang Di Toko Bangunan,” … J. Educ. …, vol. 3, no. 1, pp. 79–91, 2022.
Z. Fuady and P. S. Sasongko, “Aplikasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Analisis Pola Penjualan (Studi Kasus: Apotek Keluargku Semarang),” J. Masy. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 34–39, 2018, doi: 10.14710/jmasif.9.1.31479.
Y. A. Br Sembiring and E. A. Sembiring, “Penerapan Algoritma Apriori Dalam Penjualan Produk,” J. Sains dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 67–73,
Thing. 1
Journal of Computer Science and Information Technology (JCSIT)
Volume 1, No 2 – April 2023
e-ISSN : xxx-xxx
Journal of Science and Technology Revolution and Innovation Service
Volume 1, No 1 – February 2023
e-ISSN :
p-ISSN :
, doi: 10.47065/jussi.v2i3.4595.
H. Fitriana Dewi, Hanny Hikmayanti Handayani, and Jamaludin Indra, “Implementasi Algoritma Apriori Terhadap Market Basket Analysis Pada Data Penjualan Retail,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 4, no. 4, pp. 432–436, 2022, doi: 10.51401/jinteks.v4i4.2182.
A. D. Kuswanto, A. R. Blessar, A. Goni, and ..., “Penerapan Algoritma Apriori Dalam Analisis Keranjang Belanja Retail Di Wilayah Jawa Barat,” … J. Teknol. dan …, no. 3, pp. 139–150, 2024, [Online]. Available: https://journal.arteii.or.id/index.php/Saturnus/article/view/208
D. Nurhidayanti and I. Kurniawati, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menemukan Association Rules Pada Persediaan Sparepart Motor,” Innov. Res. Informatics, vol. 4, no. 2, pp. 62–67, 2022, doi: 10.37058/innovatics.v4i2.5300.
G. Grand, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Menemukan Hubungan Data Murid dengan Nilai Sekolah,” Ikraith Inform., vol. 2, no. 18, pp. 7–12, 2018.
















