APLIKASI MANAJEMEN UANG KAS KELAS BERBASIS MOBILE DENGAN FRAMEWORK FLUTTER

Authors

  • Gallen Alfonso University of Muhammadiyah Bengkulu
  • Popong Setiawati Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.70248/jcsit.v2i1.1298

Abstract

Manajemen kas kelas di sekolah Bhinneka Tunggal Ika masih bersifat manual yang mengakibatkan proses yang tidak efisien dan dalam prosesnya menimbulkan kesalahan dan ketidakcocokan data. Penelitian ini membuat aplikasi mobile untuk manajemen kas kelas di Sekolah Bhinneka Tunggal Ika untuk meningkatkan efisiensi dan meminimalisir kesalahan dalam proses manajemen kas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis PIECES, dan dirancang menggunakan bahasa pemrograman Flutter untuk pengembangan lintas platform di iOS dan Android. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode prototipe sehingga hasil aplikasi dapat sesuai dengan kebutuhan pengguna dan menyelesaikan permalasahan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi tersebut secara efektif dapat merekapitulasi transaksi, menghasilkan laporan keuangan otomatis, dan mengirimkan pengingat kepada siswa yang belum membayar melalui notifikasi Whatsapp. Secara keseluruhan, aplikasi ini berhasil memenuhi kebutuhan pengguna, khususnya bendahara, dan mengatasi masalah pengelolaan kas kelas yang tidak efisien..

Kata Kunci: Manajemen Kas, Android, Efisiensi, PIECES, Prototipe

References

Almando, O. O. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Catatan Keuangan Sederhana Berbasis Android. Tek. Inform. Univ. Palangkaraya, No. July, 0–9.

Andika, R., Muslihun, & Hidayat, N. (2018). Peran Manajemen Keuangan Dalam Pengembangan Usaha. Jurnal Az-Zahra : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, xx.

Ardiansyah, A., Saputra, F. F., & Adiwisastra, M. F. (2022). Sistem Informasi Pengelolaan KAS Pada Masjid Jami Darrusalam Dengan Metode Prototype. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 8(2), 138–145.

Dimas Indra Andhika, Muharrom, M., Edhi Prayitno, & Juarni Siregar. (2022). Rancang Bangun Sistem Penerimaan Dokumen Pada Pt. Reasuransi Indonesia Utama. Jurnal Informatika Dan Tekonologi Komputer (JITEK), 2(2), 136–145. https://doi.org/10.55606/jitek.v2i2.225

Kamil, M., Lestari Lokapitasari B, P., Lutfi, D., & Ilmawan, B. (2023). Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam Implementasi Framework Flutter Pada Rancang Bangun Aplikasi Konsultasi Dokter Hewan INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK. Buletin Sistem Informasi Dan Teknologi Islam, 4(4), 296–305.

Kurniawan, t bayu, & Syarifuddin. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Pada Cafetaria NO Caffe di TAnjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL. Jurnal Tikar, 1(2), 192–206.

Maharani, A. (2022). Perancangan Data Base Kasir Dan Persediaan Barang Menggunakan Mongodb. Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 3(1), 32. https://doi.org/10.33365/jdmsi.v3i1.1941

Marpaung, A. J., & Handoko, K. (2023). Sistem Pakar Untuk Diagnosa Kerusakan Komputer Menggunakan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor Berbasis Web. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 9(6). https://doi.org/10.33884/comasiejournal.v9i6.7829

Meisak, D., Hendri, & Agustini, S. R. (2022). Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penjualan Mediatama Solusindo Jambi. STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(4), 1–11. https://doi.org/10.55123/storage.v1i4.1066

Nurhayati, S., Sucahyo, N., & Selawati, S. (2021). Penerapan Metode Pieces Dalam Pengembangan Sistem E-Commerce Penjualan Produk Komputer. Jris: Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.56486/jris.vol1no1.63

Pratama, S. D., Lasimin, L., & Dadaprawira, M. N. (2023). Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Edu Digital Berbasis Website Menggunakan Metode Equivalence Dan Boundary Value. J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD), 6(2), 560. https://doi.org/10.53513/jsk.v6i2.8166

Septiani, D., Ruhama, S., & Astuti, I. (2023). Implementasi Metode Pieces Untuk Menganalisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Peduli Lindungi. JIKI (Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika), 4(1), 53–64.

Setiyani, L., & Tjandra, E. (2021). Analisis Kebutuhan Fungsional Aplikasi Penanganan Keluhan Mahasiswa Studi Kasus: Stmik Rosma Karawang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 2(1), 8–17. https://doi.org/10.52060/pti.v2i01.465

Suhendro, J. M., Sudarma, M., & Care Khrisne, D. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Seluler Penyedia Jasa Perawatan Dan Kecantikan Menggunakan Framework Flutter. Jurnal SPEKTRUM, 8(2), 68. https://doi.org/10.24843/spektrum.2021.v08.i02.p9

Surahmat, A. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Penjualan Pada Percetakan Cubic Art. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 81–86. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6064

Widjaja, I. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Manajemen Keuangan Rt (Rukun Tetangga) Berbasis Android. Jurnal Instrumentasi Dan Teknologi Informatika (JITI), 2(2), 102–112.

Wijayanti, M. D., Az-Zahra, H. M., & Wardhono, W. S. (2022). Perancangan Tampilan Antarmuka Pengguna Aplikasi Web Praktik Kerja Industri (Prakerin) menggunakan Metode Design Thinking. (Studi Kasus: SMKN 2 Singosari). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(3), 1007–1017.

Yulius, & Susetyo, Y. A. (2023). Analisis dan Penerapan Database Mongodb pada Aplikasi Manajemen Dokumen di PT. XYZ. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 7(4), 570–578. https://doi.org/10.35870/jtik.v7i4.1047

Zalukhu, A., Swingly, P., & Darma, D. (2023). Perangkat Lunak Aplikasi Pembelajaran Flowchart. Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 4(1), 61–70.

Zidan, M., Nur’aini, S., Wibowo, N. C. H., & Ulinuha, M. A. (2022). Black Box Testing pada Aplikasi Single Sign On (SSO) di Diskominfostandi Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Walisongo Journal of Information Technology, 4(2), 127–137.

Downloads

Published

2024-11-17

Issue

Section

Articles