PENGARUH HARGA, DISKON SHOPEE, IKLAN MEDIA, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI ONLINE DENGAN LITERASI KEUANGAN DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MARKETPLACE SHOPEE

Authors

  • Erna Listyaningsih Universitas Malahayati, Indonesia
  • Amalia Vika Launi Universitas Malahayati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59407/jakpt.v1i3.603

Keywords:

: Harga; Diskon; Iklan Media; Online Customers Riview; Minat Beli; Literasi Keuangan Digital.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel harga, diskon shopee, iklan media, online customers riview terhadap minat beli online dengan literasi keuangan digital sebagai variabel moderasi. Populasi pada penelitian adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Universitas Malahayati yang berjumlah 451 Mahasiswa. Penentuan sampel berdasarkan purposive sampling dengan rumus slovin hasil sampel pada penelitian ini sebanyak 212 Mahasiswa yang berbelanja online menggunakan marketplace Shopee. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan software IBM SPSS 25,0. Hasil penelitian ini adalah harga berpengaruh terhadap minat beli, diskon shopee berpengaruh terhadap minat beli, iklan media berpengaruh terhadap minat beli, online customers riview berpengaruh terhadap minat beli, harga berpengaruh terhadap minat beli dimoderasi literasi keuangan digital, diskon shopee berpengaruh terhadap minat beli dimoderasi literasi keuangan digital, iklan media tidak berpengaruh terhadap minat beli dimoderasi literasi keuangan digital, online customers riview tidak berpengaruh terhadap minat beli dimoderasi literasi keuangan digital. Literasi keuangan digital memperkuat hubungan antara variabel harga terhadap minat beli dan variabel diskon shopee terhadap minat beli. Literasi keuangan digital memperlemah hubungan antara variabel iklan media terhadap minat beli dan variabel online customers riview terhadap minat beli. Saran bagi mahasiswa agar lebih bijaksana dalam mengelola keuangan dan dapat mengutamakan kebutuhan pokok dibandingkan keinginan untuk berbelanja online dan tidak mudah terpengaruh lingkungan sekitar agar terhindar dari perilaku konsumtif yang tinggi dalam berbelanja online.

References

Adi, Rifqi Nugroho. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang MempengaruhiKeputusan Pembelian Dengan Sistem Pre Order Secara Online (Studi Kasus Pada Online Shop Chopper Jersey). Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Aditya, P. P., Moehammad, G. Y. 2021. Pengaruh Diskon 9.9 Super Shoping Day Shopee terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Shopee. Prologia EISSN 2598-0777 Vol. 5, No. 1, Maret 2021, Hal 204-209.

Afandy, C., & Niangsih, F. F. (2020). Literasi keuangan dan manajemen keuangan pribadi mahasiswa di provinsi Bengkulu. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajmen dan Bisnis, 68-98.

Agus, S. I., Aryono, Y., Michael, S., Liquori, A., Michelle, B., & Franscisca, Y. (2020). Effectiveness Of Peeim And Interactivity As A Strategy For Increasing. 11(November), 46–55.

Alawi, N. M., Asih, V. S., & Sobana, D. H. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Terhadap Penggunaan Sistem Financial Technology. Jurnal Manajemen Perbankan Syariah, 36-44.

Almana, Amal M and Abdulrahman A. Mirza. (2013). The Impact of Electronic Word of Mouth on Consumers’ Purchasing Decisions.

Anna, I. R. 2021. Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Kreatif Vol 1(No 1) 2021, 18-23.

Anisa, W., Trio, H., Zandra, D. W., 2022. Pengaruh Minat Beli Masyarakat Terhadap Diskon Shopee, Kualitas Produk Dan Harga Bagi Pengguna Shopee (Study Kasus Bagi Pengguna Shopee Di Sragen).

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online Rosian Anwar 1 Wijaya Adidarma 2. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwajaya, 14, 2.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Remaja Rosdakarya:Bandung

Anwar Sanusi. 2011. Metode Penelitian, Salemba Empat. Jakarta

Anwar, Sanusi. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Jakarta: Salemba Empat

Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). indikator OCR. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3(2012), 103–111.

Bachriansyah, & Rizky, A. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Ponsel Nokia, hal. 1-65.

Bagus, I. M., Wuryaningsih, D. L. 2023. Analisis Pengaruh Harga, Diskon Dan Kualitas Produkterhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Marketplace Zalora Di Surakarta.

Balakrishnan, Bamini, Mohd I. Dahnil dan Wong J.Yi. 2014. The Impact of Social Media Marketing Medium Toward Purchase Intention and Brand Loyalty Among Generation Y . Journal of Social and Behavioral Sciences, Vol. 148, No. 23, Hal: 177-185.

Marini, Yusmaniarti, Faradilla, I., & Setiorini, H. (2024). Measuring The Financial Performance Of Msmes From The Perspective Of Financial Literacy , Financial Inclusion And Financial Technology ISSN : 2338-8412. Ekombis Review – Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 285–296. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i1

Nikensari, K. B., Wardani, D. K., & Setyowibowo, F. (2022). Pengaruh Promosi Online dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Yang Dimoderasi Oleh Literasi Keuangan. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 16, 267–278. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i2.33948

Putri, A., Bina, U., Informatika, S., Suryani, D., Bina, U., & Informatika, S. (2023). Pengaruh Promo Diskon dan Gratis Ongkos Kirim di E-Commerce Shopee Terhadap Minat Beli Masyarakat di Kecamatan Beji Kota Depok. 1(3), 210–224.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Listyaningsih, E., & Launi, A. V. (2024). PENGARUH HARGA, DISKON SHOPEE, IKLAN MEDIA, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI ONLINE DENGAN LITERASI KEUANGAN DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MARKETPLACE SHOPEE . Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan Dan Tata Kelola Perusahaan, 1(3), 213–228. https://doi.org/10.59407/jakpt.v1i3.603

Issue

Section

Volume 1 Nomor 3 Maret 2024