PENINGKATAN KEMAMPUAN MASYARAKAT DALAM MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR MENGGUNAKAN E-COMMERCE

Authors

  • Rinny Meidiyustiani Program Studi Akutansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Retno Fuji Oktaviani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Imelda Imelda Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
  • Hakam Ali Niazi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Heni Iswati Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Nora Andira Brabo Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i5.94

Abstract

Masyarakat Desa Mekarwangi memiliki hasil tani dan olahan bumi seperti keceprek, emping dan olahan tani lainnya. Namun masyarakat terkendala untuk menjual dan mendistribusikan produk yang mereka hasilkan. Tujuan diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini  diharapkan dapat  menyelesaikan permasalahan masyarakat dalam menjual dan mendistribusikan produknya dengan memperluas jangkauan pasar menggunakan e-commerce. Permasalahan lainnya adalah masyarakat tidak paham memanfaatkan teknologi, sedangkan smartphone hanya digunakan untuk bersosial media. Metode yang diterapkan adalah metode presentasi, diskusi tanya jawab dan evaluasi dengan pre-test dan post-test. Kegiatan PkM ini dilaksanakan pada tanggal 09 Februari 2023, dikuti oleh 24 peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya peningkatan pegetahuan peserta dan memicu motivasi untuk selalu berpikir inovatif dan kreatif, sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Downloads

Published

2023-10-01

Issue

Section

Volume 1 Nomor 5 Oktober 2023