PEMANFAATAN LAHAN KOSONG UNTUK USAHA MELALUI BUDIDAYA IKAN LELE

Authors

  • Zonita Zirhani Rumalean
  • Liani Sari Universitas Yapis Papua, Indonesia
  • Samuel Mamonto Universitas Yapis Papua, Indonesia
  • Harry A. Tuhumurry Universitas Yapis Papua, Indonesia
  • Arlan Tahir Universitas Yapis Papua, Indonesia
  • Andi Annisa Nurlia Mamonto Universitas Yapis Papua, Indonesia
  • Rahman Upara Universitas Yapis Papua, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.632

Keywords:

Pemanfaatan, Pendampingan, Masyarakat Sekitar.

Abstract

Pemanfaatan Lahan Kosong untuk Usaha Budidaya Ikan Lele telah menjadi bagian dari masyarakat  khususnya melalui pemanfaatan usaha warga sekitar. Dilihat dari tempatnya yang stategis memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan keterampilan dan kewirausahaan agribisnis, sehingga perlu dilakukan pendampingan dalam rangka pemanfaatan usaha budidaya ikan lele. Sehingga dalam  konteks  kekinian dan  strategis,  membangun ketahanan ekonomi masyarakat dan yang tak kalah penting untuk diperhatikan  di  tengah  era  kontestasi  ekonomi  yang  makin  mengeras. Proritas Program Pemanfaatan usaha melalui Budidaya Ikan lele ini adalah pemberdayaan kewirausahaan agribisnis Masyarakat/Pribadi pada sektor Perikanan yakni budidaya Ikan Lele serta pembibitan ikan nila dengan pemanfaatan lahan kosong dan kolam ikan yang ada dilingkungan lingkungan rumah warga itu sendiri. Strategi yang digunakan dalam program pengabdian ini sebagai berikut: 1. Identifikasi Potensi, 2. Sosialisasi Program, 3. Desain aksi, 4. Pelatihan/Pembekalan, 4. Penguatan Kewirausahaan, 5. Pendampingan dan Pembinaan.

References

Anonim. (2018). Pedoman umum cara budidaya ikan yang baik (CBIB). Departemen Kelautan dan Perikanan Direktorat Jendral Perikanan Budidaya Direktorat Pembenihan.

Anonymus. (2010). Tilapia cages farming in Barzil. Global Aquaculture Advocate.

Dialog, T. A. (2009). International Standart for Responsible Tilapia Aquclture. World Wildlife Fund.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Rumalean, Z. Z. ., Sari, L., Mamonto, S., Tuhumurry, H. A., Tahir, A., Mamonto, A. A. N., & Upara, R. (2024). PEMANFAATAN LAHAN KOSONG UNTUK USAHA MELALUI BUDIDAYA IKAN LELE. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(2), 492–496. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.632

Issue

Section

Volume 2 Nomor 2 April 2024

Most read articles by the same author(s)