PENYULUHAN STRATEGI PEMASARAN USAHA PRODUK MINUMAN HERBAL TELANG PANJARE DI DESA GUNUNG ANYAR

Authors

  • Endang Pudji Widjajati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Enny Aryanny Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Dwi Sukma Donoriyanto Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.630

Keywords:

Minuman Herbal, Penyuluhan, Strategi Pemasaran

Abstract

Dalam melakukan suatu usaha, dipelrukan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan target dan permintaan pasar agar usaha tersebut dapat menghasilkan keuntungan dan bertahan di tengah persaingan dengan produk kompetitor. Salah satu usaha yang dapat dijalankan oleh warga Desa Gunung Anyar, Surabaya adalah dengan memproduksi Minuman Herbal Telang PANJARE dan memasarkannya dengan memanfaatkan sosial media serta e-commerce. Kegiatan penyuluhan dilakukan oleh Tim Abdimas UPN “Veteran” Jawa Timur tidak hanya membahas tentang proses produksi, namun strategi pemasaran yang tepat meliputi penentuan segmentasi pasar, strategi bauran pemasaran, dan timing strategy. Selanjutnya akan diberikan contoh pembuatan business model canvas (BMC) yang bertujuan untuk mempermudah warga dalam memahami dan mengimplementasi metode strategi pemasaran yang tepat untuk usaha Minuman Herbal Telang PANJARE.

Kata kunci: Minuman Herbal, Penyuluhan, Strategi Pemasaran

References

Halim, I. O., Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. (2023). Konsumsi Minuman Herbal dan Probiotik di Kalangan Mahasiswa pada Masa Pandemi COVID-19. SEPA, 20(2), 246–256.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). PENGARUH INFLUENCER MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL ERA MODEREN (SEBUAH STUDI LITERATUR). Jurnal EKSEKUTIF, 15, 133–146. https://www.researchgate.net/profile/Alexander-Wirapraja/publication/339787291_PENGARUH_INFLUENCER_MARKETING_SEBAGAI_STRATEGI_PEMASARAN_DIGITAL_ERA_MODEREN_SEBUAH_STUDI_LITERATUR/links/5e65d6b5a6fdcc37dd11d374/PENGARUH-INFLUENCER-MARKETING-SEBAGAI-STRATEGI-PEMASARAN-DIGITAL-ERA-MODEREN-SEBUAH-STUDI-LITERATUR.pdf

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA PUDANIS DI KALIWUNGU). SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(1), 76–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001

Hutamy, E. T., Marham, A., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z. Goodwood: Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 1(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.35912/jbpd.v1i1.453

Laily, I. N. (2021). 8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya. Katadata. https://katadata.co.id/iftitah/berita/617f4e386a5a2/8-manfaat-jahe-untuk-kesehatan-dan-efek-sampingnya

Prastiyo, A., Fathoni, A., & Malik, D. (2018). STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAHE MERAH MELALUI ANALISIS SWOT PADA PERUSAHAAN UD. BAROKAH UNGARAN. Journal of Management, 4(4). https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/992/967

Ramadhan, M. I. (2022). 14 Manfaat Sereh yang Baik untuk Kesehatanmu. Klikdokter. https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/memetik-manfaat-sereh-untuk-kesehatan

Sari, A. M. (2023). 12 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan. Fakultas Pertanian UMSU. https://faperta.umsu.ac.id/2023/07/08/12-manfaat-daun-pandan-untuk-kesehatan/

Tim Medis Siloam Hospitals. (2023). 7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan, Sayang Dilewatkan! Siloam Hospitals. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/manfaat-bunga-telang-untuk-kesehatan

Widjajati, E. P., Islami, M. C. P. A., & Pratiwi, A. L. (2023). PENGOLAHAN MINUMAN HERBAL PANJARE UNTUK MENAMBAH. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(6), 780–785.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Widjajati, E. P., Aryanny, E., & Donoriyanto, D. S. (2024). PENYULUHAN STRATEGI PEMASARAN USAHA PRODUK MINUMAN HERBAL TELANG PANJARE DI DESA GUNUNG ANYAR. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(2), 513–519. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.630

Issue

Section

Volume 2 Nomor 2 April 2024