STRATEGI PENINGKATAN PEMASARAN DAN PENJUALAN PAKET WISATA VW TOUR BOROBUDUR MELALUI PEMBUATAN WEBSITE
DOI:
https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.621Keywords:
CV. Sinayang Group, VW Tour Borobudur, Website, Wisata, MagelangAbstract
Volkswagen (VW) Tour Borobudur menyajikan pengalaman menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Magelang. Wisatawan dapat melihat pemandangan alam yang indah menggunakan mobil VW. Selain itu wisatawan juga dapat berkunjung ke sentra UMKM di daerah borobudur seperti UMKM rengginan, madu, dan kopi. Salah satu penyedia jasa VW Tour Borobudur adalah CV. Sinayang Group. Perusahaan yang dirintis sejak tahun 2022 ini mempromosikan jasa VW Tour melalui sosial media seperti facebook, instagram, dan tiktok. Penggunaan sosial media ini cukup efektif di awal merintis usaha, namun semakin banyaknya kompetitor membuat jumlah pesanan semakin sedikit. Oleh karena itu untuk mengoptimasi pemasaran paket wisata VW Tour Borobudur. Tim pengabdian kepada masyarakat dari Program Studi D3 Teknik Informatika Politeknik Negeri Semarang melakukan pendampingan pembuatan website untuk pemasaran jasa VW Tour Borobudur. Metode pelaksanaan kegiatan dimulai dari identifikasi kebutuhan, Perencanaan, Pengembangan Sistem, Pendampingan Operasional, dan Implementasi Teknologi. Adanya website pemasaran ini memudahkan wisatawan dalam melihat informasi dan melakukan pemasanan paket wisata VW Tour Borobudur. Website pemasaran VW Tour Borobudur sudah dapat diakses secara publik melalui alamat aavwborobudur.com. Berdasarkan hasil evaluasi pada bulan september sampai desember 2023, terjadi peningkatan jumlah pesanan paket VW Tour. Peningkatkan jumlah pesanan terjadi karena banyak faktor. Namun setelah dilakukan survey, wisatawan mengaku bahwa mereka mengetahui jasa VW Tour ini melalui website. Hal ini menunjukan bahwa adanya website dapat digunakan untuk pemasaran digital.
References
Informasi E-Commerce dengan Pemanfaatan API Midtrans menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Byboot. id)’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(8), pp. 3899–3906.
Hidayat, H. T. et al. (2023) ‘with Android-Based Black Box Testing’, in International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2022). Atlantis Press SARL, pp. 54–66. doi: 10.2991/978-2-38476-050-3.
Imaniawan, F. F. D. and Nur, H. M. (2019) ‘Perancangan Dan Pembuatan Website Penjualan Biji Kopi Pada Society Coffee House Purwokerto’, EVOLUSI - Jurnal Sains dan Manajemen, 7(1), pp. 61–67. doi: 10.31294/evolusi.v7i1.5030.
Ramadhan, J. A., Haniva, D. T. and Suharso, A. (2023) ‘Systematic Literature Review Penggunaan Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Waterfall, Agile, dan Hybrid’, JIEET : Journal Information Engineering and Educational Technology, 07(01), pp. 36–42. Available at: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jieet/article/view/21941.
Sari, I. P. et al. (2022) ‘Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan dan Layanan Jasa Laundry Sepatu Berbasis Website’, Blend Sains Jurnal Teknik, 1(1), pp. 31–37. doi: 10.56211/blendsains.v1i1.67.
Sari, M. P. et al. (2022) ‘Pendampingan Penyusunan Company Profile dan Proposal Usulan Insentif Kemenparekraf UMKM Mas Wied Sukoharjo’, Journal of Approriate Technology for Community Services, 3(2), pp. 29–38. doi: 10.20885/jattec.vol3.iss2.art3.
Umar, U., Rahma Annisa, A. and Widyantara, H. (2023) ‘Strategi Peningkatan Pemasaran Dan Penjualan Produk Olahan Buah Mangrove Melalui Pembuatan Website’, APTEKMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), pp. 143–149. Available at: http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxixpp143-149.























