PAMERAN POSTER UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA SMP TENTANG BAHAYA MEROKOK DI KOTA JAMBI

Authors

  • M. Ridwan Universitas Jambi
  • Azahra Salshabila Universitas Jambi
  • Astrid Mei Heza Universitas Jambi
  • Assa Maharani Universitas Jambi
  • Dina Lucia Nadapdap Nadapdap Universitas Jambi
  • Jhessica Duy Br Surbakti Universitas Jambi
  • Meidy Jamaica Putri Universitas Jambi
  • Putri Andini Universitas Jambi
  • Rizki Ibnu Rahmad Universitas Jambi
  • Septriani Angelia Manik Universitas Jambi
  • Vebby Markorolina Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.593

Keywords:

Pameran. Rokok, Siswa

Abstract

Berdasarkan laporan Global Youth Tobacco Survey Indonesia Repost pelaksanaan KTR di Indonesia masih belum optimal, hasil survey menyatakan sebanyak 69% pelajar pernah melihat orang merokok di area sekolah baik di dalam Gedung maupun luar gedung yang masih termasuk dalam Kawasan sekolah. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Jambi tahun 2022 di tatanan tempat proses belajar mengajar masih banyak sekolah yang belum menerapkan KTR yaitu dari 289 sekolah yang telah menerapkan KTR dan 153 belum menerapkan KTR. Oleh karena itu, perlu dilakukan edukasi disekolah berupa pameran, penyuluhan dan edukasi tentang KTR di SMPN 14 Kota Jambi. Sasaran kegiatan pameran bahaya rokok dan skrining kesehatan adalah seluruh warga SMPN 14 Kota Jambi. Metode pelaksanaan pameran dilakukan dengan mengadakan pameran yang terdiri dari beberapa stand yaitu: stand screening kesehatan, stand screening jiwa, smokerlyzer, serta Penandatangan Komitmen Bersama SMPN 14 Kota Jambi dan Pelantikan Duta Anti Rokok Kesehatan Masyarakat di SMPN 14 Kota Jambi. Pada kegiatan ini juga dilakukan pengukuran pengetahuan sebelum dan sesudah kegiatan pameran. Data dianalisis secara univariate dan bivariate dengan menggunakan uji  Paired T Test . Hasil analisis perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah pameran terbukti secara signifikan, dilihat dari nilai rerata yang  semula hanya 6,03 setelah dilakukannya pameran dan penyampaian materi meningkat  menjadi 7,90 dengan peningkatan mencapai 21,5%. Melalui kegiatan pameran ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan pencegahan perilaku merokok di lingkungan sekolah.  

References

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan

Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan. (2012).

Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 132, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5338.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Pedoman Kesehatan Remaja. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

World Health Organization. (2018). Global Health Observatory (GHO) data on tobacco use. Geneva: World Health Organization.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Riskesdas 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sulastri, R., & Rindu, R. A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Merokok pada Remaja di SMP Negeri 1 Kota Payakumbuh. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1-10.

Susanto, A. (2020). Analisis Faktor Risiko Merokok pada Remaja di SMP Negeri 1 Karanganyar Tahun 2019. Jurnal Skripsi Universitas Sebelas Maret.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Profil Kesehatan Indonesia 2022. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dinas Kesehatan Kota Jambi. (2022). Data dan Informasi Kesehatan Kota Jambi Tahun 2022. Jambi: Dinas Kesehatan Kota Jambi.

Downloads

Published

2024-04-06

How to Cite

Ridwan, M., Salshabila, A., Mei Heza, A., Maharani, A., Nadapdap, D. L. N., Duy Br Surbakti, J., Jamaica Putri, M., Andini, P., Rahmad, R. I., Angelia Manik, S., & Markorolina, V. (2024). PAMERAN POSTER UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA SMP TENTANG BAHAYA MEROKOK DI KOTA JAMBI . Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(2), 405–410. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.593

Issue

Section

Volume 2 Nomor 2 April 2024