EDUKASI TOILET TRAINING PADA IBU-IBU YANG MEMILIKI ANAK TOODLER DI POSYANDU DESA TALANG JAWA KEC. BATURAJA BARAT

Authors

  • Meilina Estiani - Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Suparno Poltekkes Kemenkes Palembang

DOI:

https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.553

Keywords:

Edukasi , toilet training, dan ibu anak 1-3 tahun.

Abstract

Menurut Sigmund Freud dalam tahap perkembangan psikoseksual anak, pada usia 1 – 3 tahun, anak  berada pada fase anal. Sepanjang tahap anal, latihan defakasi (toilet training) memaksa anak untuk belajar menunda kepuasan bebas dari tegangan anal. Suksesnya toilet training tergantung pada kesiapan fisik,  psikologis dan kesiapan  intelektual anak, kesiapan ini akan menjadikan diri anak mempunyai kemandirian dalam mengontrol khususnya  toilet training(Hidayat, Aziz Alimul, n.d.), 2012).

Penggunaan pampers dan persepsi yang salah dari masyarakat tentang anak tidak perlu diajarkan toilet training karena nantinya anak akan mampu sendiri merupakan alasan yang kurang tepat karena ini menjadi tanggungjawab orang tua sejak usia anak 1 tahun. Survey awal pengabdi pada petugas menyatakan bahwa belum pernah ada edukasi tentang toilet training kepada  ibu-ibu yang memiliki anak usia 1 – 3 tahun di desa Talang jawa. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan ibu-ibu  tentang  toilet training sehingga  ibu dapat melatih anaknya melakukan kebiasaan miksi dan defikasi  di toilet, yang pada akhirnya anak  memiliki kemampuan mengontrol dan konsentrasi dalam miksi ataupun defikasi secara mandiri.

      Metode yang digunakan adalah ceramah, tanyajawab, demontrasi. Kegiatan ini berlangsung  meliputi tahap persiapan , tahap pelaksanaan dan  tahap akhir. Dilakukan evaluasi  pre-test dan post-tes, evaluasi keberhasilan ibu dalam melatih anak melakukan toilet training sesuai tahapan umurnya. Evaluasi dilaksanakan 4 minggu menggunakan lembar observasi.

      Setelah dilakukan edukasi terdapat peningkatan pengetahuan ibu secara signifikan yaitu 87,5%  dan kemampuan toilet training  anak setelah dilatih mengalami peningkatan sebesar  62,5 % tercapai. Hal ini menunjukkan pentingnya melatih anak dan sejak dini dan perlunya peran orang tua dalam melatih kemandirian anak.

 

References

Audina Chrisan Putri. (2020). GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK CERDAS RANTAUPRAPAT TAHUN 2020. 1–78. https://repository.stikeselisabethmedan.ac.id/wp-content/uploads/2019/04/Dian-Esvani-Manurung.pdf

Budiman & Riyanto A. (2013). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan Dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika pp 66-69.

Gunarsa, singgih g, 2008. (n.d.). Dasar dan teori perkembangan anak - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/Dasar_dan_teori_perkembangan_anak/xQsxmVNNU5gC?hl=en&gbpv=1&dq=psikologi+anak&pg=PA20&printsec=frontcover

Hidayat, Aziz Alimul, 2012. (n.d.). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak / Aziz Alimul Hidayat. | Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten,2012. http://sippanon.bantenprov.go.id:8123/inlislite3/opac/detail-opac?id=28296

khasyi’in nuril, 2019. (n.d.). Pendidikan Toilet Training Bagi Anak Usia Dini - Situs Resmi UIN Antasari.

MajeedHameed AL, A. C. (2019). Prevalence of Nocturnal Enuresis and Its Associated Factors in Primary School Children of Fallujah in 2018. International Journal of Advanced Research, 7(2), 890–895. https://doi.org/10.21474/ijar01/8559

Notoatmodjo, S. (2018). Promosi dan Perilaku.pdf. In Promosi kesehatab (p. 23).

Soetjiningsih, D. (1995). Tumbuh Kembang Anak (pp. i–252). https://books.google.co.id/books?id=JBtl87roMJIC

Spock, D. (2004). Baby_and_Child_Care.

Suparno, S., & Estiani, M. (2022). Relationship Between Toilet Training Readiness and Children’s Stress With Enuresis Control in Preschool Children. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 329–334. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.382

Vanny, T. N. P., Agustin, W. R., & Rizqiea, N. S. (2020). Gambaran Ketakutan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 7(2), 13–17. https://doi.org/10.33867/jka.v7i2.209

Windiani, I. G. A. T., & Soetjiningsih, S. (2016). Prevalensi dan Faktor Risiko Enuresis pada A nak Taman Kanak-Kanak di Kotamadya Denpasar. Sari Pediatri, 10(3), 151. https://doi.org/10.14238/sp10.3.2008.151-7

Yusuf, A. S. (2012). Hubungan Toilet Training dengn Kontrol Enuresis. UIN ALAUDIN Makasar.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

-, M. E., & Suparno. (2024). EDUKASI TOILET TRAINING PADA IBU-IBU YANG MEMILIKI ANAK TOODLER DI POSYANDU DESA TALANG JAWA KEC. BATURAJA BARAT. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(2), 330–338. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.553

Issue

Section

Volume 2 Nomor 2 April 2024