EDUKASI MENUMBUHKAN IDE KREATIF PENGEMBANGAN PRODUK UMKM MASYARAKAT DESA CIKOLELET, KABUPATEN SERANG,

Authors

  • Selfiana Selfiana Universitas Mitra Bangsa
  • Sumiyati Sumiyati Universitas Sahid Jakarta
  • Meri Safarwati Putri Universitas Sahid Jakarta
  • Rini Ratnaningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.542

Abstract

Pengembangan produk usaha UMKM sangat dibutuhkan agar UMKM mampu bertahan dan menjadi pemenang dalam persaingan di Pasar. Pelaku UMKM harus memiliki ide kreatif dan inovasi dalam melakukan pengembangan produk. Desa Cikolelet, Kabupaten Serang adalah desa yang memiliki potensi untuk maju dan berkembang melalui usaha pengelolaan buah melinjo dan menjadi kuliner yang digemari oleh masyarakat dan pengunjung desa. Produk yang terbuat dari buah melinjo ini dikerjakan secara tradisional dan belum ada upaya dilakukan diversifikasi dari produk yang ada. Jika jenis produk yang dihasilkan selalu sama maka suatu saat pasar akan mengalami titik jenuh, dan produk tersebut tidak lagi menjadi produk yang dicari oleh masyarakat.  Oleh karena itu penting bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan edukasi mengenai pengembangan produk dan menumbuhkan ide kreatif. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode ceramah, tatap muka dan diskusi di Aula Desa. Mitra adalah para pelaku UMKM Desa Cikolelet. Hasil dari edukasi ini adalah mitra mulai memahami pengembangan produk, apa yang harus mereka lakukan dan bagaimana cara melaksanakannya. Hal tersebut sangat penting bagi setiap pelaku UMKM, agar mereka dapat melakukan perencanaan efektif dan efisien ketika melakukan pengembangan produk. Diharapkan mitra bergiat untuk selalu melakukan inovasi dan berusaha untuk mencari pemodal yang dapat dipercaya.

References

Budilaksono, S., Rilla, S., Dewi, E. P., & Nasution, E. S. (2024). Tantangan dan Peluang Desa Wisata Menuju Desa Wisata Mandiri. Penerbit Litnus.

Cikolelet, K. P. D. (n.d.). Desa Cikolelet. 2023. https://cikolelet-cinangka.desa.id/berita-desa/

Cikolelet, K. P. D. (2023). LMND: Perlu Partisipasi Warga dan BPD untuk Atasi Masalah di Desa. Kantor Pemerintah Desa Cikolelet. https://cikolelet-cinangka.desa.id/2023/08/02/lmnd-perlu-partisipasi-warga-dan-bpd-untuk-atasi-masalah-di-desa/

Cookpad, K. (2023). Kue Kering Melinjo. Coopad. https://cookpad.com/id/cari/kue kering melinjo

Gibson, W. (2022). Product design and development. In Integrated Functional Sanitation Value Chain: The role of the sanitation economy. https://doi.org/10.2166/9781789061840_0019

Irianto, H. E., & Giyatmi. (2021). Pengembangan Produk Pangan (1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Kementrian, P. dan E. K. (2023). Desa Wisata Cikolelet. Jejaring Desa Wisata. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/cikolelet

Martina, N., Hasan, M. F. R., Wulandari, L. S., & Salimah, A. (2021). Upaya Peningkatan Nilai Ekonomis Produk UMKM, Melalui Sosialisasi Diversifikasi Produk. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2273–2282. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5253

Olivia, D., Atmojo, W. T., & Guna, A. (2022). Analisis Potensi Desa Wisata Sebagai Upaya Peningkatan Aksesibilitas dan Konektivitas Di Desa Wisata Cikolelet. IKRAITH-Teknologi, 6(3), 28–37. https://doi.org/10.37817/ikraith-teknologi.v6i3.2304

Pengubung, A. (2021). Desa Wisata Cikolelet Kabupaten Serang, Destinasi Unggulan Pariwisata Nasional. Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten. https://penghubung.bantenprov.go.id/berita/desa-wisata-cikolelet-kabupaten-serang-destinasi-unggulan-pariwisata-nasional

Sutrisno, R. I., & Darmawan, D. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan, Diversifikasi Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen, Bisnis, Dan Kewirausahaan, 2(1), 1–12.

Downloads

Published

2024-04-03

How to Cite

Selfiana, S., Sumiyati, S., Putri, M. S., & Ratnaningsih, R. (2024). EDUKASI MENUMBUHKAN IDE KREATIF PENGEMBANGAN PRODUK UMKM MASYARAKAT DESA CIKOLELET, KABUPATEN SERANG, . Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(2), 353–360. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.542

Issue

Section

Volume 2 Nomor 2 April 2024