WEBINAR DAN WORKSHOP OPTIMIZING E – COMMERCE SUCCESS A DEEP DIVE INTO CUSTOMER CHURN PREDICTION WITH DATA SCIENCE

Authors

  • Octaviani Saputri Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Athilla Sulthan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Iqlal Wira Prasetio Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Audyka Saputra Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nur Fatima Hasan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Awang Ihsan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Farhan Rozy Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nabil Akhdan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nazar Gimnastiar Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sitti Nurbaya Ambo Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Jumail Jumail Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i1.509

Abstract

E-commerce adalah salah satu bagian yang paling terpenting dari internet. Saat ini dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan internet di indonesia, telah memiliki dampak yang besar terhadap perubahan bisnis. Yaitu mulai dari cara beriklan, cara jual beli, cara berinteraksi antar manusia, dan sebagainya. Dengan e-commerce telah banyak merubah dalam proses jual-beli. Perkembangan pengguna komputer sangat cepat serta didukung oleh sermakin terjangkaunya harga komputer serta semakin mudahnya penggunakan komputer semakin membuka peluang terbentuknya pasar digital. Prediksi churn pelanggan adalah strategi bisnis yang penting bagi perusahaan. Untuk mendapatkan pelanggan baru membutuhkan biaya yang jauh lebih tinggi daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. prediksi churn dilakukan berdasarkan model prediksi churn yang telah dikembangkan pada penelitian terdahulu yang antara lain mencakup informasi mengenai pelanggan, metode pembayaran, data percakapan, data penggunaan jenis-jenis layanan telekomunikasi dan data yang menggambarkan perubahan perilaku penggunaan layanan telekomunikasi tersebut. Maka dari itu, Universitas Muhammadiyah Jakarta khususnya Program Studi Teknik Informatika memberikan peluang kepada mahasiswa dengan menyelenggarakan Webinar dan Workshop mengenai Prediction Churn Customer with Data Science terutama dalam aspek E – Commerce. Acara ini diselenggarakan secara daring melalui platfrom Zoom Conference dengan target peserta umum yang bertujuan agar mereka dapat memahami konsep dasar prediction churn customer pada e-commerce.

References

Putri, L. E. (2023). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Di Indonesia. JURNAL TAFIDU, 2(1), 42–52. https://doi.org/10.57113/jtf.v2i1.269

Arifin, M. (2015). IG-KNN UNTUK PREDIKSI CUSTOMER CHURN TELEKOMUNIKASI. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(1), 1. https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.230

Bahtiar, R. A. (2020). Potensi, Peran Pemerintah, dan Tantangan dalam Pengembangan E-Commerce di Indonesia [Potency, Government Role, and Challenges of E-Commerce Development in Indonesia]. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 11(1), 13–25. https://doi.org/10.22212/jekp.v11i1.1485

Suryana, N., Pratiwi, P., & Prasetio, R. T. (2021). Penanganan Ketidakseimbangan Data pada Prediksi Customer Churn Menggunakan Kombinasi SMOTE dan Boosting. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 6(1). https://doi.org/10.31294/ijcit.v6i1.9545

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Saputri, O., Sulthan, A., Prasetio, I. W., Saputra, A., Hasan, N. F., Ihsan, A., Rozy, F., Akhdan, N., Gimnastiar, N., Nurbaya Ambo, S., & Jumail, J. (2024). WEBINAR DAN WORKSHOP OPTIMIZING E – COMMERCE SUCCESS A DEEP DIVE INTO CUSTOMER CHURN PREDICTION WITH DATA SCIENCE. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(1), 271–277. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i1.509

Issue

Section

Volume 2 Nomor 1 Februari 2024

Most read articles by the same author(s)