WEBINAR & WORKSHOP PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM ANALISIS BIG DATA UNTUK MENDUKUNG SEKTOR BISNIS E-COMMERCE

Authors

  • Mohammad Arkan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Abdul Rezak Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Natasya Umi Fitria Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fikram Althaf Muyassar Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Azhari Daulay Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Farizs Hakim Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Fadhil Habibie Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ilham Firmansyah Dika Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Bagus Kurniawan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nurvelly Rosanti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Popy Meilina Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rully Mujiastuti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Hendra Hendra Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Jumail Jumail Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i1.490

Abstract

Artificial Intelligence (AI) dan Big Data memiliki peran krusial dalam mendukung sektor bisnis E-Commerce. Webinar dan Workshop yang diselenggarakan oleh Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta memberikan pemahaman mendalam kepada peserta tentang konsep dasar AI, jenis-jenis AI, dan karakteristik Big Data. Melalui presentasi materi oleh Fikram Althaf Muyassar, Azhari Dauly, dan Muhammad Farizs Hakim, peserta dibimbing dalam implementasi AI dalam analisis Big Data dengan studi kasus di bidang E-Commerce menggunakan bahasa pemrograman Python. Survei menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap efisiensi pemateri dan peningkatan pemahaman peserta terkait penggunaan Python dan implementasi Analisis Big Data untuk mendukung E-Commerce. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil memberikan pengetahuan konseptual dan keterampilan praktis kepada peserta, mendorong minat mereka untuk belajar lebih lanjut tentang Python dan Data Science.

References

Aldisa, R. T., Maulana, P., & Abdullah, M. A. (2022). Penerapan Big Data Analytic Terhadap Strategi Pemasaran Job Portal di Indonesia dengan Karakteristik Big Data 5V. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(3), 267. https://doi.org/10.30865/json.v3i3.3905

Amazon Web Services. (2023). Apa Itu Kecerdasan Buatan (AI)? Amazon Web Services.

Andre Oliver. (2022, January 25). Mengenal Google Colab: Mulai dari Definisi, Cara Menggunakan, hingga Manfaatnya. Glints.

Hasna Latifatunnisa. (2022, August 11). Apa itu Data Analytics? Arti, Kegunaan, Tahap, dan Jenisnya. RevoU.

Sedayu, A. S., & Andriyansah, A. (2021). Pemanfaatan Big Data pada Instansi Pelayanan Publik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 543–548. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.309

Tri Wahyudi. (2023). Studi Kasus Pengembangan dan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Penunjang Kegiatan Masyarakat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1).

Umnadmin. (2023, July 14). Big Data: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya. Universitas Multimedia Nusantara.

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Arkan, M., Abdul Rezak, Natasya Umi Fitria, Fikram Althaf Muyassar, Azhari Daulay, Muhammad Farizs Hakim, Muhammad Fadhil Habibie, Ilham Firmansyah Dika, Bagus Kurniawan, Nurvelly Rosanti, Popy Meilina, Rully Mujiastuti, Hendra, H., & Jumail, J. (2024). WEBINAR & WORKSHOP PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM ANALISIS BIG DATA UNTUK MENDUKUNG SEKTOR BISNIS E-COMMERCE. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(1), 228–236. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i1.490

Issue

Section

Volume 2 Nomor 1 Februari 2024

Most read articles by the same author(s)