PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN GENIALLY UNTUK MENDORONG PARTISIPASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.59407/jpki2.v3i5.3069Abstract
Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam mendesain media pembelajaran interaktif menggunakan platform Genially untuk mendorong partisipasi siswa di SMP IT Mandiri Bersemi Cianjur. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan pelatihan berbasis praktik secara hybrid (daring dan luring) yang diikuti oleh 20 guru dari berbagai mata pelajaran. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek pengetahuan, keterampilan teknis, dan kemampuan penerapan media pembelajaran interaktif, serta tingkat kepuasan peserta yang sangat tinggi terhadap proses pelatihan. Simpulan, pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dan berpotensi mendorong pembelajaran aktif berbasis teknologi, meskipun diperlukan tindak lanjut pendampingan agar hasil pelatihan dapat diimplementasikan secara berkelanjutan.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Media Pembelajaran Interaktif, Genially, Partisipasi Siswa, Pelatihan
References
Alza Nabiel Zamzami, & Raharjo Raharjo. (2024). Penggunaan Platform Genially dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Di SMK Negeri 2 Semarang. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(3), 31–42. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i3.294
Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431
Ayuningtyas, G., Bilqis, N. M., Permatasari, A. D., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Genially untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2404–2407. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3697
Collins, S. P., Storrow, A., Liu, D., Jenkins, C. A., Miller, K. F., Kampe, C., & Butler, J. (2021). Metode Pengabdian Kepada Masyarakat : Teori dan Praktik.
Dennis Mega Ayu Saputri, J.Priyanto Widodo, & Satrio Wibowo. (2024). the Effect of Genially Website-Based Gamification Media on History Learning Motivation. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(2), 1320–1326. https://doi.org/10.36526/santhet.v8i2.4120
Dja’far, H. I. (2024). Evaluasi Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bogor Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat. Journal of Language and Literature Education, 1(2), 90–100. https://doi.org/10.59407/jolale.v1i2.866
Elis, Mujahidin, & Parni. (2024). Peran Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Bella. Adiba: Journal of Education, 4(4), 558–565.
Novitasari, A. T. (2023). Motivasi Belajar sebagai Faktor Intrinsik Peserta Didik dalam Pencapaian Hasil Belajar. Journal on Education, 5(2), 5110–5118. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1248
Octasyavira, M., & Nurlizawati, N. (2022). Kesulitan Guru dalam Merancang Media Inovatif Digital untuk Pembelajaran Sosiologi. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(4), 437–445. https://doi.org/10.24036/nara.v1i4.87
Rahaju, A. (2023). Pengaruh Pendekatan Andragogi Terhadap Kompetensi Hasil Belajar Kader Pkk Dalam Pelatihan Pengelolaan Paud Kecamatan Sukasari Kota Bandung. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 491–500. https://doi.org/10.37577/jp3m.v5i1.550
Rahayu, W. P., Hidayat, R., Zutiasari, I., Rusmana, D., Indarwati, R. A. A., & Zumroh, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Membuat Media Pembelajaran Dengan Bantuan Website Genially Pada Guru-Guru Smk Islam Batu. Prima Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 270–277. https://doi.org/10.55047/prima.v2i3.783
Ramadhani, F. (2025). FISIPOLY : Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Genially untuk materi Pemanasan Global Kelas X SMA Fase E. Jurnal Edukasi Dan Multimedia, 2(1), 12–23. https://doi.org/10.37817/jurnaledukasidanmultimedia.v2i1.4725
Romdiah, Y., & Dja’far, H. I. (2024). the Influence of Learning Motivation and Positive Culture on the Learning Outcomes of Writing Popular Articles of High School Students in the Pandeglang Regency. Journal of Language and Literature Education, 1(2), 101–112. https://doi.org/10.59407/jolale.v1i2.875
Rusmining, R., Yuwaningsih, D. A., & Cahdriyana, R. A. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Platform Genially Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru. Surya Abdimas, 8(2), 284–290. https://doi.org/10.37729/abdimas.v8i2.4312
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542