PENGEMBANGAN UMKM: STRATEGI PENINGKATAN USAHA (PKM PADA UMKM WARUNG MAKAN)
DOI:
https://doi.org/10.59407/jpki2.v3i4.2991Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi yang dijalankan oleh Mitra UMKM Warung Solata Makale guna meningkatkan kinerja dimasa akan datang dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT. Kegiatan dimulai dari proses identifikasi kondisi usaha untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan. Kegiatan dilanjutkan dengan membuat matriks guna menentukan posisi dari UMKM tersebut. Selanjutnya bersama mitra menyusun strategi ke depan.
. Hasil analisis SWOT menempatkan Mitra UMKM Warung Solata berada pada Kuadran kedua yaitu mempunyai kekuatan namun mendapat ancaman. Beberapa strategi yang dirumuskan antara lain memaksimalkan kekuatan lewat langkah diversifikasi produk, mempertahankan cita rasa produk makanan, kualitas bahan dan kuantitas takaran. Memanfaatkan peluang dengan menggaet konsumen baru dari wisatawan-wisatawan yang banyak berkunjung ke Toraja yang dibarengi dengan diversifikasi produk yang sejalan dengan selera konsumen baru dari para wisatawan yang selama ini belum disajikan. Meminimalkan kelemahan lewat langkah peningkatan promosi, menggunakan sistem akuntansi yang lebih baik, melakukan regenerasi manajemen pengelolaan, memperbaiki sarana prasarana dan meningkatkan kesejahteraan karyawan.
References
Ariani dan Utomo, Mohamad Nur. (2017). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM)di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol. 13 No. 2.
Aryansah, J. E., Mirani, D., &, Martina (2020). "Strategi Bertahan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sektor Kuliner di Masa Pandemi Covid -19". Prosiding Applicable Innovation of Engineering and Science Research. 12 (1): 323–329.
Assauri, S. (2017). Strategic Management Sustainable Competitive Advantages Edisi 2. Depol: Rajawali Pers. http://inlislite. dispusip.solokkota.go.id/ opac/detail-opac?id=9342
Bahari, B., Karimah, N., & Fajaria, M. (2024). Pemberdayaan Masyarakat dan Peningkatan Kualitas Pendidikan Serta Optimalisasi Potensi UMKM Lokal Melalui Produk dan Pemasaran di Desa Besar II Terjun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi dan Bisnis Digital, 1(3), 242-249.
Bahria, K. (2024). Pendampingan Pembukuan Sederhana Usaha Bawang Goreng di Kota Palu. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 2(4), 1119-1125.
Ernie, S. T., & Kurniawan, S. (2013). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. https://books.google.co.id/books?id=KCtLDwAAQBAJ&pg=PA256&lpg=PA256&dq=Ernie,+S.+T.,+%26+Kurniawan,+S.+(2013).+Pengantar+Manajemen.+Jakarta:+Kencana+Prenada+Media+Group
Frinces, Z. H. (2011). Persaingan Dan Daya Saing Kajian Strategis Globalisasi Ekonomi. Jogjakarta: Mida Pustaka. https://shopee.co.id/Persaingan-dan-daya-saing-kajian-strategis-globalisasi-ekonomi-i.13533223.826175278
Greve, H. R. (2009). Bigger and Safer: The Diffusion of competitive advantage. Strategic Management Journal, 21-23.
Handito, J. (2012). Strategy Management. Jakarta: Arrbey.
Hartoko, S. D. (2010). Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Metode BSC, Matriks BCG Dan SWOT. Jakarta: Gramedia. https://core.ac.uk/download/pdf/35382928.pdf
Idayu, Riyanthi., Husni, Mohamad., dan Suhandi (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 7, No 1.
Nurmala, N., Emilda, E., Arifin, M. A., Jusmani, J., Novalia, N., & Lilianti, E. (2023). Entrepreneurship Strategi Kemandirian di Usia Muda. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 1(2), 176-181.