PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN SANTRI MELALUI PELATIHAN PEMASARAN ONLINE DAN PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS DIGITAL

Authors

  • Efa Irdhayanti Universitas Tanjungpura
  • Anggraini Syahputri Universitas Tanjungpura
  • Rizani Ramadhan Universitas Tanjungpura
  • Uray Ndaru Mustika Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.59407/jpki2.v3i4.2980

Keywords:

Kewirausahaan, Pemasaran Online, Pengembangan Usaha

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darut Tolibin Peniraman, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Kegiatan ini bertujuan guna meningkatkan literasi digital dan keterampilan kewirausahaan berbasis teknologi bagi santri, sekaligus mendorong munculnya ide-ide usaha kreatif yang sesuai dengan perkembangan era digital. PKM yang dilaksanakan diikuti oleh 50 santri tingkat SMA dan dilaksanakan dalam bentuk ceramah interaktif, workshop praktik pembuatan akun bisnis online, simulasi perancangan ide usaha digital, serta presentasi kelompok. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman santri terhadap literasi digital, kemampuan membuat akun bisnis online, serta terbentuknya lima kelompok ide usaha digital. Faktor pendikung kegiatan adalah dukungan penuh pesantren, antusiasme peserta dan relevansi materi, sedangkan faktor penghambar meliputi keterbatasan internet, waktu yang singkat, serta keterbatasan perangkat digital. Secara keseluruhan, kegiatan PKM ini dinilai dan memberikan dampak positif bagi pengembangan kewirausahaan santri. Diperlukan tindak lanjut berupa pendampingan usaha, peningkatan fasilitas digital di pesantren, serta kerja sama dengan pihak eksternal untuk mendukung keberlanjutan program kewirausahaan santri berbasis teknologi,

References

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Edik Informatika, 73–87.

Junaidi, N., Armida in Susanti, D. (2018). engaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri padang. EcoGreen, 5–15.

Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R. in Hantoro, S. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA BUMDes BLULUKAN GEMILANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.29574

Solihin, K. in Azro’i, I. (2024). Strategi Penguatan Kemandirian Ekonomi Pesantren Melalui Usaha Mikro Kecil Menengah. Santri : Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, 85–114.

Sari, D. P., Lestari, R., & Andini, M. (2020). Peningkatan Literasi Digital Santri Melalui Pelatihan Berbasis Praktik Langsung. Jurnal Abdimas, 87-96.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan . Remaja Rosdakarya.

Susianita, N. S. in Riani, L. P. (2024). ndidikan sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda ke Dunia Kerja di Era Globalisasi. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 1–12.

Widiastuti, T., Widayat, G. M., Kharisma, D., Prasetyani, E. T. in Ilyasa Fatkhur, D. F. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMASARAN ONLINE BAGI UMKM DI KELURAHAN MLATIBARU SEMARANG. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1). https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.3261

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

Irdhayanti, E., Anggraini Syahputri, Rizani Ramadhan, & Uray Ndaru Mustika. (2025). PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN SANTRI MELALUI PELATIHAN PEMASARAN ONLINE DAN PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS DIGITAL. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 3(4), 1043–1049. https://doi.org/10.59407/jpki2.v3i4.2980