PELATIHAN PENULISAN PENTIGRAF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERLITERASI

Authors

  • Rini Damayanti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya https://orcid.org/0000-0001-6112-8567
  • Kaswadi Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Agung Pranoto Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Roely Ardiansyah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • sueb Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i6.236

Keywords:

pentigraf, antologi, cerpen, literasi

Abstract

Semangat berliterasi, khususnya pengembangan kemampuan menulis karya sastra, perlu terus dipupuk di kalangan siswa SMA. Namun para guru Bahasa Indonesia di SMA/SMK merasa memiliki keterbatasan waktu dalam pembelajaran sastra, khususnya pembelajaran cerpen. Selain itu, tidak semua guru Bahasa Indonesia memiliki kemampuan bersastra. Pentigraf (cerpen tiga paragraf) sebagai sebuah genre baru dalam sastra bisa menjadi alternatif mengatasi keterbatasan waktu. Pelatihan diadakan dengan target bisa menghasilkan Antologi Pentigraf (buku kumpulan pentigraf) sebagai upaya membantu para guru Bahasa Indonesia dalam mengembangkan kemampuan menulis siswa. Semua siswa SMA N 21 Surabaya diberi peluang untuk bisa mengikuti pelatihan menulis pentigraf.

Downloads

Published

2023-12-02

Issue

Section

Volume 1 Nomor 6 Desember 2023