PELATIHAN PENULISAN PENTIGRAF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERLITERASI
DOI:
https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i6.236Keywords:
pentigraf, antologi, cerpen, literasiAbstract
Semangat berliterasi, khususnya pengembangan kemampuan menulis karya sastra, perlu terus dipupuk di kalangan siswa SMA. Namun para guru Bahasa Indonesia di SMA/SMK merasa memiliki keterbatasan waktu dalam pembelajaran sastra, khususnya pembelajaran cerpen. Selain itu, tidak semua guru Bahasa Indonesia memiliki kemampuan bersastra. Pentigraf (cerpen tiga paragraf) sebagai sebuah genre baru dalam sastra bisa menjadi alternatif mengatasi keterbatasan waktu. Pelatihan diadakan dengan target bisa menghasilkan Antologi Pentigraf (buku kumpulan pentigraf) sebagai upaya membantu para guru Bahasa Indonesia dalam mengembangkan kemampuan menulis siswa. Semua siswa SMA N 21 Surabaya diberi peluang untuk bisa mengikuti pelatihan menulis pentigraf.























