PENDAMPINGAN PEMBUATAN NIB dan LOGO KEMASAN SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PENGEMBANGAN UMKM
DOI:
https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i6.171Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat didukung perkembangan zaman sehingga produk UMKM dapat diakses secara luas. Salah satu aspek yang sanga tpenting dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah(UMKM)adalah adanya legalitas usaha. NIB merupakan nomor identitas berusaha yang digunakan oleh pelaku usaha untuk mendapatkan izin usaha dan izin komersial atau operasional. Kegiatan sosialisasi yang dilakukan terhadap masyarakat-masyarakat khususnya pelaku UMKM yang ada di Desa Mranggon Lawang, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo ini dilakukan untuk membantu UMKM dalam pembuatan Nomor Induk Berusah dan branding produk berupa logo kemasan agar bisa berkembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui survei, sosialisasi, dan pendampingan langsung kepada pemilik UMKM. Sosialisasi dan pendampingan dilakukan kepada UMKM di Desa Mranggon Lawang, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku UMKM di Desa Mranggon mampu memahami dan memanfaatkan media digital untuk memasarkan produknya dan pemilik UMKM juga terbantu dalam mendesain logo sebagai bentuk peningkatan visual branding produk.
Kata Kunci : UMKM, NIB, Logo Kemasan























