SOSIALISASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI PROMOSI BIMBLE AZ-ZAHRA KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i6.1405Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mensosialisasikan pemanfaatan digital marketing dalam rangka meningkatkan visibilitas dan jumlah pendaftar pada bimbingan belajar (bimble) Az-Zahra di Kota Bengkulu. Menghadapi era digital, penggunaan strategi pemasaran digital menjadi esensial untuk menjangkau audiensi yang lebih luas dan meningkatkan daya saing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah suvei, observasi serta pendampingan berkelanjutan dengan pemilik yayasan bimble Az-Zahra Kota Bengkulu, dilengkapi dengan analisis data sekunder dari literatur terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tingkat pemahaman dan penerapan digital marketing di bimble Az-Zahra masih terbatas. Oleh karen itu, program sosialisasi difokuskan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan media sosial, optimasi mesin pencari (SEO), serta pembuatan konten pemasaran yang menarik. Implementasi strategi digital marketing diharapkan dapat meningkatkan kehahiran online bimble Az-Zahra, menarik minat calon siswa, dan pada akhirnya meningkatkan jumlah pendaftaran. Evaluasi awal menunjukan respon positif dari pihak manajemen dan adanya peningkatan interaksi di palform digital bimble Az-Zahra. Dengan demikian, sosialisasi ini memberikan kontribusi signifikan dalam mendrorong transformasi digital di sektor Pendidikan nonformal di Kota Bengkulu.
References
Arifin, M. A., Nurmala, N., Emilda, E., Lilianti, E., Jusmani, J., & Putra, A. E. (2023). Pengenalan Akuntansi Manajerial Dalam Pengambilan Keputusan Bisnis Bagi Siswa Sma. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(6), 994–998. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i6.209
Depdiknas. (2008). Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) UU RI No. 20 Tahun 2003). Jakarta: Sinar Grafika
Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147
Ibrahim, A., Yusmaniarti, Y., Nurzani, Z., Gina, A., Pardede, I., Risky, N., & Husnia, A. (2019). Social Media Monitoring Twitter : Mobile Brand Awareness Using the Selection Sort. Atlantis Press, 172(Siconian), 386–392.
Intaniasari, A. J. P., Violetta, G. L., Leonard, P. L., Setiawan, A. F., Putri, Y. D. A., Wasono, A. F., Dwianika, A., Nurhidayah, F., & El Rayyeb, A. (2023). Tantangan UMKM dalam Ekonomi Global: Pentingnya Adopsi Teknologi. Prosiding Seminar Teknologi, Akuntansi, Bisnis, Ekonomi, Dan Komunitas, 3(2012), 143–152.
Jasmin, Marayasa, I N. (2019) Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur-Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri. Vol. 1, No. 2 250-258
Melati, Citra (2022). Pemasaran Digital Sebagai Srategi Pemasaran : Conceptual Paper. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis E-ISSN (Online) : 2621 – 3230 Volume 5, Nomor 1, Agustus 2022
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Rapitasari, Diana (2016). Digital marketing Berbasis aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Cakrawala, Vol 10, No. 2 Desember 2016 : 107 - 112
Suhayati, E., Novianti, W., Panca Rhema, C. F., & Agustini, D. (2022). Digital Marketing Dalam Rangka Mengembangkan Usaha Erna Sari Catering. Majalah Ilmiah UNIKOM, 20(2), 79–84. https://doi.org/10.34010/miu.v20i2.9495
Yulianti, P., Fahmy, R., Rahman, H., Rivai, H. A., Program, M., Ilmu, D., Unand, M., Studi, P., & Feb Unand, M. (2023). Analisis Knowledge Management Menggunakan Model Big Data di Media Sosial UMKM Knowledge Management Analysis Using The Model of Big Data for SME Social Media. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA) , 13(April), 24–39.























