FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENUMPANG DI BANDARA : KEMUDAHAN AKSES MENUJU BANDARA, INFORMASI AKSESBILITAS DAN FASILITAS DIGITAL

Authors

  • Muhammad Arief Hakim Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Ketut Teja Prabawa Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Ubaedillah Ubaedillah Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

DOI:

https://doi.org/10.70248/jogapa.v2i3.2881

Keywords:

Kepuasan penumpang, akses menuju bandara, informasi aksesbilitas, fasilitas digital.

Abstract

Penelitian sebelumnya atau studi yang relevan memegang peranan penting dalam mendukung pengembangan riset atau penulisan artikel ilmiah. Tujuan pennulisan artikel ini adalah agar mengetahui fsktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Kepuasan Penumpang di Bandar Udara, yang berfokus pada Kemudahan Akses Menuju Bandara, Informasi Aksesbilitas, dan Fasilitas Digital. Studi ini merupakan literatur review yang mendalam yang membahas seputar bidang Operasi Bandar Udara. Penulisan artikel ini bertujuan untuk membangun pendapat mengenai pengaruh antar variabel tersebut, agar nantinya dapat digunakan sebagai literatur dalam penelitian selanjutnya. Dengan memperlajari penelitian terdahulu, artikel dapat ini memberikan gambaran mengenai bagaimana setiap faktor tersebut dapat berkontribusi terhadap Kepuasan Penumpang di Bandara. Hasil dari artikel literature review ini menunjukan bahwa masing-masing faktor memiliki pengaruh signifkan terhadap Kepuasan Penumpang di Bandara. Baik itu dari faktor Kemudahan Akses Menuju Bnadara menggunakan moda transportasi berupa kereta api bandara, bus damri, maupun mobil penumpang. Faktor Informasi aksesbilitas yang memudahkan mobilitas dan tersalurnya informasi di bandara yang dapat dipahami oleh penumpang bandara. Dan faktor fasilitas digital yang mempermudah aktivitas pelayanan di bandara.

References

Cahyanti, S. N., Purnama, Y., Tinggi, S., & Kedirgantaraan, T. (2025). Pengaruh Aksesibilitas Unit Lost And Found terhadap Kepuasan Penumpang PT . Gapura Angkasa di Bandar Udara Sultan Thaha Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta , Indonesia. 4(2).

Endro Prihastono. (2012). Pengukuran Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Pelayanan Customer Service Berbasis Web. Dinamika Teknik, 6, 14–24.

Frisdiantara, C., & Graha, A. N. (2013). Pengaruh Dimensi Pelayanan Dan Dimensi Fasilitas Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 9(2), 106. https://doi.org/10.21067/jem.v9i2.201

Iii, B. A. B. (n.d.). Ts313735. 21–32.

Jumawan, J., & Susanto, P. C. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara. Aviasi : Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan, 19(2), 45–52. https://doi.org/10.52186/aviasi.v19i2.113

Lubis, U. S. A., & Bunahri, R. R. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Pada Bandar Udara: Faktor Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Faktor Keamanan Ukkasyah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 571–577.

Priyo Dhony. (2021). Analisis Efektifitas Kereta Api Bandara di Indonesia. Jurnal Teknik Sipil, 13, 49–59.

Reza, W. F., & Sari, N. R. (2022). Pengaruh Aksesibilitas Dan Ketersediaan Kereta Api Bandar Udara Terhadap Efisiensi Dan Efektivitas Penumpang Bandar Udara Internasional Kualanamu. Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan, 4(2), 2460–1454.

Rizal Alfadin, T. H. 2018. (2018). ) = -0,273 + 0,00009307 x (Selisih Biaya Perjalanan) P. 1–10.

Saputra, A. Y. (2015). ALTERNATIF PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI UMUM ( STUDI KASUS : BUS DAN KERETA API TRAYEK KOTA PADANG- KOTA PARIAMAN ). 978–979.

Subiyantoro, A., Wahyuning, S., & Lestari, O. S. S. (2022). Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terminal Terhadap Kepuasan Konsumen Bandar Udara Matahora-Wakatobi. Jurnal Economina, 1(2), 311–321. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.42

Sumardi, U. Z., & Jumlad, W. (2022). Pengaruh Aksesibilitas Menuju Bandar Udara Internasional Yogyakarta Terhadap Persepsi Penumpang. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3025–3032.

Supranto. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Pelayanan PT BNI Syariah Cabang Medan dengan Importance Performance Analysis. Jurnal Informasi, 6(11), 15–30.

Vitriyana, D., Latifa, E. A., & García Reyes, L. E. (2018). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Menuju Bandara Soekarno Hatta Menggunakan Mobil Penumpang dan Kereta Api. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(1), 117–126.

Wahab, W. (2019). Studi Analisis Pemilihan Moda Transportasi Umum Darat di Kota Padang antara Kereta Api dan Bus Damri Bandara Internasional Minangkabau. Jurnal Teknik Sipil ITP, 6(1), 30–37. https://doi.org/10.21063/jts.2019.v601.05

Yoga, O., Putra, S., Sihombing, S., & Tasran, C. (2020). WARTA ARDHIA Jurnal Perhubungan Udara Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Digital Terhadap Kepuasan Penumpang di The Effect of Services and Digital Facilities on Passenger Satisfaction at Kualanamu Internasional Airport. Wartha Ardhia, 46(1), 60–70.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles