EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) INDRASARI RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU
DOI:
https://doi.org/10.70248/jogapa.v2i3.2326Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indrasari Rengat Kabupaten Indragiri Hulu serta mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data secara terbuka dan analisis mendalam berdasarkan teori efektivitas pelayanan W.J Duncan yang mencakup pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan di RSUD Indrasari Rengat secara umum sudah efektif dengan pencapaian sebagian besar target pelayanan dan sikap petugas yang ramah. Namun, terdapat hambatan seperti sistem antrean yang belum terintegrasi secara digital, keterbatasan sumber daya manusia pada jam sibuk, kurangnya informasi dan media edukasi bagi pasien, serta minimnya inovasi teknologi dalam pelayanan. Simpulan penelitian menegaskan perlunya reformasi manajemen pelayanan berbasis teknologi, pelatihan berkelanjutan untuk petugas, dan peningkatan koordinasi sistem informasi agar pelayanan kesehatan dapat berjalan lebih efisien, cepat, dan sesuai harapan masyarakat.
Kata Kunci : Efektivitas Pelayanan, RSUD Indrasari Rengat, Sistem Antrean Digital, Integrasi Layanan, Adaptasi Teknologi
References
Akl, E.A., El-Jardali, F., Bou Karroum, L., El-Eid, J., Brax, H., Akik, C., Osman, M.H., Hassan, G., Itani, M., Farha, A., Pottie, K., & Oliver, S. (2015). Effectiveness of Mechanisms and Models of Coordination between Organizations, Agencies and Bodies Providing or Financing Health Services in Humanitarian Crises: A Systematic Review. PLoS ONE, 10.
Ashari, M., Lengkong, F. (2021). Efektivitas Pelayanan Kesehatan di RSUD Waisai.
Busetto, L., Wick, W., & Gumbinger, C. (2020). How to use and assess qualitative research methods. Neurological Research and Practice, 2.
Cresswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed. Methods Approaches. SAGE Publications.
Dalton-Locke, C., Marston, L., McPherson, P., & Killaspy, H. (2021). The Effectiveness of Mental Health Rehabilitation Services: A Systematic Review and Narrative Synthesis. Frontiers in Psychiatry, 11.
Engineer, C.Y., Dale, K., & Farhat, N. (2016). Patient-centered care and health system reform. Health Affairs.
Hernández-Zambrano, S.M., Mesa-Melgarejo, L., Carrillo-Algarra, A.J., Castiblanco-Montañez, R.A., Chaparro-Díaz, L., Carreño-Moreno, S.P., Rico- 97 Salas, R.G., Marles-Salazar, M.A., Diaztagle-Fernández, J.J., & ArdilaRodriguez, H. M. (2018). Effectiveness of a case management model for the comprehensive provision of health services to multi‐pathological peopleNo Title. Journal of Advanced Nursing, 75, 665–675.
Khotami, K., Setiawan, R., Aprilla, I., & Andhira, A. (2023). The Effectiveness of the Implementation of the Learning Process During the 2019 Coronavirus Disease Pandemic in Ukui District, Pelalawan Regency. KEMUDI: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 8(1), 67-73.
Lincoln, D. &. (2009). The SAGE Handbook of Qualitative Research. SAGE Publications.
Muhammad Rafli. (2023). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Clinical Pathway Pada Rsud Dr. Fauziah Bireuen. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34618
Rauf, R. (2017). Perubahan Kedudukan KelurahanDari Perangkat Daerah Menjadi Perangkat Kecamatan. Jurnal Pemerintahan, Politik Dan Birokrasi, 3(1), 4–5. https://journal.uir.ac.id/index.php/wedana/article/view/1810/1130
Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 10.18196/Jmmr.2016, 6(1), 9–15. https://doi.org/10.18196/jmmr.6122
Yoga, A. S. (2019). Efektivitas Layanan E-Samsat Riau dalam Upaya Peningkatan Penerimaan Pembayaran Pajak Kendaraan Beromotor di Provinsi Riau (Studi Kasus UPT Pengelolaan Pendapatan Simpang Tiga Bapenda Provinsi Riau). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Yulianti, D., & Syaripudin, D. (2023). Analisis Waktu Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Rekam Medis Di RSUD Majalaya. Health Information : Jurnal Penelitian , 1–9. https://myjurnal.poltekkes-kdi.ac.id/index.php/hijp/article/view/1002
















