MEDIA SOSIAL DAN GENERASI Z: ANTARA KESADARAN SOSIAL DAN FENOMENA FOMO
DOI:
https://doi.org/10.70248/jogapa.v2i3.2201Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara kesadaran sosial dan fenomena Fear of Missing Out (FOMO) pada Generasi Z pengguna aktif media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei deskriptif dan purposive sampling pada 72 responden berusia 15–24 tahun yang aktif menggunakan platform seperti TikTok, Instagram, WhatsApp, dan Twitter/X. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden aktif mengikuti isu sosial di media sosial, namun tingkat keterlibatan dalam menyuarakan isu tersebut masih relatif rendah. Fenomena FOMO ditemukan berperan dalam memotivasi interaksi sosial namun juga menimbulkan kecemasan dan tekanan psikologis. Media sosial berperan penting dalam meningkatkan kesadaran sosial Generasi Z, meskipun penggunaannya perlu disertai literasi digital dan pengendalian diri. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa media sosial memiliki dampak ganda bagi Generasi Z, dapat menjadi alat pemberdayaan maupun sumber stres, sehingga diperlukan strategi edukasi untuk mengoptimalkan manfaatnya dan mengurangi dampak negatif FOMO.
Kata Kunci : Generasi Z, Kesadaran Sosial, Fear Of Missing Out (FOMO), Media Sosial
References
Aji, W. T., Rosiana, M., & Musida, A. (2025). Hidup Demi Eksistensi dan Validasi di Tengah Tren FOMO Sosial Media. MANDUB : Jurnal Politik, Hukum, Sosial Dan Humaniora. https://journal.staiypiqbaubau.ac.id/index.php/Mandub/article/view/2174
Asyahidda, F. N., & Azis, A. (2024). Konformitas dan Penyimpangan: Perspektif Sosiologis tentang Pengalaman FoMO di Kalangan Generasi Z pada Media Sosial TikTok. Jurnal Socius: Journal of Sociology …. https://socius.ppj.unp.ac.id/index.php/socius/article/view/708
Cahyadi, A. (2021). Gambaran fenomena Fear Of Missing Out (FOMO) pada generasi Z di kalangan mahasiswa. Widya Warta. https://jurnal.ukwms.ac.id/index.php/warta/article/view/6165
Hamida, A. R. (2022). FoMO dalam Kebiasaan Generasi Z Menonton Platform Streaming. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi. https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRMK/article/view/1079
Karuni, N. P. P., & Cahyani, N. P. E. (2023). Upaya Pelestarian Budaya Asli Indonesia Melalui Fenomena Fomo Generasi Z Di Media Sosial Tiktokmenuju Indonesia Emas. Jurnal Pekan Ilmiah. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/view/6167
Kurniawan, F. R., & Manik, D. G. I. (2025). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumsi Skincare Gen Z. Jurnal ROE. https://e-journal.penerbit-altafcorp.com/index.php/roe/article/view/23
Namira, A. C., Rahmiaji, L. R., & Setyabudi, D. (2024). Digital Dan Tingkat Fear Of Missing Out (Fomo) Terhadap Perilaku Penyebaran Hoaks Politik Di Media Sosial Pada Kalangan Generasi Z. Interaksi Online. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/48771
Paramyta, D. S. (2023). Peranan Kesadaran Hukum Generasi Z Dalam Berintraksi Di Media Sosial. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/2995
Pebriani, D., & Aramico, B. (2025). Studi Eksplorasi Penggunaan Akses Sosial Media Terhadap Kecemasan Pada Remaja Gen Z Di Kota Meulaboh. Jurnal PREPOTIF. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/view/43442
Permatasari, J. F., & Alkatiri, N. R. (2024). Terjebak di Dunia FOMO: Tantangan Mental Generasi Z di Era Media Sosial. In Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya. proceeding.unesa.ac.id. https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/sniis/article/download/3878/1161
Puspitasari, C. A., & Kamaludin, M. (2025). Pengaruh Fenomena Fear Of Missing Out (Fomo) Terhadap Tingkat Kecemasan Dan Kepuasan Hidup Mahasiswa Gen Z Di Media Sosial. IIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(1298–1310). Https://Jicnusantara.Com/Index.Php/Jiic/Article/View/2327
Putri, T. A. W., & Hapsari, M. T. B. (2024). Hubungan Self Acceptance Dan Fear Of Missing Out (Fomo) Mahasiswa Generasi Z Pengguna Aplikasi Tiktok. Jurnal Bimbingan Konseling Dan HUmaniora. https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/CONS/article/view/2624
Rahmawati, Y., & Lestari, B. P. (2025). Kemandirian Generasi Z dalam Politik: Studi Tentang FoMO dan Media Sosial. Jurnal Komputer, Informasi Dan Teknologi, 5(1), 1–12. https://penerbitadm.pubmedia.id/index.php/KOMITEK/article/view/2269
Sa’idah, I., Laily, N., & Liyana, E. (2025). Perilaku Konsumtif Gen Z di Era Digital: Studi Kasus di Kabupaten Pamekasan. DA’WA: Jurnal Bimbingan. http://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/dawa/article/view/655
Sabrina, R. (2024). Penggunaan Media Sosial Dan Fenomena Fear Of Missing Out Di Kalangan Siswa Smait Persis Palu. Journal Of Islamic Community And Development, 3(2), 96–107. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/jicd/article/view/3676
Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E. R., A., N., H., Hasibuan, & G, P. B. (2024). Peranan Media Sosial Instagram terhadap Interaksi Sosial dan Etika pada Generasi Z. Journal on Education, 6(2), 11029-11037.
Sinulingga, D. Y. B. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Generasi Z Terhadap Sindrom Fear of Missing Out (Fomo) di Desa Tano Tinggir Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun. repositori.uma.ac.id. https://repositori.uma.ac.id/jspui/handle/123456789/25044
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Raja Grafindo Persada.
Sujarwo, S., & Safitri, D. (2025). Analisis Fenomenologi Pengguna Aktif Instagram Bagi Generasi Z. Jurnal Intelek Insan Cendikia. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/3231
Ustushfia, K. N., Naryoso, A., & Nugroho, A. (2023). INISIATIF KETERBUKAAN DIRI GENERASI Z DENGAN SINDROM FEAR OF MISSING OUT (FOMO). Interaksi Online. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/40860
Via, H. (2025). Hubungan Antara Kesepian Dengan Kecenderungan Kecanduan Tiktok Pada Generasi Z. repository.radenintan.ac.id. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/38103
Yosida, E. (2025). Persepsi Gen Z Mengenai Perilaku Oversharing di Media Sosial. In IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora. journals.upi-yai.ac.id. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/4200/3196
















