ARTIFICIAL INTELLIGENCE DI MATA GEN Z: SAHABAT DIGITAL ATAU ANCAMAN MASA DEPAN

Authors

  • Linda Aulia Universitas Syiah Kuala
  • Ahsanul Taqwim Universitas Syiah Kuala
  • Nurul Kamaly Universitas Syiah Kuala
  • Bustami Usman Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.70248/jogapa.v2i3.2140

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman, persepsi, serta kesiapan Generasi Z dalam menghadapi perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik survei melalui kuesioner online kepada 22 mahasiswa berusia 17–25 tahun yang telah memiliki pengalaman menggunakan teknologi AI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden telah akrab dan aktif menggunakan AI, terutama melalui media sosial, dengan tingkat pemahaman yang cukup tinggi. Sebagian besar responden menilai AI lebih banyak memberikan manfaat, terutama dalam mempermudah pekerjaan dan pembelajaran, meskipun tetap disertai kekhawatiran terhadap ancaman penggantian pekerjaan dan penyalahgunaan teknologi. Semua responden menyatakan minat untuk mempelajari AI lebih lanjut dan mayoritas mendukung regulasi ketat terhadap penggunaannya. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Generasi Z menunjukkan kesiapan yang cukup baik dalam menghadapi perkembangan AI, namun tetap memerlukan penguatan literasi teknologi dan etika digital agar pemanfaatan AI lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Kata Kunci : Artificial Intelligence (AI), Generasi Z, Persepsi Mahasiswa, Regulasi Teknologi, Literasi Digital

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Alalwan, A. A., Dwivedi, Y. K., Rana, N. P., & Algharabat, R. (2022). Artificial intelligence adoption: A review of the literature and future research agenda. International Journal of Information Management, 62, 102423.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.

Farwati, M., Talitha Salsabila, I., Raihanun Navira, K., Sutabri, T., & Bina Darma Palembang, U. (2023). Analisa pengaruh teknologi artificial intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Sistem Informatika dan Menejemen, 11(1), 41–42.

Hidayat, R., Sari, S. A., Juniati, D., & ... (2023). Analisa Angka Literasi Digital Pada Generasi Z. Seminar …, 2, 98–102. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/424

Mardiah, H., & Nissa, K. (2023). Generation Z students’ perspectives on Artificial Intelligence (AI) technology in English language learning. New Language Dimensions, 5(1), 1–11.

Nabila Patimah, N., Rahmanita, M. A., & Raharja, R. M. (2024). Adaptasi Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Pada Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 1(1), 157–166. https://doi.org/10.62951/prosemnasipi.v1i1.18

Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants. On the Horizon, 9(5), 1–6.

Rodliyah, U. (2024). Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Informasi Generasi Z. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 10(1), 77–90. https://doi.org/10.14710/lenpust.v10i1.57381

Russell, S., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach (4th ed.). Pearson.

Satrio, D. A., Tukan, A. N., & Abatan, Y. (2024). Seruan Apostolik Christus Vivit Terhadap Dampak Negatif Artificial Intelligence Bagi Kaum Muda. Jurnal Ilmu Religi dan Humaniora, 6(2), 126–134. https://doi.org/10.37364/jireh.v6i2.278

Seemiller, C., & Grace, M. (2019). Generation Z: A Century in the Making. Routledge.

Siti Masrichah. (2023). Ancaman Dan Peluang Artificial Intelligence (AI). Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 3(3), 83–101. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1860

Tentang, F., Dan, K., Etis, K., Rosyadi, Z., & Kasanah, S. U. (2025). Generasi Z dan Tantangan Moral di Era AI: Kajian. Jurnal Pemikiran Islam, 5(2), 10–15. https://doi.org/10.59818/jpi.v5i2.1404

Valino, L., Faturrohman, M. R., Dwi, M., Pendidikan, T., & Buatan, K. (2024). Persepsi Mahasiswa Teknologi Pendidikan Terhadap Penggunaan AI dalam Pembuatan Media Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 76.

Walton Family Foundation, GSV Ventures, & Gallup. (2025). Gen Z is still anxiously using AI: Poll. Axios.

Downloads

Published

2025-06-14

Issue

Section

Articles