ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM ZIGMARIE HOMESET & FASHION)
DOI:
https://doi.org/10.59407/jmie.v1i4.982Keywords:
Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, UMKM Kain PercaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pemasaran dan pengembangan UMKM ZigmaRie Homeset & Fashion yang bergerak di bidang kain perca. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan pengumpulan data melalui data primer dan sekunder. Hasil analisis matriks SWOT menunjukkan bahwa terdapat strategi alternatif yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kinerja UMKM ZigmaRie. Peningkatan keterampilan melalui pelatihan diharapkan dapat berdampak pada inovasi dan kualitas produk yang lebih tinggi. Hasil analisis matriks IFE dan EFE menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal memiliki skor 3,99 dan 2,75, menunjukkan bahwa UMKM ZigmaRie berorientasi pada pertumbuhan. Posisi pada diagram analisis SWOT berada pada kuadran 1, yang menunjukkan strategi yang sangat menguntungkan dengan memanfaatkan peluang yang ada sambil meminimalkan kelemahan dan mengatasi ancaman. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan penerapan strategi yang tepat, UMKM ZigmaRie Homeset & Fashion dapat bertahan, terus berinovasi, dan bersaing dengan efektif di pasar. Penerapan strategi berbasis analisis SWOT memungkinkan UMKM untuk memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada serta mengatasi kelemahan dan ancaman, sehingga mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, UMKM Kain Perca
References
Ardiana, I. D. K. ., Brahmayanti, I. ., & Subaedi. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1), pp.42-55. https://doi.org/10.9744/jmk.12.1.pp. 42-55
Asrikamongga, A., Wahono, B., & Bastomi, M. (2024). Vol. 12. No. 01 ISSN : 2302-7061. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 639–649.
Dhava Ferdyansyah, M., Bagus Ramadhan, P., Tri Widyastuti, D., Lathifa Meida, N., Rizky Ramadhan, M., Wardhani, K., & Restu Justitian, E. (2022). Pengembangan UMKM Jamu Dusun Sumberdadi, Jombang Melalui Re-Branding Identitas Logo Njampi. KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 53–61.
Faizah, M., Azzahro, S., N, I. L. S., & Himmah, F. (2022). Pemanfataan Limbah Kain Perca menjadi Dotapouch. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 101–104. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i2.2917
Handayani, F. rahma, Wahyuni, N., Saindah, S. nur, Lomonahasibuan Wiwin, Anisa fadilah, Rahmi, A., & Siregar, A. (2022). Pengabdian Masyarakat Dengan Pemanfaatan Kain Flanel Kerajinan Tangan Di Desa Siuhsiregar, A., & Umkm, K. (2022). Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa ( Jpma ) Volume 4 No . 3 Desember 2022 Pengabdian Masyarakat Dengan Pemanfaatan Kain Flanel Kerajinan Tanga. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa ( JPMA ), 4(3), 207–211.
Hartaroe, B. P., Mardani, R. M., & Abs, M. K. (2016). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Pentol Pedas Alesha Bumiayu Kota Malang). Jurnal Riset Manajemen, 19, 82–94.
Hartiningrum, E. S., Maarif, S., & Rakhmawati, N. (2020). 667-Article Text-1340-1-10-20201104. Comvice : Journal of Community Service, 4(2), 37–42.
Ipandang, I. (2021). Pemberdayaan Perempuan Masyarakat Tolaki Berbasis Home Industri melalui Kerajinan Kain Perca sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Keluarga. NGARSA: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 1(1), 69–82. https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i1.146
Kementrian Koperasi dan UMKM. (2023). Data UMKM Indonesia. https://www.kemenkopukm.go.id/data-umkm
Mulyani, L., et al. (2021). Pemanfaatan Limbah Kain Perca Menjadi Produk Yang Mempunyai Nilai Jual Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga. Al-Mu’awanah, 2(2), 77–84. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ajpm/article/view/9606/pdf
Pamungkas, B. A., Endra, E. D. N., & Raharjo, G. D. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran UMKM Studi pada UMKM Boneky. Journal of Research on Business and Tourism, 2(1), 57. https://doi.org/10.37535/104002120225
Pekerti, L. G. P. K. (2022). Menelisik Strategi Daya Saing Dan Ketahanan Usaha Di Tengah Maraknya Toko Modern. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 157–166. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3836
Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427
Sianturi, R. D. (2020). Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 45–50. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i1.118
Stanton, W. J., Purnomo, P., Setiawan, R., Wisnu, F. S., Octa, A., Kurniawan, R., Sukma, A., Kotler, P., Keller, K. L., Fuad, M., H, C., Nurlela, Sugiarto, F, P. Y. E., Cahyati, I. F., Lubis, N., & Susanta, H. (2019). Prinsip Pemasaran. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 77–84. https://distribusipemasaran.com/8-tahap-proses-pengembangan-produk-baru-new-product-development-process/
Suandari et al. (2023). Strategi meningkatkan daya saing UMKM kerajinan tangan “Indra Bambu Tigawasa.” Jurnal Bakti Saraswati, 12(01), 28–38. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/baktisaraswati/article/view/7205/5445
Sudaryanti, D., Bastomi, M., & Sholehuddin, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk Industri Kreatif Melalui Pelatihan Packaging Dan Packing Di Rw 01 Kelurahan Kedungkandang Kota Malang. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 434–441. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1861
Suprayitno, H., & Martanti, E. M. (n.d.). Strategi Pengembangan UMKM Batik Desa SumberjoSutojayan Kabupaten Blitar. Vol. 2, pp.
Tiara Devani, F., & Utari, M. (2023). Strategi Pengembangan E-Commerce Pada Galeri Tenun Pipit Songket Palembang Menggunakan Analisis Swot. Jurnal Visionida, 9(1), 113–124. https://doi.org/10.30997/jvs.v9i1.8498
Yulietta, A. L., Sianturi, A. A. G., & Kurniawan, M. P. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Home Industry Melalui Pendekatan Analisis SWOT Di Kelurahan Nginden Jangkungan. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 176–186. https://doi.org/10.56855/jcos.v1i3.520


















