ANALISIS PENGARUH PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION, PERSONEL, PROCESS, DAN PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAGERJEK (TRANSPORTASI OJEK ONLINE LIWA)
DOI:
https://doi.org/10.59407/jmie.v1i4.905Keywords:
product, price, place, process, promotion, physical evidence, kepuasan pelanggan, marketing mixAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh variabel Product, Price, Place, Promotion, Personel, Process, dan Physical Evidence terhadap kepuasan pelanggan Magerjek (Transportasi Ojek Online Liwa) di kota Liwa, Lampung Barat. Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi telah mengubah lanskap transportasi secara signifikan, mempengaruhi cara perusahaan transportasi menyediakan layanan kepada pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode analisis uji t untuk menguji pengaruh parsial masing-masing variabel terhadap kepuasan pelanggan, serta uji F untuk mengevaluasi pengaruh bersama-sama variabel tersebut. Data dikumpulkan melalui survei kepada pelanggan yang menggunakan aplikasi Magerjek, dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Product, Price, Personel, dan Process secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Magerjek. Sementara itu, variabel Place, Promotion, dan Physical Evidence tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Uji-F menegaskan bahwa secara bersama-sama, ketujuh variabel tersebut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Magerjek. Implikasi dari temuan ini menyarankan perlunya peningkatan pada aspek-aspek yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, serta pentingnya pengelolaan dan penyesuaian strategi dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan dalam layanan transportasi berbasis aplikasi di Indonesia.
Kata Kunci : Product, Price, Place, Promotion, Personel, Process,Physical Evidence,Marketing Mix, Kepuasan Pelanggan
References
Alfajar, F., Mustainah, Tawil, M., & Polii, J. J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Makassar Jeans House Kota Palu. 1(1996).
Gunawan, G. L. C. (2020). Bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian. 5.
Hafiz, A. (2024). Standardisasi Pelayanan Transportasi Dan Akomodasi Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah Umrah Pada Pt . Tanur. January. https://doi.org/10.15408/jmd.v11i2.36592
Kadarisman, M., Gunawan, A., & Ismiyati. (2015). Implementasi Kebijakan Sistem Transportasi Darat dan Dampaknya terhadap Kesejahteraan Sosial di Jakarta Policy Implementatation Of Land Transportation System and Its Impact Towards Social Welfare In Jakarta. 02(01), 59–78.
Khotimah, K., & Jalari, M. (2021). Menguji Marketing Mix 7p Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Sukoharjo. 7(May), 81–94.
Pratama, D. W., & Santoso, S. B. (2018). Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original. 7, 1–11.
Pujiastuti, R. R., & Samekto, P. A. (2019). Pemanfaatan Transportasi Laut Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Sektor Pariwisata Ratna. 19, 151–164.
Purwati, A. A., Malau, R. F., & Hamzah, M. L. (2020). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen. 8(1), 74–93.
Suryani, E., & Pamudi. (2018). Penerapan Sistem Dinamik dalam Intelligent Transport Systems ( ITS ) untuk Meningkatkan Efektifitas , Efisiensi , dan Safety ( Study Kasus Dinas Perhubungan Kota Surabaya ). 3(1), 19–25. https://doi.org/10.25139/ojsinf.v3i1.570
Waliya, I., Choiriyah, & Fadilla. (2023). Analisis Penerapan Bauran Pemasaran 7P ( Marketing Mix ) Pada Penjualan Produk Dalam Meningkatkan Pendapatan Di Khadijah Galery Palembang. EKOMAN: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 131–142.


















