PENGARUH EASE OF USE DAN PERCEIVED ENJOYMENT TERHADAP REPURCHASE INTENTION TIKET BIOSKOP DI APLIKASI TIX ID

Authors

  • Retno Dewi Wijiastuti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Fadia Frisayanti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nur Aeni Waly Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Jondeway Andi Hasan Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.59407/jmie.v1i4.901

Keywords:

Kata Kunci: Ease Of Use, Perceived Enjoyment, Niat Beli Ulang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kemudahan pengguna dan kenikmatan yang dirasakan terhadap niat beli ulang tiket bioskop melalui aplikasi TIX ID di Kota Sorong. Variabel independen yang diteliti adalah kemudahan pengguna (X1) dan kenikmatan yang dirasakan (X2), sedangkan variabel dependen adalah niat beli ulang (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-probability dengan teknik Purposive Sampling, melibatkan 353 responden yang merupakan konsumen yang pernah membeli tiket bioskop minimal dua kali melalui aplikasi TIX ID. Analisis data menunjukkan bahwa kemudahan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung (14,341) lebih besar dari t tabel (1,967). Begitu pula, kenikmatan yang dirasakan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung (5,713) melebihi t tabel (1,967). Hasil ini menunjukkan bahwa meningkatkan kemudahan dan kenikmatan penggunaan aplikasi TIX ID dapat mendorong pengguna untuk memiliki niat beli ulang secara berkelanjutan di masa depan. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan memperkuat pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli ulang dalam konteks aplikasi penjualan tiket bioskop berbasis digital. Simpulan, bahwa pentingnya pengembang aplikasi untuk fokus pada meningkatkan pengalaman pengguna, baik melalui kemudahan penggunaan maupun aspek kenikmatan yang dirasakan, guna mempertahankan loyalitas pengguna dalam jangka panjang.

Kata Kunci: Ease Of Use, Perceived Enjoyment, Niat Beli Ulang

 

References

Baskara, I., & Sukaatmadja, I. (2016). Pengaruh Online Trust Dan Perceived Enjoyment Terhadap Online Shopping Satisfaction Dan Repurchase Intention Lazada Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(11), 243782.

Erika Dwi Maryanti. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Perceived Risk, Dan Perceived Enjoyment Terhadap Minat Beli Tiket Menggunakan Aplikasi TIX ID di XXI Dutamall Banjarmasin. Jurnal Repo ULM. URI: https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/41501

Irmadhani, & Nugroho, M. A. (2012). Pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan dan. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 1–20.

Irwanto, M. R., & Subroto, W. T. (2022). Pengaruh kepuasan konsumen dan promosi terhadap niat pembelian ulang konsumen shopee saat pandemi. 17(2), 289–302.

Ivan Naufaldi, & Miharni Tjokrosaputro. (2020). Pengaruh Perceived Ease of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Intention To Use Aplikasi M-Tix Di Surabaya. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(3), 715–722.

Juniwati, J. (2015). Pengaruh Perceived Ease of Use, Enjoyment dan Trust Terhadap Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction Sebagai Intervening pada Belanja Online (Studi Pada Mahasiswa Universitas Tanjungpura Pontianak). Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(1), 140. https://doi.org/10.26418/jebik.v4i1.11465

Kristanto, H., & Firdausy, C. M. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Attitude toward Using dan Sales Promotion terhadap Repurchase Intention Tiket Bioskop Pengguna Aplikasi TIX-ID. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 226. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i3.11854

Monica, F., & Japarianto, E. (2022). Analisa Pengaruh Perceived Ease of Use Dan Melalui Perceived Enjoyment Terhadap Behavior Intention Pada Digital Payment. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(1), 9–15. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.1.9-15

Oktarini, M. A. S., & Wardana, I. M. (2018). Peran Customer Satisfaction Memediasi Pengaruh Perceived Ease Of Use dan Perceived Enjoyment Terhadap Repurchase Intention. E- Jurnal Manajemen Unud, 7(4), 2041–2072

Purnamasari, R. D. A., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Perceived Risk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Paylater. Jurnal Manajemen, 13(3), 420–430.

Salsabila, C., Umbara, T., & Setyorini, R. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Somethinc. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(4), 668–679. https://doi.org/10.37606/publik.v9i4.405

Subagio, D. P. W., Mugiono, M., & Hadiwidjojo, D. (2018). The Influence of Perceived Ease of Use on Repurchase Usefulness and Trust as a Mediation Variable. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 35–44.

Suhari, Y., Agus Diartono, D., & Jananto, A. (2019). Kemudahan dan Kegunaan Serta Pengaruhnya Terhadap Niat Menggunakan E-Learning. Proceeding SINTAK, 167–174.

Downloads

Published

2024-07-10

Issue

Section

Articles