OPTIMALISASI STRATEGI GREEN PRODUCT, GREEN MARKETING DAN KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP PROGRESIF UMKM DI KABUPATEN LAMPUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.59407/jmie.v1i4.827Abstract
Penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi progresif Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan fokus pada green product, green marketing, dan karakteristik wirausaha sebagai variabel penelitian. Data dianalisis menggunakan SPSS 25,0 untuk menguji hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa green product tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap progresif UMKM, sedangkan green marketing dan karakteristik wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap progresif UMKM. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya strategi pemasaran yang berorientasi pada keberlanjutan (green marketing) serta pengembangan karakteristik kewirausahaan yang mendukung pertumbuhan UMKM. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemajuan UMKM di Indonesia, yang relevan dalam konteks kebijakan ekonomi nasional seperti Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan implementasi UU Cipta Kerja. Peningkatan kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) serta penyerapan tenaga kerja nasional menegaskan pentingnya mendukung sektor UMKM sebagai pilar ekonomi yang kuat dan inklusif di Indonesia.
Kata Kunci : Green Product, Green Marketing, Karakteristik Wirausaha
References
Alfian, V. M. (2021). Peran Anak Muda Melakukan Inovasi untuk UMKM di Masa dan Pasca Pandemi. Prosiding Seminar Nasional …, 1, 7–26.
Aliah, S., Trihantana, R., & Suryani, E. (2021). Penyuluhan Pentingnya Peranan Keluarga Terhadap Pengembangan Minat Berwirausaha Ekonomi Dan Bisnis Islam Dalam Diri Seorang Anak. Sahid Empowerment Journal, 1(01). https://doi.org/10.56406/sahidempowermentjournal.v1i01.22
Amelia, D. (2022). Strategi Pemulihan Bisnis Micro Pasca Pandemi Covid-19: Startegi, Bisnis Micro, Pandemi Covid-19. Jurnal Fokal Penelitian Manajemen & Sekretari, 1(1), 1–16. https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jfomas/article/view/5
Amnawaty, A., & Baringbing, M. S. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Bandar Lampung. Crepido, 4(1), 12–22. https://doi.org/10.14710/crepido.4.1.12-22
Ananda Nasyatul K, & Subagyo. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Brand Ambassador Dan Green Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Innisfree Central Park Mall. Jurnal Manajemen, 5(1), 42–58. https://doi.org/10.54964/manajemen.v5i1.149
Bahri, B. B. (2022). Dampak Green Product Dan Green Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing Kelompok Uppks “Kalipakem Baru”: Dimediasi Etika Lingkungan Bisnis. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 27(1), 1. https://doi.org/10.20961/jkb.v27i1.52113
Dhamayantie, E., & Fauzan, R. (2017). Penguatan Karakteristik Dan Kompetensi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kinerja Umkm. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, March. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2017.v11.i01.p07
Diandra, D. (2019). Program Pengembangan Kewirausahaan Untuk Menciptakan Pelaku Usaha Sosial Yang Kompetitif. Jurnal Administrasi Publik, 10(1), 1340–1347. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/1424
Hendarsih, I. (2017). Analisis Konsep Green Product sebagai Pelaksanaan Etika Bisnis pada Perusahaan. Widya Cipta, 1(1), 76–85.
Maryanto, M., Chalim, M. A., & Hanim, L. (2022). Upaya Pemerintah Dalam Membantu Pelaku Usaha Umkm Yang Terdampak Pandemi Covid-19. Audi Et AP : Jurnal Penelitian Hukum, 1(01), 1–11. https://doi.org/10.24967/jaeap.v1i01.1484
Purwanti, E. (1977). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Lipids, 12(1), 66–74. https://doi.org/10.1007/BF02532975
Satriadi, Supriatna, A., Agusven, T., & Kusuma, S. (2024). Pengaruh Pemasaran Hijau Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Minomlok Coffe Meet Dan Eatery. 4(02), 7823–7830.
Setiawan Santoso, F. (2020). Lingkungan Keluarga Sebagai Awal Pengembangan Kewirausahaan Islam. 5(1), 13–24.
Silfina, I., & Maksum. (2024). Implementasi Strategi green marketing Di Kantin Amanah PPA lubangsa Utara Putri Indonesia. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 7(1), 79–98. https://doi.org/10.52166/adilla.v7i1.4858
Sudarko, & Prabowo Tjitropranoto. (2013). Telaah Perubahan Paradigma Kewirausahaan dari Perspektif Inovasi Ekonomi dan Sosial. SSRN Electronic Journal, 1(2), شماره 8; ص 99-117. http://www.eldis.org/vfile/upload/1/document/0708/DOC23587.pdf%0Ahttp://socserv2.socsci.mcmaster.ca/~econ/ugcm/3ll3/michels/polipart.pdf%0Ahttps://www.theatlantic.com/magazine/archive/1994/02/the-coming-anarchy/304670/%0Ahttps://scholar.google.it/scholar?
Suprana Gede. et al. (2018). Menciptakan Green Brand Personality Bagi Merek. Jurnal Manajemen Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 1, 153–166.
Yulfita Aini, & Sulastri. (2022). Dampak Green Product Dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Merek Aqua. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 599–609. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i1.1478


















