PENGARUH E-COMMERCE, WORD OF MOUTH, PRODUCT INOVATION DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPPE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN UNIVERSITAS MALAHAYATI
DOI:
https://doi.org/10.59407/jmie.v1i3.725Keywords:
E-Commerce, Word Of Mouth, Product Inovation, Influencer dan Keputusan PembelianAbstract
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada pengguna marketplace Shopee pada Mahasiswa Manajemen, terdapat beberapa permasalahan yang perlu diteliti dalam penelitian ini yakni mengenai pengaruh e-commerce, word of mouth, product inovation dan influencer terhadap keputusan pembelian marketplace shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna Shopee dalam melakukan keputusan pembelian di Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Manajemen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan merupakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-commerce, word of mouth, product inovation dan influencer berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Sedangkan dari hasil uji simultan diketahui bahwa e-commerce, word of mouth, product inovation dan influencer berpengaruh secara simultan atau secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.
References
Amir, Z. 2018. Pengaruh Product Innovation Terhadap Keunggulan Bersaing pada Perusahaan Batik di Kota Pekalongan. Jurnal Manajemen, 1(8), 1–12.
Assauri, Sofjan. 2017. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep Dan Strategi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Ade Priangani, 2013. Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global Jurnal Kebangsaan, Vol.2 No.4 x
Aco, Ambo and Andi Hutami Endang. 2017. “Analisis Bisnis E-Commerce Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.” Jurnal Teknik Informatika 2:1–13.
Amalia dan Sagita, 2019. analisis Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya, Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial; ISSN: 1411-5344, Volume 20 Nomor 2
Arti Sukma Lengkawati Taris Qistan Saputra. 2021 Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Elzatta Hijab Garut), Prismakom Vol. 18 No. 1
Fhonna, R. A., & Sorayanti Utami. (2018). Pengaruh electronic word of mouth terhadap keterlibatan keputusan pembelian dan kepercayaan sebagai pemediasi pada konsumen shopee di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(3), 20–32
Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung : Alfabeta.
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen. Jurnal Eksekutif Volume 15, 5.
Hubeis 2012. Manajemen Kreativitas dan Innovation Dalam Bisnis. Jakarta. Penerbit: PT. Hecca Mitra Utama.
Irawan Adimas G. Saputra, Nooralailie Soewarno, dan Isnalita (2019), Faktor- Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Kegiatan Bisnis Berbasis E-commerce
I Gusti Ngurah Satria Wijaya (2022), Pengaruh electronic word of mouth (E-WOM), persepsi risiko terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi dari e-commerce Tokopedia, Jurnal Penelitian.
Jalilvand, M.R. & Samiei, N. (2012), The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention: An Empirical Study in the Automobile Industry in Iran, Marketing Intelligence & Planning. Vol.30 No.4, pp.460-476.
Kamtarin, M. (2012). Effect of Electronic Word of Mouth, Trust and Perceived Value on Behavioral Intention from The Perspective of Consumer. Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 1.
Kartajaya, Hermawan. 2018. Connect! Surving New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia.
Kertamukti, R. (2017). Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education, Inc.
Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principle of Marketing (16th ed). North Carolina: Pearson Education Limited
Litvin, S. W., Goldsmith, R. E., & Pan, B. (2018). Electronic word-of-mouth in hospitality and tourism management. 29, 458–468. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2007.05.011
Nabila, Triskia Ayu. 2020. Pengaruh Desain, Persepsi Harga, Dan word of mouth terhadap Keputusan pembelian (Studi Kasus Angkringan Bae Purwokerto). Skripsi. IAIN Purwokerto.
Nugroho. (2016). E-Commerce Teori dan Implementasi. Yogyakarta: EKUILIBRIA.
Ni Kadek Lendri Pebriyanti (2022), Pengaruh Promosi Online dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Penelitian.
Priansa, Doni Juni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta.
P melati. 2020 “Electronic Word Of Mouth, Brand Ambassador, Dengan Minat Beli Sebagai Faktor Mediator Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee Serta Tinjauanya Dari Sudut Pandang Islam (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas YARSI Program Studi Manajemen 2016).
Saragih, Hoga dan Rizky Ramdhany. 2012. Pengaruh Intensi Pelanggan Dalam Berbelanja Online Kembali Melalui Media Teknologi Informasi Forum Jual Beli (FJB) KASKUS. Journal of Information Systems, 8(2), h: 100-112
Schmitt, Bernd, Lia Zarantonello. 2017. “Customer Experience and E-commerce: A Critical Review, in Naresh K. Malhotra (ed.) Review of Marketing Research: Emerald Group Publishing Limited”. Vol. 10, pp. 25–61.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RdanD. Penerbit: Alfabeta, Bandung
Sunyoto, Danang. 2018. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan Ke-2. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Hamdan, Yandri Sudodo , Putri Reno Kemalasari (2018), implementasi e-commerce sebagai media promosi terhadap
Ibrahim, A., Ermatita, Oklilas, A. F., Sari, P., Utama, Y., & Kurnia, R. D. (2022). Peningkatan Pengetahuan Teknologi Informasi untukmasyarakatKelurahan Mariana Ilir Kecamatan Banyuasin Ilir Kabuaten Banyuasin Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 3(1), 207-212. doi:https://doi.org/10.54082/jamsi.571


















