LITERATURE RIVIEW: PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PERUSAHAAN MANUFAKTUR)

Authors

  • Fera Anggraeni
  • Ferli Pebrianti
  • Yaya Nuralfaiza

DOI:

https://doi.org/10.59407/jmie.v1i3.709

Keywords:

Corporate Social Responsibility (CSR), Nilai Perusahaan

Abstract

Tingginya nilai perusahan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah keberlanjutan perusahaan. Nilai perusahaan mengacu pada kondisi tertentu yang telah dicapai perusahaan, yang mencerminkan persepsi investor tentang seberapa baik manajer telah memanfaatkan sumber daya perusahaan yang telah dipercayakan kepada perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) memainkan peran penting dalam membangun citra positif dan meningkatkan daya saing perusahaan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan.  Metode penulisan penelitian ini menggunakan Sistematic Literature Review  (SLR), dengan megumpulkan beberapa literatur yang bersumber di google scholar selama tahun 2017 hingga 2024. Hasil temuan menarik kesimpulan bahwa CSR secara signifikan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan saran yang dapat diberikan oleh penulis adalah untuk menambahkan variable-variabel lain yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan manufaktur.

References

Aminah, A., & Dinata Pemuka, R. (2023). Kinerja Keuangan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility: Dampaknya Pada Nilai Perusahaan. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(5), 1127–1134. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i5.586

Atkinson, C. F. (2023). Cheap, Quick, and Rigorous: Artificial Intelligence and the Systematic Literature Review. Social Science Computer Review, 42(2), 376–393. https://doi.org/10.1177/08944393231196281

Dea Sonia, & Kania Nurcholisah. (2024). Pengaruh Likuiditas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Bandung Conference Series: Accountancy, 4(1), 86–93. https://doi.org/10.29313/bcsa.v4i1.10773

Himawan, I., Suwela, N., Sihombing, R. A., Fauzi, A., Studi, P., Informatika, T., Studi, P., Informatika, T., Studi, P., Informatika, T., Studi, P., Informatika, T., Studi, P., & Informatika, T. (2024). Geografi Informasi Sistem Peternakan Burung di Jabodetabek Menggunakan Metode SLR. 15(2), 236–249.

Judijanto, L., Fajariana, D. E., & ... (2024). Eksplorasi Penelitian Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dengan Pendekatan Bibliometrik. Sanskara …, 02(02), 115–123. https://doi.org/10.58812/smb.v2i02

Kholmi, M., & Nafiza, S. A. (2022). Pengaruh Penerapan Green Accounting dan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2019 ). Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 143–155. https://doi.org/10.18196/rabin.v6i1.12998

Kinasih, H. W., Isthika, W., & Amartiwi, T. F. (2021). Corporate Social Responsibility, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan: Sebuah Hubungan Dependensi. Jurnal Akuntansi Dan Audit Syariah (JAAiS), 2(1), 81–89. https://doi.org/10.28918/jaais.v2i1.4098

Kristanti, I. N. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(3), 551–558. https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i3.1484

Kristiadi, T., & Herijawati, E. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan SolvabilitasTerhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 651–657.

Loekito, V., & Setiawati, L. W. (2021). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017–2019. BALANCE: Jurnal Akuntansi, Auditing Dan Keuangan, 18(1), 1–26.

Munzir, M., Andriyan, Y., & Hidayat, R. (2023). Consumer Goods: Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dimediasi oleh Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi Dan Governance, 3(2), 153. https://doi.org/10.24853/jago.3.2.153-165

Octaviani, F., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2022). Strategi Komunikasi dalam Corporate Social Responsibility Perusahaan sebagai upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, 4(I), 21–33. https://doi.org/10.23969/humanitas.v4ii.4882

Putuhena, H., & Fauzan, M. R. (2024). KINERJA LINGKUNGAN , PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ( CSR ) DAN DIVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Environmental Performance , Corporate Social Responsibility ( CSR ) Disclosure and Dividend Payout Ratio on Company Value. 18(1), 26–33.

Rokhlinasari, S. (2017). Teori –Teori dalam Pengungkapan Informasi Corporate Social Responbility Perbankan Oleh: Sri Rokhlinasari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syek. Al-Amwal, 4(1), 9–15.

Selvia, S. M., & Virna Sulfitri. (2023). Pengaruh Green Accounting, Corporate Social Responsibility Dan Financial Distress Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bei 2019-2021. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(2), 3035–3048. https://doi.org/10.25105/jet.v3i2.17999

Shaumi, R. P., Srimindarti, C., Ekonomika, F., & Stikubank, U. (2022). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN , GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR TAHUN 2018-2020. 13, 1246–1256.

Ummul Khair, Hernadianto , Yusmaniarti, Y. A. R. (2023). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan LQ 45. Jurnal Ekombis Review – Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 627–640.

Utami, A. P., Rasyid, A., Kunna, A., Sundari, S., & Madein, A. (2023). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. 03(01).

Vitaloka, O., Andriyanto, R. W., Amelia, Y., & Indra, A. Z. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 4(2), 115–128. https://doi.org/10.35912/jakman.v4i2.1718

Yolanda, L., Bakkareng, & Sunreni. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Jurnal Pengembangan Ilmu Akuntansi & Keuangan, 4(2), 273–294.

Yusmaniarti, Y., Sumarlan, A., Astuti, B., & Ananda, N. A. (2023). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang Dimoderasi Corporate Social Responsibility. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 641–652. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3300

Zain, R. N. W., Hendriyani, C., Nugroho, D., & Ruslan, B. (2021). Implementation of CSR Activities from Stakeholder Theory Perspective in Wika Mengajar. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 3(1), 102–107. https://doi.org/10.31334/abiwara.v3i1.1846

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles