PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Aulia Aggraini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Jihan Nabila Istiqomah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Indri Ayuni Viana Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.59407/jmie.v1i3.694

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh  corporate social responsibility dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Studi ini menginvestigasi pengaruh CSR dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Data dari berbagai industri dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa CSR memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap nilai perusahaan, sementara ukuran perusahaan tidak secara signifikan mempengaruhi nilai perusahaan. Implikasi praktis dan teoritis dari temuan ini dibahas dalam studi ini, serta saran untuk penelitian selanjutnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SRL) dengan cara mengumpulkan literature review yang diperoleh dari google scholer dan menngunakan mandley dari tahun 2017-2023.

References

Bella Angraini, B. A., & Murtanto. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1823–1830. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.16424

Fransiska, M. O., Indahsari, M., & Situmorang, Y. S. (2021). Pengaruh Good Corporate Governance dan Kinerja Lingkungan terhadap Corporate Social Responsibility (Studui pada Perusahaan Manufaktur dan Pertambangan yang Terdaftar pada Bura Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017-2019). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, Dan Akuntansi, 6(1), 91–100.

Jannah, S. M. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 19(4), 219–234. https://doi.org/10.29259/jmbs.v19i4.16063

Pujiasih. (2013). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Intervening. Skripsi, 5(2016), 1–97. https://doi.org/10.20885/ncaf.vol5.art11

Rusmaningsih, R., & Setiadi, I. (2021). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Financial Performance Dengan Corporate Social Responsibility Disclosure Sebagai Variabel Intervening. Kompartemen : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 19(1), 25. https://doi.org/10.30595/kompartemen.v19i1.11219

Ummul Khair, Hernadianto , Yusmaniarti, Y. A. R. (2023). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan LQ 45. Jurnal Ekombis Review – Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 627–640.

Uy, W. S., & Hendrawati, E. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kinerja Lingkungan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Liability, 02(02), 87–108.

Vernando, J., & Erawati, T. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening: Studi Empiris Di Bei. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 15(1), 13. https://doi.org/10.21460/jrmb.2020.151.344

Yusmaniarti,Yusmaniarti; Marini Marini, A. J. (2022). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, MANAJEMEN LABA DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), 7(2), 271–282. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.32528/jiai.v7i2.8872

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles