PENGARUH SUBJECTIVE NORM, PERCEIVED USEFULNESS, DAN VIDEO REVIEW TERHADAP PURCHASE DECISION PADA APLIKASI ACE INDONESIA: MISS ACE MELALUI PURCHASE INTENTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
DOI:
https://doi.org/10.59407/jmie.v1i3.633Keywords:
Kegunaan yang Diperhatikan, Keputusan Pembelian, Niat Membeli, Norma Subjektif, Ulasan VideoAbstract
Meskipun ace hardware menduduki peringkat ke sebagai ritel dengan nilai konsumen tertinggi, akan tetapi laba ace hardware mengalami penurunan sejak 3 tahun terakhir. Meskipun ace hardware memiliki cabang di 57 kota di Indonesia namun masih ada kota-kota yang belum terjangkau oleh Ace hardware maka perlu dilakukan optimalisasi penjualan melalui aplikasi miss ace. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh berbagai faktor seperti norma subjektif, kegunaan yang dirasakan, ulasan video, keputusan pembelian, dan niat pembelian terhadap aplikasi miss ace. Penelitian ini melibatkan 100 responden aktif pengguna aplikasi miss ace yang telah melakukan minimal satu pembelian dalam 6 bulan terakhir. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data melalui formulir Google. Pendekatan yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung, norma subjektif, kegunaan yang dirasakan, dan ulasan video memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian. Norma subjektif dan kegunaan yang dirasakan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, namun ulasan video tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara tidak langsung melalui niat pembelian, norma subjektif, kegunaan yang dirasakan, dan usalan video berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Annur, C. M. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022
Ashghar, S. A., & Nurlatifah, H. (2020). Analisis Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, dan Perceived Risk terhadap Keinginan Membeli Kembali melalui e-Trust dan s-Satisfaction (Studi Kasus Pengguna Gopay pada Transaksi UMKM). Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(1), 40–52. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i1.459
Dewi, N. P. R. A., & Ardani, I. G. A. K. S. (2019). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Ulang Produk Fshion Via Online Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Unud, 5(1), 650–677.
Dra. Sulistiowati, M.Pd & Yusiana Safitri. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tentang Cara Membuat Puff Pastry Dough Untuk Mahasiswa Gelombang I Program Studi Pastry Dan Bakery di Surabaya Hotel School. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/15767
E Milawati Anggraeni. (2021). Pengaruh Norma Subjektif dan Kontrol Perilaku Terhadap Intensi Berwirausaha (Survey Pada Peserta Didik Jurusan Pemasaran dan Akuntansi di MAK Daarul Abroor Cisayong). http://repositori.unsil.ac.id/3101/3/BAB II.pdf
Hakam, M., Sudarno, & Hoyyi, A. (1994). Analisis Jalur Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Statistika Undip. Jurnal Gaussian, 4(1), 61–70. https://doi.org/10.2307/2532808
Henri. (2018). Kinerja, Motivasi,Kebutuhan, Lingkungan. In Angewandte Chemie.
Jayani, D. H. (2019). Tren Pengguna E-Commerce Terus Tumbuh. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023
Mulachela, H. (2022). Review Adalah Ulasan Singkat, Berikut Jenis dan Cara Melakukannya.Katadata.https://katadata.co.id/safrezi/berita/61e4f34f19cb7/review-adalah-ulasan-singkat-berikut-jenis-dan-cara-melakukannya
Najela, N. T. (2019). Pengaruh Norma Subjektif dan Persepsi Kontrol Perilaku terhadap Niat Beli Ulang.
Pahlevi, R. (2021). Indomaret, Ritel dengan Nilai Konsumen Tertinggi di Indonesia pada2021.Databoks.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/10/indomaret-ritel-dengan-nilai-konsumen-tertinggi-di-indonesia-pada-2021
Wayan Tobi Sanjaya Putra. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use Dan Perceived usefulness Terhadap Sikap Mahasiswa MenggunakanLms Darmajaya
Tobi Sanjaya Putra (2021). Waktu Orang Indonesia Mengakses Aplikasi Belanja Online Meningkat Drastis di 2021. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/19/waktu-orang-indonesia-mengakses-aplikasi-belanja-online-meningkat-drastis-di-2021
Pandanwangi, S. S. (2018). Usulan Nilai Relatif Jabatan Dengan Menggunakan Metode Poin Pada R.M Ayam Geprek Bu Sastro.
PT ACE Hardware Indonesia Tbk. (2022). Perlengkapan Rumah Tangga. Ace Hardware. https://corporate.Acehardware.co.id/en
Puspitasari, T. D., Putra, D. S. H., & Roziqin, M. C. (2017). Penerapan PATH Analysis Kepuasan Pengguna Terhadap NET - BENEFIT dan Intensitas Pengguna SIMRS. Jurnal Seminar Nasional Hasil Penelitian 2017, 156–162. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/776
Saputra, A., & Rafiq, M. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Dana.
Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 308–316.
Sirait, L. P., & Afrindo. (2021). Pengaruh Desain Produk, Daaya Tarik Iklan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda PCX (Studi Pada Honda PCX Club Jakarta). In Repository STEI. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta.


















