STRATEGI KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM BISNIS PENERAPAN KALIMAT YANG TIDAK AMBIGU UNTUK MENGHINDARI GAGAL PAHAM
DOI:
https://doi.org/10.59407/jmie.v1i3.609Keywords:
Bahasa Indonesia, efektif, komunikasi, bisnis, ambiguAbstract
Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting dalam kehidupan sehari-hari, ilmu pengetahuan, pendidikan, bahkan di dalam lingkup pekerjaan. Namun, semenjak munculnya arus globalisasi perkembangan penggunaan bahasa telah bergeser dan masyarakat seperti melupakan kodrat dari bahasa itu sendiri dan menggantinya dengan bahasa gaul, yang kadang-kadang tidak tepat dan dapat menyebabkan kesalahpahaman. Penggunaan bahasa gaul dalam konteks pekerjaan juga dapat menghambat kinerja serta bahkan bisa memutus relasi antar kolega atau rekan sekerja. Di dalam lingkup berbisnis penggunaan bahasa yang ambigu juga dapat mengganggu hubungan profesionalitas dan mengurangi efektivitas komunikasi. Komunikasi bisnis yang efektif sangatlah penting untuk mencapai tujuan, membangun hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan kolaborasi tim. Tantangan dalam komunikasi bisnis meliputi komunikasi lintas budaya dan kesalahan teknis dalam komunikasi daring. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran akan keberagaman budaya dan penyelesaian cepat dalam menghadapi masalah teknis untuk menjaga efektivitas komunikasi.
References
Anjani, A. (2018). Komunikasi Antar Pribadi dalam Hubungan Berpacaran yang Menimbulkan Konflik Kekerasan Psikis. Interaksi Online, 6(4), 501–513. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/21951
Assapari, M. M. (2014). Eksistensi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional dan Perkembangannya di Era Globalisasi. Prasi, 9(35), 29–37. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI/article/view/8943/5776
Dewi, A. C., Muchdy, A. J. L., Mael, V. K. S., Sumardi, M. E., Desember, Y. W., & A. Ahmad Nadil. (2023). Peran Bahasa Indonesia dalam Pembentukan Identitas Nasional. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 1(1), 1–14.
Firmansyah, H., Pratiwi, N. I., Hardiyanti, S. E., Ratih, S. D., Muliyani, A., Bangun, R., Fitriana, Y., & Utami, M. M. (2022). KOMUNIKASI BISNIS (SEBUAH TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS.
Hidayah, I., & Widodo, P. (2019). Produksi Bahasa Tulis Penutur Asing: Studi Kasus Melati. Widyaparwa, 47(2), 128–139. https://doi.org/10.26499/wdprw.v47i2.313
Ibda, H. (2017). Urgensi Pemertahanan Bahasa Ibu di Sekolah Dasar. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(2). https://doi.org/10.22515/shahih.v2i2.980
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261
Suminar, R. P. (2016). Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Unswagati. Jurnal Logika, XVIII(3), 1–23.
Susmita, D. A., Hasibuan, A., & Suhairi, S. (2021). Membuat Komunikasi Efektif Dalam Ekonomi Bisnis dan Kehidupan Sosial. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(2), 98–109. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v1i2.490
Utami, F. I. D. (2017). Efektivitas Komunikasi Negosiasi Dalam Bisnis. Jurnal Komunike, 9(2), 105–122.
Zahra, F., Sukoco, I., Auliana, L., & Barkah, C. (2022). Komunikasi Efektif Dalam Membangun Strategi Customer Relationship Management. GANDIWA Jurnal Komunikasi, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.30998/g.v2i1.1074
Zein Adin. (2023). Dasar-Dasar Komunikasi Bisnis. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(1), 33–42. https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i1.2324


















