PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK, INOVASI PRODUK, DIGITAL MARKETING DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING INDUSTRI KOPI DI LAMPUNG BARAT

Authors

  • Mibtahul Rohmah University of Malahayati
  • Rahyono Rahyono University of Malahayati
  • Euis Mufahamah University of Malahayati

DOI:

https://doi.org/10.70248/jmie.v3i1.3120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk, inovasi produk, digital marketing, dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing industri kopi di Kabupaten Lampung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 162 pelaku industri kopi, dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi produk dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, sedangkan inovasi produk dan digital marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing industri kopi di Lampung Barat. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa keunggulan bersaing dapat ditingkatkan melalui kemampuan pelaku usaha dalam menciptakan keunikan produk dan memahami kebutuhan pasar, sedangkan strategi inovasi dan pemasaran digital perlu dioptimalkan untuk mendukung daya saing industri kopi.

 

References

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (6th ed.). Pearson Education Limited.

Fure, H. (2015). Analisis Strategi Bersaing dalam Meningkatkan Penjualan pada Perusahaan Ritel di Manado.

Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Setiadi, B. (2019). Inovasi Produk dan Daya Saing Perusahaan.

Sutiawan, D. (2020). Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran UMKM.

Hartanti, N., & Oktiyani, R. (2020). Digital Marketing dalam Industri E-Commerce.

Muzakki, A. (2020). Diferensiasi Produk dan Keunggulan Kompetitif Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Rahyono, M. R., & Mufahamah, E. (2024). Pengaruh Diferensiasi Produk, Inovasi Produk, Digital Marketing dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing Industri Kopi di Lampung Barat. Jurnal Manajemen Malahayati, Universitas Malahayati.

Downloads

Published

2025-10-31

Issue

Section

Articles