ANALISIS PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GAS LPG 3 KG DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Latipah Nurma Safitri Universitas Dehasen Bengkulu
  • Tambunan Dennis Universitas Dehasen Bengkulu
  • Rina Trisna Yanti Universitas Dehasen Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.59407/jmie.v1i3.307

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian Gas LPG 3 kg di Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan konsumen Gas LPG 3 kg di Kota Bengkulu. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan lokasi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Gas LPG 3 kg. Harga yang bersaing dan lokasi yang strategis dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli Gas LPG 3 kg. Selain itu, faktor-faktor lain seperti ketersediaan stok, promosi, dan pelayanan juga dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi industri Gas LPG 3 kg dan pedagang di Kota Bengkulu untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif guna meningkatkan pangsa pasar dan kepuasan konsumen di Kota Bengkulu.

 

Kata Kunci : Analisis Pengaruh, Harga Lokasi, Keputusan Pembelian

References

Ariana, R. (2016). Populasi,Sampel, Teknik Sampling. 1–23.

Burlian.(2022).Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Koran Radar (studi pada kantor radar kabupaten kaur).Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu.

Firmansyah, F., & Haqiqi, T. M. (2022). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada PT. Raden Jaya. Remik, 6(4), 948–953. https://doi.org/10.33395/remik.v6i4.11881

Gultom, L. S., & Purba, F. (2019).Pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian pada toko sepatu alaspat pematang siantar. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 1(1), 33-48.

Harys. (2020). Penelitian Kuantitatif. 34–46.https://www.jopglass.com/penelitian-kuantitatif/

Hasbiyadi, H., Mursalim, M., Suartini, S., Djunaid, S., & Masrum, A. A. (2017). Pengaruh Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Villa Samata Sejahtera pada PT. Sungai Saddang Sejahtera. Jurnal Ilmiah Bongaya, 2(2), 57-64.

Hidayat, M. S. (2021).Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop Di Kota Gresik. Performa, 6(4), 360 369.https://doi.org/10.37715/jp.v6i4.2558

Hanin gputri, C. W. (2020). Pengaruh Produk, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Pasar Tradisional Anyar Kota Bogor Selama Pandemi Covid-19. In Eprints.Walisongo.Ac.Id (Vol. 1, Issue 69). https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15171/%0Ahttps://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15171/1/1705026159_Clarisna Widya HP_Full Skripsi - Clarisna Widya.pdf

Iskandarsyah, N. M., & Utami, S. (2017). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Murah Di Hadrah Property. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(1), 12. http://jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/3826

Lintang, S. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Gas LPG 3 kg Pada Pangkalan Febriyanti Noor Bojonggede Kabupaten Bogor. Jurismata, 3(2), 145-156.

Muhammad, A.(2019).Pengaruh Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. 80(113), 580 594. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46280%0Ahttp://repository.unpas.ac.id/46280/4/BAB 2 AKHIR.pdf.

Mustafa, R., & Setiawan, P. Y. (2022). Pengaruh Kewajaran Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(5), 927. https://doi.org/10.24843/eu.2022.v11.i05.p04

Mundir. (2015). Analisis Pengaruh Harga , Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. 145.

Nurjana, F. F., Yulianti, O., & Wijaya, E. (2022). Faktor faktor Yang Mempengauhi Keputusan Pembelian Pada Toko Khatulistiwa Kota Bengkulu Nurjana, F.-F., Yulianti, O., & Wijaya, E. (2022). Factors Affecting Purchase Decisions at the Equator Store Bengkulu City (Vol. 1, Issue 2).

Noviantobi.(2022).Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi Dan Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV Anugerah Kirana Motor Bengkulu.Skripsi tidak diterbitkan.Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu.

Nopriani. (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kecap Manis ABC (Studi UD. Toko Harapan Besar di Desa Suka Maju DK4D). Skripsi. Riau : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian. Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Singapore Di Kota Makassar, 3(1), 90–107. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/profitability/article/view/2505

Nurlia, L. (2021). Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung Di Minimarket Menggunakan Metode Regresi Linier. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 3(1), 1–12. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v3i1.75

Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(1), 43–54. https://doi.org/10.32500/jematech.v4i1.1447

Puspa, R., Permana, A., & Nuryanti, S. (2017). Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Perumahan Ciujung River Park Serang, Banten). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 3(02), 205–215.

Putri, A. G. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Arga Terhadap Keputusan PembelianKonsumen di RM.Pondok Baselo Baramas Kota Padang Panjang.

Rizal, F., Adam, M., & Ibrahim, M. (2018). Pengaruh Harga, Desain Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Kepuasan Pasca Pembelian Perumahan Di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Inovasi, 8(3).

Sri Mayasari, W. D. S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Ayam Goreng Kalasan Cabang Iskandar Muda Medan. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 215–224.

Sugianto, R., & Ginting, S. O. (2020). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, fasilitas dan promosi terhadap keputusan pembelian rumah pada perumahan Medan Resort City. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 10(1), 1-12.

Tianing, V. N., & Siswahyudianto. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kelompok Tani. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 3(1), 57 74. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v3i1.28.

Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540.

Utami, A. B., Hamid, F. Z., & Onida, M. (2015). Pengaruh Harga, Pendapatan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di D’kranji Residence Tahap II Bekasi Barat. EPIGRAM (e-journal), 12(2).

Vinayo, Sena Thera.(2022). Analisis pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian gas LPG 3 kg.(studi kasus pada Ud. Tamara didesa tegal maju,kecamatan tanjung, kabupaten Lombok utara). Skripsi tidak diterbitkan.Lombok utara.program studi Administrasi Bisnis Ilmu Sosial.

Wijayanti, H., & Srihandayani, C. M. (2015). Pengaruh Lokasi, Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah Surodinawan Grandsite pada PT. Dwi Mulya Jaya Mojokerto. Majalah Ekonomi, 20(1 Juli), 107-107.

Yahdi Kusnadi, M. (2016). PARADIGMA Vol. XVIII. No.2 September 2016 Pengaruh Keterimaan Aplikasi Pendaftaran Online Terhadap Jumlah Pendaftar Di Sekolah Dasar Negeri Jakarta. Paradigma, XVIII(2), 89–101.

Zickuhr, B. K. M. (2016). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Terhadap Tingkat Penjualan Usaha Jasa Mikro Di Kabupaten Lamongan. Volume I No.01, Februari 2016 I(June), 22–33.

Downloads

Published

2024-04-17

Issue

Section

Articles