PENGARUH VIRAL MARKETING DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GLAD2GLOW PADA PENGGUNA SOSIAL MEDIA TIKTOK DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
DOI:
https://doi.org/10.70248/jmie.v2i4.2864Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian produk Glad2Glow di media sosial TikTok, dengan brand image sebagai variabel yang memediasi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya posisi Glad2Glow dalam pasar produk skincare lokal di TikTok dibandingkan merek lain. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 96 responden Generasi Z yang tinggal di Kecamatan Boja dan pernah membeli produk Glad2Glow. Data dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa viral marketing tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian, tetapi memiliki pengaruh signifikan terhadap brand image. Influencer marketing terbukti berpengaruh signifikan terhadap brand image dan juga terhadap keputusan pembelian. Selain itu, brand image juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil lainnya menunjukkan bahwa brand image dapat menjadi penghubung (mediasi) antara viral marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menyarankan agar Glad2Glow lebih fokus membangun brand image yang kuat melalui konten viral dan kerja sama dengan influencer di TikTok untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci: viral marketing, influencer marketing, brand image, keputusan pembelian, TikTok
References
Anggraini, F., Ahmadi, M. A., & Surakarta, U. M. (2025). Pengaruh Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Kalangan Generasi Z : Literature Review. 3.
Arvianti, Angelina, A. K. N. (2025). Issn : 3025-9495. 16(11).
Fardani, E., & Siregar, S. (2023). Pengaruh Promo Flash Sale Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(1), 132–138. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i1.3489
Handayani, K. R., & Susanti, R. (2024). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan Skintific. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 3(3), 206–222.
Junarta, H., & Sulaeman, S. (2024). The Influence of Brand Ambassadors on Brand Image and Purchase Decisions for Nike Shoes in Mataram City. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 8(1), 161. https://doi.org/10.58258/jisip.v8i1.6013
Katiandagho, N. J., & Syarif Hidayatullah. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Harga, dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna TikTok Shop. Sains Manajemen, 9(1), 13–27. https://doi.org/10.30656/sm.v9i1.5886
Kurniawan, D., Tumbuan, W. J. F. A., & Roring, F. (2021). Pengaruh Brand Image, Viral Marketing, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi E – Money Fintech Pada Mahasiswa Di Universitas Sam Ratulangi Saat Pandemi Covid – 19. Jurnal EMBA, 9(3), 695–704.
Lengkawati, A. S., & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian (studi pada Elzatta Hijab Garut). Prismakom, 18(1), 33–38.
Lou, C., & and Yuan, S. (2019). Influencer Marketing: How Message Value and Credibility Affect Consumer Trust of Branded Content on Social Media. Journal of Interactive Advertising, 19(1), 58–73. https://doi.org/10.1080/15252019.2018.1533501
Murni, D., & Salim, M. (2024). The The Mediating Role Of Trust In The Influence Of Viral Marketing And Online Consumer Reviews On Purchasing Decisions Skintific Product In TikTok. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 487–498. https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i1.4971
Prananda Putri, J. N., Listyorini, S., & Budiatmo, A. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Pond’S Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(3), 922–933.
Putri Adilla, & Christiawan Hendratmoko. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pemeblian Barang Thrift Melalui Instagram Di Solo Raya. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 455–466. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.152
Rifaldi Khomaini, I. (2024). Peran Viral Marketing Dan Celebrity Endorser Dalam Meningkatkan Purchase Decision Melalui Brand Image Sebagai Variabel Pemediasi (Studi Pelanggan Netflix Pada Mahasiswa program studi manajemen angkatan 2019 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Violita, D. R., Djatola, H. R., & Nurhadi, N. (2024). Pengaruh Inovasi Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Scarlett di Kota Palu The Influence of Product Innovation and Brand Image on Purchasing Decisions for Scarlett Skincare Products in Palu City. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(2), 861–866. https://doi.org/10.56338/jks.v2i1.654
Widodo, A. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Sebagai Variabel Intervening (Studi …. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/15448/
Yasinta, K. L., & Romauli Nainggolan. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Somethinc Di Surabaya Dimediasi Oleh Brand Image. Performa, 8(6), 687–699. https://doi.org/10.37715/jp.v8i6.3806