PERAN TEORITIS BUZZ MARKETING DALAM MENGHUBUNGKAN SOCIAL MEDIA MARKETING DAN MINAT BELI
DOI:
https://doi.org/10.70248/jmie.v3i1.2752Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoretis peran Buzz Marketing sebagai variabel mediasi yang menghubungkan Social Media Marketing (SMM) dengan Minat Beli konsumen dalam konteks pemasaran digital modern. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (literature review), yang dilakukan melalui analisis terhadap berbagai jurnal nasional dan internasional, buku teks, serta artikel ilmiah terbitan tahun 2018–2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing memiliki pengaruh kuat terhadap Minat Beli konsumen, terutama ketika diimplementasikan melalui konten yang menarik, interaktif, dan konsisten. Namun, efektivitas pengaruh tersebut meningkat signifikan dengan adanya Buzz Marketing yang berperan sebagai penghubung psikologis dan sosial antara paparan media sosial dan keputusan pembelian. Buzz Marketing terbukti mampu menciptakan kepercayaan, keterlibatan emosional, serta persepsi keotentikan yang memperkuat niat beli konsumen melalui proses electronic word of mouth (eWOM). Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan Social Media Marketing tidak hanya bergantung pada kualitas konten, tetapi juga pada kemampuan merek dalam mendorong partisipasi dan interaksi konsumen secara alami untuk menciptakan buzz yang berdampak dalam meningkatkan minat beli di era digital.
References
Febriansyah, W., Yunita, R. M., & Nugraha, R. (2024). Effect of Social Media Marketing “Instagram” towards Purchase Intention: Evidence from Plant-Based Milk Product “Oatside” in Indonesia. Eduvest - Journal of Universal Studies, 4(2), 670-686.
Ilhamsyah, M. R., & Dewi, C. K. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Instagram terhadap Purchase Intention melalui Brand Awareness pada Produk Somethinc di Kalangan Generasi Z Kota Bandung. eProceedings of Management.
Jihadi, D., & Hariyanto, T. (2023). Pengalaman pribadi konsumen dan buzz marketing
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Musnaini, S., & Wijoyo, H. (2021). Impact of Variety Seeking and Electronic Word of Mouth of Cosmetic Brand Switching (Studi Pada Industri Kosmetik di Indonesia). Ekonam: Jurnal Ekonomi.
Putri Handayani, S. N. R. P., & Wisudawanto, R. (2024). Peran Buzzer Media Sosial Instagram Dalam Membentuk Brand Produk Susu Allesgut. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(1), 146-156. https://doi.org/10.55606/inovasi.v3i1.2908
Putra, E. Y., & Aprilson, L. (2022). The effect of Social Media Marketing on Purchase Intention in improving tourism sector in Batam. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(1), 41-54.
Renaldy, F. R., Pradana, M., & Widodo, A. (2024). The Social Media Marketing Toward Purchase Intention: The Mediating Role of Brand Image and Source Credibility in Indonesia. International Journal of Integrative Sciences, 4(2).
Sanjaya, A. S. (2020). Pengaruh Dimensi Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Climatethirty. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 5(4).
Setiawn, B., & Fadre, L. A. (2023). The Impact of Social Media Marketing on Brand Awareness, Engagement, and Purchase Intention. Jurnal Inovasi Bisnis Manajemen dan Akuntansi, 3(3).
Saputra, I. G. B. K., & Wardana, I. M. (2023). The Role of Brand Awareness Mediating the Influence of Social Media Marketing on Purchase Intention. International Journal of Asian Business and Management, 2(4), 559-576.
Ulandari, O. (2025). Analisis Social Media Marketing dan Buzz Marketing: Pengaruh terhadap Minat Beli Konsumen Produk Skincare The Originote di Kota Jambi (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Jambi.
Widiyan, A., & Sienatra, D. (2024). Buzz marketing dan percakapan sosial digital
Wiratama, A. W., & Nicola, N. (2023). The Impact of Social Media Marketing Towards Purchase Intention Sequentially Mediated by Brand Equity and e-WOM: A Case of Erigo. iBuss Management, 11(2).


















