HUBUNGAN PENETAPAN HARGA, KEBIASAAN BELANJA TERHADAP KEINGINAN UNTUK MEMBELI KEMBALI AIR MINUM ISI ULANG
DOI:
https://doi.org/10.70248/jmie.v2i4.2584Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penetapan harga dan kebiasaan belanja terhadap keinginan untuk membeli kembali air minum isi ulang di Depot Mawar Kota Curup. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 120 pelanggan, menggunakan metode sensus. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi Spearman Rank dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penetapan harga memiliki hubungan yang sangat rendah dan tidak signifikan terhadap keinginan untuk membeli kembali (thitung 0,96571 < ttabel 1,66235), sementara kebiasaan belanja memiliki hubungan yang rendah namun signifikan terhadap keinginan untuk membeli kembali (thitung 2,0659 > ttabel 1,66235). Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa faktor kebiasaan belanja lebih berpengaruh dalam mendorong keinginan konsumen untuk melakukan pembelian ulang dibandingkan faktor harga.
Kata Kunci: Penetapan Harga, Kebiasaan Belanja, Keinginan Membeli Kembali, Konsumen
References
Aisya, S., Eliza, S., Fatma, F., & Zainuddin, M. A. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Nimshop Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 57–74. https://doi.org/10.24239/jiebi.v2i2.32.57-74
Apriani dan Simatupang. (2019). Strategi Penetapan Harga Jual Pada PT Pressindo Engineering Indonesia. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, 4(1), 105–114.
Aziz, M. L., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen, Periklanan, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen The Jungleland Adventure Theme Park. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.326
Dharasta, A. (2017). Pengaruh penetapan harga dan promosi terhadap tingkat penjualan tiket ( studi kasus pada jasa travel agent di wilayah Yogyakarta ). Jurnal Manajemen Dirgantara, 10(2), 48–57.
Helena Putri Rahayu1, M. A. F. H. (2023). Strategi Pemasaran Novi Ulvia Mua Dalam Meningkatkan Omset Penjualan. Edunomika, 8(1), 2023.
Jinoman, /, Muna, N., Manajemen, P., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Syiah Kuala, U. (2020). Peranan Kebiasaan Berbelanja Yang Memediasi Pengaruh Persepsi Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Rokok Marlboro Di Banda Aceh). Jurnal Manajemen Inovasi, 1(11), 1–16. https://databoks.katadata.co.id/
Khikam Ali Majid, M., Sa, N., Rahmawati, L., Ekonomi dan Bisnis Islam, F., & Islam Negeri Surabaya, U. (2024). Fenomena dan Perilaku Belanja Online Melalui Tiktok Shop pada Generasi Z Perspektif Konsumsi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(02), 1796–1806.
Mochtar, M. M. I., Mandey, S. L., & Pondaag, J. J. (1807). Pengaruh Media Sosial, Metode Pembayaran, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Makanan Dan Minuman Di Cinema Xxi Manado Town Square the Effects of Social Media, Payment Method, and Product Quality on Buying Interest of Food and Beverages in Cinema Xxi Manado Town Square. Jurnal EMBA, 10(4), 1807–1818.
Oktaviani, S., & Hernawan, E. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Lunica. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen, 10(2), 1–15. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6451%0Ahttp://repository.stei.ac.id/6451/3/BAB 2.pdf
Permana, D. G. Y., Putra, I. P. D. S. S., & Danendra, A. A. N. B. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keinginan Belanja Konsumen. Jis Siwirabuda, 2(1), 78–83. https://doi.org/10.58878/jissiwirabuda.v2i1.279
Rahayu, S. (2023). Strategi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 2(1), 109–113. https://doi.org/10.47233/jppisb.v2i1.705
Rydarto, D., & Effendi, Y. (2024). Analisis Promosi Online, Kesesuaian Harga Terhadap Minat Beli Ekploratif Masyarakat Di Shopee Shop. Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE), 1(3), 515–523. https://doi.org/10.59407/jmie.v1i3.616
Saragih, H. (2015). Analisis Strategi Penetapan Harga Dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Nutricia Indonsesia Sejahtera Medan. Jurnal Ilmiah METHONOMI, 1(2), 46–54. https://ejurnal.methodist.ac.id/index.php/methonomi/article/view/958
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
Sauli Yanti Br Siboro, N., Susanti, N., Effendi, B., Effendi, Y., & Dehasen Bengkulu, U. (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing Pada (UMKM) Toko Baju Tulip Bengkulu. Jurnal Gotong Royong, 1(1), 2024–2063.
Senjaya, M. (2021). Strategi Pemasaran Jasa terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Prismakom, 18(1), 52–60. https://jurnal.stieyasaanggana.ac.id/index.php/yasaanggana/article/download/71/43
Stansyah, M. R., Choirunnisa, R., Tegar, M., & Putri, S. S. A. (2023). Analisis Pengaruh Minat Beli Konsumen Terhadap Pembelian Makanan Dan Minuman Melalui Aplikasi Go Food. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(1), 43–49. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n1.p43-49
Totok subianto. (2016). Studi Tentang Perilaku Konsuemn Beserta Impilaksinya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi MODERNISASi, 5(3), 298–312.
Ummah, M. S. (2019). Fenomena Perilaku belanja online sebagai alternatif pilihan konsumsi di kalangan mahasiswa. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. https://databoks.katadata.co.id/
Yuwono, W., & Wiwi, J. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keinginan Konsumen untuk Melakukan Pembelian Online di Kota Batam. Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences (CoMBInES) , 1(1), 2207–2220. https://journal.uib.ac.id/index.php/combines