STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KULINER KUSU.KA SUSHI DALAM MEMBANTU MENCAPAI TARGET DAN SASARAN BISNIS YANG TELAH DIRANCANG

Authors

  • Nur Fajerin Institut Agama Islam Negeri Bone
  • Dhea Tri Ananda Institut Agama Islam Negeri Bone
  • Wulan Ramadhani Institut Agama Islam Negeri Bone
  • Muhammad Anugerah Institut Agama Islam Negeri Bone
  • Hasni Hasni Institut Agama Islam Negeri Bone

DOI:

https://doi.org/10.70248/jmie.v2i4.2512

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi pemasaran pada usaha kuliner kusu.ka sushi dalam membantu pencapaiain target dan sasaran yang telah dirancang. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis target beserta strategi pemasaran yang dirancang untuk mencapai target tersebut, untuk menganalisis sasaran beserta strategi pemasaran yang telah dirancang untuk mencapai sasaran tersebut dan untuk menganalisis keberhasilan pencapaian target, sasaran beserta strategi pemasaran yang telah dirancang oleh Usaha Kuliner Kusu.ka Sushi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian lapangan ( field research) dimana informasi yang diperoleh peneliti langsung dari lokasi penelitian yaitu usaha kuliner Kusu.ka Sushi tepatnya di Jalan Masjid Watampone. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa target dan sasaran usaha kuliner ini sudah tercapai dengan baik, hal ini dibuktikan dengan peningkatan pendapatan setiap bulannya, serta pangsa atau sasaran pasar yang semakin luas, yang dimana semakin banyaknya pengunjung dari semua kalangan masyarakat, hal ini juga merupakan hasil dari strategi pemasaran digital yang ditempuh oleh usaha kuliner ini melalui kerja sama dengan beberapa konten kreator di kabupaten bone, selain itu juga menggunakan media promosi Instagram, Tiktok, Brand Ambassador, Talent, sehingga mendorong pencapaian target dan sasaran dengan baik sesuai rencana yang telah dirancang oleh usaha kuliner kusu.ka sushi ini.

    

References

Arifah, Nuning al, and Dwi Novaria Misidawati. 2024. “Analisis Pasar Dan Strategi Pemasaran Dalam Studi Kelayakan Bisnis.” Journal of Management, Economics, and Entrepreneur 3(1): 20–31.

Dewi, Mariena, Musa Hubeis, and Etty Riani. 2021. “Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta).” MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah 15(1): 77–83. doi:10.29244/mikm.15.1.77-83.

Dirgantara, Universitas, and Marsekal Suryadarama. 2023. “Webinar Nasional HUMANIS 2023.” 3(2): 1316–20.

Habib Bayhaqi, and Nuri Aslami. 2022. “Indentifikasi Pasar, Segmen Dan Target Pasar Sasaran Bisnis Asuransi.” MAMEN: Jurnal Manajemen 1(1): 111–18. doi:10.55123/mamen.v1i1.48.

Haikal, Muhammad, Faran Fajri, Nabil Naufal Zaki, Randy Arista Pratama, Indah Noviyanti, and Strategi Pengembangan. 2024. “KEBERLANJUTAN USAHA KULINER : ANALISIS.” 9(204): 2297–2314.

Hilmi, Rafiqi Zul, Ratih Hurriyati, and Lisnawati. 2018. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada PT PRODERMA SUKSES MANDIRI.” 3(2): 91–102.

Huda, Nurul. 2022. “Konsep Perencanaan Bisnis Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi 1(2): 341–55. doi:10.58290/jmbo.v1i2.79.

Irmayanti, Hasni. 2020. “Islamic Economics and Business Journal Islamic Economics and Business Journal.” STRATEGI PENERAPAN BUSINESS PLAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Mebel PT Al Faqih Putra Risjaya) Irmayanti 2(2): 187–204. https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ieb/article/view/3006/1270.

Khairi, Ulfah Amirah, Nurlaila Hasibuan, Arya Pratama Riza Zidan, and Suhairi. 2024. “Strategi Pemasaran Dan Posisi Target Sebagai Kunci Keberhasilan Bisnis.” Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 9(204): 9–17.

Melati, Karina Rima. 2017. “Perancangan Dan Implementasi Perencanaan Bisnis Dan Strategi Promosi Bagi Kelompok Rintisan Usaha Mandiri Sanggar Batik Jenggolo Dan Sekar Arum Di Kota Yogyakarta.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement) 2(2): 216. doi:10.22146/jpkm.27278.

Melsa, Losung Meini, Lapian Joyce, and Mandagie Yunita. 2021. “Analisis Segmenting, Targeting, Dan Positioning Terhadap Keputusan Nasabah Pengguna Produk Kreasi PT. Pegadaian (PERSERO) UPC Ratahan.” Jurnal EMBA 9(3): 596–606.

Monik, and Onan Marakali Siregar. 2022. “Strategi Pemasaran Toko Meidy Fashion Dalam Mempertahankan Bisnis Pada Masa Pandemi Covid-19.” Regress: Journal of Economics & Management 2(1): 1–11. doi:10.57251/reg.v2i1.500.

Mubarok, Nurul. 2017. “Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista.” I-Economic 3(1): 80.

Muhammad Abdul Aziz. 2023. “Analisis Strategi Pemasaran Beras Dalam Meningkatkan Penjualan.” Jurnal Riset Rumpun Ilmu Tanaman 2(2): 25–35. doi:10.55606/jurrit.v2i2.1802.

Novita, Diana, Agus Herwanto, Eko Cahyomayndarto, Dwi Rorin Mauludin Insana, Muhammad Laras Widyanto, and Sri Kurniawati. 2021. “Mengenali Pangsa Pasar, Cara Paling Efektif Dalam Memasarkan Produk.” Jurnal Abdimas 7(9): 345–49.

Rachmawati, Indira, and Naurah Nazhifah. 2025. “Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Brand Loyalty Tiktok Dengan Purchase Intention Sebagai Mediasi Pada Generasi z Di Indonesia.” 24(1): 65–76.

Rahmadani, Novianti Putri. 2022. “Analisis Strategi Penjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Hijab (Studi Kasus : Toko Hijab Aini Modiste Tirto).” Jurnal Sahmiyya 1(1): 89–96.

Seran, Renyarosari Bano, Elia Sundari, and Muinah Fadhila. 2023. “Strategi Pemasaran Yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas Dalam Menarik Perhatian Konsumen.” Jurnal Mirai Management 8(1): 206–11. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/4054/2644.

Suryadi, Djaka. 2020. “Lima Alat Ukur Analisis Bisnis Manajemen Strategi Yang Lazim Digunakan Manajemen Puncak Dalam Merencanakan Dan Mengevaluasi Target Bisnis.” Jurnal Asy-Syukriyyah 21(02): 194–207. doi:10.36769/asy.v21i02.115.

Turrahmah, Hanifa, Pendidikan Ekonomi, and Fakultas Ekonomi. 2023. “Perencanaan Usaha (Business Plan).” Forbiswira Forum Bisnis Dan Kewirausahaan 13(1): 219–27. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/forbiswira/article/view/6052.

Wijaya, Veranika Eki, Auria Farantika Yogananti, and Toto Haryadi. “Perancangan Media Promosi Warung Jepang.” : 1–11.

Winarno, Slamet Heri. 2019. “Memenangkan Pasar Melalui Perencanaan Strategis Berorientasi Pemasaran.” PerspeWinarno, S. H. (2019). Memenangkan pasar melalui perencanaan strategis berorientasi pemasaran. Perspektif, IV(1), 9–19.ktif IV(1): 9–19.

Downloads

Published

2025-07-06

Issue

Section

Articles