PERSEPSI DAN HARAPAN GURU HONORER TENTANG KEBIJAKAN KENAIKAN GAJI DARI PEMERINTAH
DOI:
https://doi.org/10.70248/jmie.v2i4.2451Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi dan harapan guru honorer terhadap kebijakan kenaikan gaji yang diterapkan oleh pemerintah di SMA Negeri 7 Kecamatan Mendahara, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik purposive sampling terhadap sepuluh guru honorer sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak NVivo 14. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru honorer merespons secara positif kebijakan kenaikan gaji, yang dianggap mampu meningkatkan motivasi, semangat, dan rasa dihargai. Namun, mereka juga menyoroti perlunya penyempurnaan implementasi agar lebih adil dan merata. Selain itu, harapan utama para guru adalah adanya perubahan status kepegawaian menjadi ASN atau PPPK, demi mendapatkan jaminan masa depan, stabilitas ekonomi, dan pengakuan profesional. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa keberlanjutan, pemerataan, dan keadilan dalam pelaksanaan kebijakan menjadi elemen penting agar kebijakan benar-benar menjawab kebutuhan guru honorer secara menyeluruh.
Kata Kunci : Guru honorer, Persepsi, Kebijakan pemerintah, Kenaikan gaji, Harapan kepegawaian
References
Aliyudin, M., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Tunjangan Honor Guru terhadap Peningkatan Kinerja Guru di YPI Al Amanah Pajeleran Sukahati Cibinong Kabupaten Bogor. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 3(1), 1–16.
Amin, S. (2017). Minat, Persepsi dan Harapan Mahasiswa Baru Dalam Memilih FEB Unja. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i1.135
Anjani, T., Afridah, Z. F., Nadhila, A. A., Hasana, S. M., & Fauzi, I. (2022). Kebijakan Pemberian Kompensasi Guru Dan Implikasinya Terhadap Kinerja Mengajar. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 7(2), 45–62. https://doi.org/10.61815/alibrah.v7i2.198
Azzahra Salsabilla. (2023). Implikasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia: Ketidaksetaraan Upah Guru Honorer Dalam Sistem Pendidikan. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 1(5), 50–60.
Hakim, F. B., Yunita, P. E., Supriyadi, D., Isbaya, I., & Ramly, A. T. (2021). Persepsi, Pengambilan Keputusan, Konsep diri dan Value. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(3). https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i3.3972
Husnawati, H., Tentama, F., & Situmorang, N. Z. (2019). Pengujian validitas dan reliabilitas konstruk hope. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(2), 128. https://doi.org/10.26555/jptp.v1i2.15136
Ikbal1, M. (2021). Pengaruh kompensasi kinerja guru honorer Adz Dzahab. Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(1), 1–12.
Judge, S. P. R. & T. A. (2023). Organizational behavior. In Choice Reviews Online (19th ed., Vol. 43, Issue 01). Pearson. https://doi.org/10.5860/choice.43-0421
Kismartini. (2019). Buku Ajar Kebijakan Pemerintah (Vol. 2019). https://adm.fisip.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/2019/10/Bahan-Ajar-Kebijakan-Pemerintahan-dikonversi.pdf
Liputan6. (2024). Rincian Kenaikan Gaji Guru Honorer dan ASN di 2025, Bantu Tingkatkan Kesejahteraan? Liputan 6. https://www.liputan6.com/hot/read/5811684/rincian-kenaikan-gaji-guru-honorer-dan-asn-di-2025-bantu-tingkatkan-kesejahteraan?page=4
Marlinda, Siswoyo, M., & Prayitno2, A. (2023). Pengaruh Kebijakan Pemberian Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Kinerja Guru Bersertifikasi di Madrasah Aliyah, Ma’had Al-Zaytun, Kecamatan Gantar, Indramayu. Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah, 5(3), 473–482.
Nisa, A. H., Hasna, H., & Yarni, L. (2023). Persepsi. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(4), 213–226. https://koloni.or.id/index.php/koloni/article/view/568/541
Nur Imanda, A., & Hendriani, W. (2020). Gambaran Kepuasan Kerja Pada Guru Honorer Di Indonesia: Literatur Review. Psychology Journal of Mental Health, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.32539/pjmh.v2i2.44
Permatasari, D. (2016). Pengaruh Pendapatan Gaji Profesi Guru Honorer. Profesi Kependidikan, 1–23.
Pramesti, C. D. (2023). Realitas Guru Honorer dalam Lingkaran Ketidakadilan Realitas Guru Honorer dalam Lingkaran Ketidakadilan. June.
Sry Rosita, Feny Tialonawarmi, Musnaini, dan H. (2024). Buku Ajar Perilaku Organisasi.
Syahrial, M. (2024). Generating Hope in Group Counseling Through the Meaning of Life in Middle School Adolescents. 2(2), 79–87.
Thahir, B. (2019). Pemerintah Dan Pemerintahan Indonesia Sebuah Bunga Rampai. Fisip. Untirta, 140. http://fisip.untirta.ac.id
Westi Afriati, Arpizal, Rosmiati, H. A. (2023). Analisis Komitmen Mengajar Guru Honor Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi. Pendidikan, Jurnal Pengetahuan, Ilmu Fkip, Sosial Jambi, Universitas, 3(1), 96–106. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3186357%5C&val=28020%5C&title=Pengaruh Self Efficacy Dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Akhir Angkatan 2018 Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi Indonesia
Yudiarto, M. S., & Karo Karo, D. (2021). Dampak Gaji Terhadap Motivasi Kerja Guru Agama Kristen Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Inculco Journal of Christian Education, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.59404/ijce.v1i1.4