LITERATURE REVIEW : PERAN DAN DAMPAK TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP INDUSTRI UMKM ; DENGAN PENGGUNAAN E-COMMERCE
DOI:
https://doi.org/10.70248/jmie.v2i4.2362Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran dan dampak teknologi digital, khususnya e-commerce, terhadap sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digitalisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review, dengan pendekatan analisis kritis terhadap 20 jurnal ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce berkontribusi signifikan dalam meningkatkan akses pasar, efisiensi operasional, loyalitas pelanggan, serta kinerja keuangan UMKM. Namun, implementasi teknologi digital juga menghadapi sejumlah tantangan seperti keterbatasan literasi digital, keamanan data, serta hambatan regulasi. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi adaptif, penguatan kompetensi sumber daya manusia, dan dukungan kebijakan yang kolaboratif merupakan kunci untuk memastikan keberhasilan transformasi digital UMKM secara berkelanjutan.
Kata Kunci : UMKM; E-commerce, Transformasi Digital,Literasi Digital, Strategi Adaptasi
References
Armiani, A., Basuki, B., & Suwarno, N. (2021). Teknologi digital memediasi dampak strategi bisnis terhadap kinerja UMKM di Nusa Tenggara Barat. EKUITAS: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 5(3), 300–320. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i3.4892
Muna, A., Ausat, A., Suparwata, D. O., & Risdwiyanto, A. (2025). Optimalisasi digital competence sebagai strategi adaptasi dinamis wirausahawan dalam menghadapi disrupsi pasar di era digital. Jurnal …, 14.
Sari, A., & Pratama, R. (2023). Penerapan e commerce bagi UMKM sebagai pemasaran digital dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Cemerlang, 4(1), 45–54. https://prin.or.id/index.php/cemerlang/article/view/3277
Purba, C. B. (2021). Digital transformation in the Indonesia manufacturing industry: The effect of e learning, e task and leadership style on employee engagement. International Journal of Data and Network Science, 5(3), 361–368. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.5.007
Chusumastuti, D., Elisabeth, C. R., Nurali, M. S., Suryadharma, M., & Sinaga, H. D. E. (2023). Gangguan digital dan transformasi ekonomi: Menganalisis dampak e commerce terhadap industri tradisional. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science, 1(3), 173–185. https://doi.org/10.58812/jekws.v1i03.508
Hendarsyah, D. (2019). E commerce di era industri 4.0 dan Society 5.0. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171–184. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170
Astuti, E. S., & Wilopo, W. (2024). Transformasi digital berkelanjutan: Dampaknya terhadap nilai yang dipersepsikan dan niat adopsi industri 4.0 dalam kondisi moderat efek dari penghindaran ketidakpastian Yuli Sartono. (Jurnal belum disebutkan).
Abdillah, F. (2024). Dampak ekonomi digital terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Benefit: Jurnal Business, Economic, and Finance, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.37985/benefit.v2i1.335
Putri, F. H., & Wulandari, M. (2022). Pengaruh transformasi digital terhadap peningkatan kinerja karyawan pada UMKM Songket Kota Palembang. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Sosial, 6(2), 112–121. https://jurnal.minartis.com/index.php/jebs/article/view/2116
Sudirjo, F., Purwati, T., Widyastuti, W., & Budiman, Y. U. (2023). Analisis dampak strategi pemasaran digital dalam meningkatkan loyalitas pelanggan: Perspektif industri e commerce. Jurnal Pendidikan Tambahan dan Manajemen, 7, 7524–7532. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/7422
Berliana, I., & Ompusunggu, D. P. (2023). Pemanfaatan e commerce bagi UMKM pada era industri 4.0. Matriks: Jurnal Sosial dan Sains, 5(1), 115–120. https://doi.org/10.59784/matriks.v5i1.520
Kartini, K., Rahmawati, M., Pratiwi, S. R., Wahyuni, R., & Asas, I. (2024). UMKM cakap digital melalui penerapan e commerce: Studi empiris di Kota Tarakan. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi dan Humaniora, 10(2), 318–331. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v10i2.2790
Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, 15(2), 116–123.
Purba, M. I., Simanjutak, D. C. Y., Malau, Y. N., Sholihat, W., & Ahmadi, E. A. (2021). The effect of digital marketing and e commerce on financial performance and business sustainability of MSMEs during COVID 19 pandemic in Indonesia. International Journal of Data and Network Science, 5(3), 275–282. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.6.006
Putra, P. O. H., & Santoso, H. B. (2020). Heliyon menengah (UKM) Indonesia. Heliyon, 6, November 2019.
Nugroho, R. A., & Widodo, S. (2023). Pengaruh e commerce dan digital payment terhadap pendapatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Skala: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 7(1), 23–34. https://ejournal.uin-suka.ac.id/febi/skiej/article/view/1750
Purnomo, S. D., Adhitya, B., & Zumaeroh. (2021). Pengaruh ekonomi digital terhadap pendapatan industri mikro dan kecil di Indonesia. Ekonomia: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 21(1), 85–95.