PENGARUH IMPLEMENTASI, KEMUDAHAN KLAIM TERHADAP PROGRAM JAMINAN HARI TUA (JHT) INFORMAL MELALUI JAMSOSTEK MOBILE (JMO) DI BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.70248/jmie.v2i3.2239Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi kebijakan, kemudahan klaim terhadap kepuasan nasabah program Jaminan Hari Tua (JHT) informal melalui Jamsostek Mobile (JMO) di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandar Lampung, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, menggunakan alat pengumpulan data kuesioner atau angket. Analisis penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 25. Dengan populasi 100 yang berada dibawah naungan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandar Lampung. Teknik pengumpulan sampel penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan sampel jenuh. Hasil dari penelitian ini adalah Pengaruh implementasi kebijakan berpengaruh secara parsial terhadap persepsi manfaat e-Klaim di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandar Lampung, Kemudahan klaim berpengaruh secara parsial terhadap persepsi manfaat e- Klaim di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandar Lampung, Pengaruh Implementasi Kebijakan dan Kemudahan Klaim melalui Jamsostek Mobile (JMO) berpengaruh secara simultan terhadap Program Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan Bandar Lampung.
Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Kemudahan Klaim Kepuasan E- Klaim
References
Arisoemaryo, A., & Prasetio, B. (2022). Inovasi Layanan Digital BPJS Ketenagakerjaan: Studi Kasus Pemanfaatan Aplikasi JMO. Jurnal Transformasi Digital Layanan Publik, 3(1), 41–55. https://doi.org/10.2222/jtdlp.v3i1.2022
Azmarani, U. (2024). Pengaruh Implementasi, Kemudahan Klaim Terhadap Program Jaminan Hari Tua (JHT) Informal Melalui Jamsostek Mobile (JMO) di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Malahayati. Diakses dari: https://repository.malahayati.ac.id/index.php/manajemen/article/view/3586
BPJS Ketenagakerjaan. (2023). Panduan Layanan Program Jaminan Hari Tua. Diakses dari: https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
Cahyani, Z. N., Setiawan, E. R., & Sunindya, B. R. (2024). Implementasi Jamsostek Mobile (JMO) dalam Meningkatkan Layanan Online Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan KCP Kepanjen. Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR), 1(2), 28-35. Diakses dari: https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/ijhimr/article/view/4975
Hakiki, S. A. S., & Samsudin, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi JMO untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Program JHT di BPJS Ketenagakerjaan Karimunjawa Cabang Surabaya. Economics and Business Management Journal (EBMJ), 3(2). https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/396gembirapkm.my.id
Khairati, K. (2021). Lapak Asik sebagai Inovasi Layanan Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan di Era Pandemi. Jurnal Manajemen dan Inovasi Pelayanan Publik, 5(2), 132–148.
Kumala, I., et al. (2021). Pentingnya Jaminan Hari Tua bagi Pekerja Sektor Informal. Jurnal Proteksi Sosial dan Kesejahteraan, 2(4), 77–90.
Masrohatin, S., Nisa, N., & Rodliyah, K. (2024). Implementasi Aplikasi Jamsostek Mobile pada Proses Pencairan Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 143–154. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/396gembirapkm.my.id
Perwira, D. (2003). Perlindungan Sosial Bagi Pekerja Sektor Informal. Jurnal Sosial dan Ketenagakerjaan Indonesia, 1(2), 45–58.
Piteradja, S. (2017). Kebijakan Publik dan Implementasinya dalam Program Jaminan Sosial di Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik, 2(1), 12–26.
Tambunan, T. (2020). Perkembangan BPJS Ketenagakerjaan dan Jaminan Hari Tua di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Sosial, 4(2), 87–100.
Trimartina, S. P. (2022). Gambaran Prosedur Klaim Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Juanda. Journal of Health Education and Literacy, 6(1). Diakses dari: https://doi.org/10.31605/j-healt.v6i1.2871ojs.unsulbar.ac.id