PENGARUH MARKETPLACE DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN SUMENEP

Authors

  • Maghfiratul Azizah Universitas Wiraraja, Madura
  • Sayyida Sayyida Universitas Wiraraja, Madura
  • Alwiyah Alwiyah Universitas Wiraraja, Madura

DOI:

https://doi.org/10.70248/jmie.v2i2.1860

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan platform marketplace dan strategi pemasaran digital terhadap peningkatan penjualan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumenep. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian sebanyak 50 UMKM yang dipilih menggunakan teknik quota sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara offline untuk 2 UMKM dan online untuk 48 UMKM. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep berusia 20-30 tahun, menandakan bahwa sektor ini didominasi oleh kaum muda yang memiliki semangat dan potensi besar dalam mengembangkan ekonomi lokal. Dari hasil uji validitas, seluruh indikator yang digunakan untuk mengukur variabel marketplace, digital marketing, dan peningkatan penjualan terbukti valid dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel sebesar 0,278. Uji reliabilitas menunjukkan bahwa semua variabel dalam penelitian ini memiliki tingkat reliabilitas yang memadai dengan nilai Cronbach's Alpha masing-masing lebih besar dari 0,60. Uji normalitas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal dengan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,200 (>0,05). Uji multikolinearitas menunjukkan bahwa tidak terdapat masalah autokorelasi antara variabel independen, dengan nilai tolerance sebesar 0,569 dan variance inflation factor (VIF) sebesar 1,758. Selain itu, uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa data tersebar secara acak tanpa pola tertentu, sehingga tidak terdapat gejala heteroskedastisitas. Hasil uji autokorelasi dengan nilai Durbin Watson sebesar 1,917 mengindikasikan tidak adanya autokorelasi dalam model penelitian ini. Simpulan, penelitian ini mengkonfirmasi bahwa penggunaan marketplace dan strategi pemasaran digital berkontribusi terhadap peningkatan penjualan UMKM di Kabupaten Sumenep.

Kata Kunci: Marketplace, Digital Marketing, UMKM, Peningkatan Penjualan

 

References

Ayu, A., Sari, P., Alhada, M., & Habib, F. (2023). Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen ( Studi Kasus Thrift Shop di Kabupaten Tulungagung ). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 41–58. https://doi.org/10.5281/zenodo.8280759

Hanik Fitriani. (2024). Dampak S-Pay Later Terhadap Konsumen Muslim: Perspektif Keuangan Islami. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 4(01), 204–211. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v4i01.3758

Hidayat, A., Lesmana, S., & Latifah, Z. (2022). Peran Umkm (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6707–6714.

Irawan, Y. (2019). Aplikasi E-Commerce Untuk Pemasaran Kerajinan Tangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Riau Menggunakan Teknik Dropshipping. Jurnal Ilmiah Core IT, 7(1), 13–20. http://www.ijcoreit.org/index.php/coreit/article/view/95

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @KPOPCONNECTION. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10, 39–50.

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan Ke 18. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Nugraha, F., & Kurniawan, H. (2023). Pengaruh Promosi Digital Terhadap PeningkatanPenjualan Bagi Wirausaha Di Bidang KonveksiMelalui Media Sosial. Jurnal Minfo Polgan, 12, 966–978.

Putri, A., Hetami, A., Fourqoniah, Andriana, Andriyani, Salsabila, Muniro, T., Riandani, Muliyani, Yasshyka, Listiana, & Indah. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 828–839.

Rahmayanti, N. P. (2023). Pengaruh Marketplace dan Pembayaran Digital Terhadap Tingkat Penjualan UMKM Di Kota Banjarmasin. Al-KALAM : Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 10(1), 28. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v10i1.9095

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa Msmes the Pillar for Economy. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137–146.

Selfi Anggraini, Irda Berliana, M. F. N. (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Indonesia. KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(1), 69–75. https://doi.org/10.51878/knowledge.v3i1.2199

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Uno, M. O., Kalangi, L., & Pusung, R. J. (2019). Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (SAK EMKM) Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Studi Kasus Pada Rumah Karawo Di Kota Gorontalo). Jurnal EMBA, 7(3), 3877–3898. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/24891

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Articles