ANALISIS EFEKTIVITAS PENAMBAHAN SERVER DI WAKTU TERTENTU PADA SISTEM ANTRIAN TOKO PUPUK SUMBER TANI: PERALIHAN DARI MODEL M/M/1 KE M/M/2 UNTUK MENINGKATKAN KECEPATAN PELAYANAN DAN MENGURANGI ANTRIAN

Authors

  • Afifa Lutfia Fakhira Afifa Univeristas Jambi
  • Pradita Eko Prasetyo Utomo University Jambi
  • Hasanatul Iftitah University Jambi

DOI:

https://doi.org/10.70248/jmie.v2i2.1708

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penambahan server dalam sistem antrian Toko Pupuk Sumber Tani dengan membandingkan model M/M/1 dan M/M/2. Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung terhadap waktu kedatangan pelanggan, waktu pelayanan, dan jumlah pelanggan dalam antrian selama periode tertentu. Data dianalisis menggunakan model antrian untuk menghitung parameter kinerja, seperti rata-rata waktu tunggu (Wq), rata-rata jumlah pelanggan dalam antrian (Lq), dan tingkat utilisasi server (ρ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model M/M/2 lebih efektif dalam mengurangi waktu tunggu pelanggan, menurunkan jumlah pelanggan dalam antrian, dan meningkatkan efisiensi pelayanan dibandingkan model M/M/1. Dengan demikian, penambahan server (kasir) selama jam sibuk direkomendasikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan optimalisasi operasional toko.

Kata Kunci: Sistem Antrian, Model M/M/1, Model M/M/2, Waktu Tunggu, Efisiensi Pelayanan

References

Hasan, Irmayanti. 2011. “Model Optimasi Pelayanan Nasabah Berdasarkan Metode Antrian.” Jurnal Riset Operasional 15(1):20–30.

J, Hariyanto. 2021. “Bahan Ajar Analisis Kuantitatif Bisnis STEI 2021.”

Lestari, Sri. 2021. “Usulan Model Sistem Antrian Pada Mc Donald ’ S Cabang Shinta Kota Tangerang Dengan Pendekatan.” Jimtek : Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik 2:174–79.

Manalu, Careca, and Indrie Palandeng. 2019. “Analisis Sistem Antrian Sepeda Motor Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (Spbu) 74.951.02 Malalayang.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7(1):551–60.

Mango, Abdi Samuel, and Danny Manongga. 2017. “Sistem Antrian Online PT. Bank Negara Indonesia TBK Kantor Cabang Parigi.” Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi 3(2):217–30. doi: 10.28932/jutisi.v3i2.583.

Nisa, Nila Choirun, Alfian Wahyu, Aryo Samudra, Rizal Fatoni, Dwi Rolliawati, Sistem Informasi, Universitas Islam, Negeri Sunan, and Ampel Surabaya. 2024. “Model Sistem Antrian Uinsa Mart Menggunakan Pola.” Jurnal Infotronik 9(1):12–18. doi: 10.32897/infotronik.2024.9.1.2669.

Sabri, Ahmad. 2012. “Pengelolaan Waktu Dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam.” Al-Ta Lim Journal 19(3):180–87. doi: 10.15548/jt.v19i3.31.

Sherlywati, Sherlywati. 2018. “Urgensi Penelitian Manajemen Rantai Pasok: Pemetaan Isu, Objek, Dan Metodologi.” Jurnal Manajemen Maranatha 17(2):147. doi: 10.28932/jmm.v17i2.800.

Tunggala, Suanti, Ken Amasita Saadjad, and Denny Robert Raintama. 2024. “Komunikasi Partisipatif Untuk Mengurangi Dampak Lingkungan Pada Aktivitas Pertambangan Di Morowali.” Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora 4(1):12. doi: 10.53697/iso.v4i1.1774.

Wahyuni, Hana Catur, and Wiwik Sulistyowati. 2020. Buku Ajar Pengendalian Kualitas Industri Manufaktur Dan Jasa.

Downloads

Published

2025-01-20

Issue

Section

Articles