PERAN ETIKA BISNIS DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN

Authors

  • Dita Nurfadia Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Desi Pujiasih Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dara Tista Kaarubi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.70248/jmie.v2i2.1612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran etika bisnis dalam membangun kepercayaan konsumen. Secara khusus, penelitian ini berupaya mengidentifikasi elemen etika bisnis yang paling memengaruhi kepercayaan pelanggan serta memahami dampaknya terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan sumber data berasal dari jurnal yang telah diindeks dan dipublikasikan di internet dengan kode E-ISSN. Data dikumpulkan melalui Google Scholar dan Connected Papers untuk mengidentifikasi artikel yang relevan dengan topik penelitian. Analisis dilakukan secara tematik dengan mengelompokkan temuan ke dalam beberapa kategori utama, seperti transparansi perusahaan, integritas produk, tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan reputasi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis yang baik berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kepercayaan konsumen. Elemen utama yang memengaruhi kepercayaan konsumen adalah transparansi informasi, integritas produk, tanggung jawab sosial perusahaan, dan reputasi perusahaan. Konsumen cenderung lebih loyal terhadap perusahaan yang menerapkan prinsip etika bisnis secara konsisten, karena hal ini menciptakan rasa aman dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, perusahaan yang memiliki kesadaran moral tinggi dan mempraktikkan etika bisnis yang kuat lebih mampu mempertahankan kepercayaan pelanggan dalam jangka panjang. Simpulan, Penerapan etika bisnis merupakan faktor kunci dalam membangun kepercayaan konsumen. Kejujuran, transparansi, dan tanggung jawab sosial menjadi elemen utama yang memengaruhi persepsi positif konsumen terhadap perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan disarankan untuk terus mengembangkan dan menerapkan prinsip etika dalam setiap aspek operasionalnya guna meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperkuat reputasi di pasar yang kompetitif. Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengeksplorasi faktor tambahan yang dapat memengaruhi hubungan antara etika bisnis dan kepercayaan konsumen secara lebih mendalam.

Kata Kunci: Etika Bisnis, Kepercayaan, Konsumen

References

Adrai, R., & Perkasa, D. H. (2024). Penerapan Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam International Human Resources Management. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 6(2), 68–85. https://doi.org/10.51353/jmbm.v6i2.950

Atika Fitriani, Hasibuan, S., Wijaya, M., & Agustiawan Agustiawan. (2024). Kajian Literature : Pengaruh Etika Bisnis Terhadap Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i2.2591

Halimah, N., Saputra, muhamad rifky adi, Nastaulia, N., Mubaroq, abdul fattah irfam al, Melani, D., & Safitri, U. ria. (n.d.). Peran etika bisnis dalam membangun kepercayaan konsumen di umkm pendopo kabupaten lama boyolali. 7(1), 44–49.

Hanifah Noor Setyawan, & Amin Wahyudi. (2022). Tinjauan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Dalam Praktik Pemasaran Bawang Merah Di Pasar Malon, Sukorejo, Ponorogo. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 305–332. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i2.989

Harahap, A. pratiwi, & Yarham, M. (2023). Etika dan Bisnis Sebagai Strategi Bisnis Jangka Panjang Pada Era Global. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 1(3), 207–217. https://doi.org/10.59841/excellence.v1i3.363

Husna, N. K., Mala, I. K., & Sutantri. (2024). Peran Etika Bisnis Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen. 12(2), 11–20.

Indriani, H. L., Agustina, U., Dahar, U. T., & Agustiawan. (2024). Peran Etika Bisnis Terhadap Kepercayaan Konsumen. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 173–184. https://doi.org/10.61132/rimba.v2i2.716

Irawati, D. (2024). Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Produk Umkm Tahu Di Desa Duren Kota Madiun. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 15(1), 37–48.

Istiqomah, N. K., & Nurhidayati, M. (2023). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Pada Rumah Loundry Di Desa Biting Badegan Ponorogo. AL-ITTIFAQ: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 11. https://doi.org/10.31958/al-ittifaq.v2i1.6549

Maryani, E., & Rianindita, N. (2024). Analisis Manfaat Penerpan Prinsip Dan Kode Etik Dalam Bisnis. Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.59407/jdedte.v1i1.463

Mega Hasibuan, & Zuhrinal M Nawawi. (2023). Peran Etika Bisnis dalam Membangun Kepercayaan Konsumen. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 3(1), 50–68. https://doi.org/10.55606/jempper.v3i1.2426

Rafki, M., Parakkasi, I., & Sirajuddin, S. (2022). Peran Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Kepercayaan dan Repeat Order Konsumen. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(2), 121. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i2.4868

Saputra, R. dwi. (2023). Peran Etika Perusahaan dalam Sebuah Perusahaan. JMEB Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis, 1(01), 42–49. https://doi.org/10.59561/jmeb.v1i01.93

Downloads

Published

2025-01-30

Issue

Section

Articles